RSS

Cara Menginstall Cisco Packet Tracer 5.3 di Ubuntu 12.04

26 Nov

Cisco Packet Tracer

Seperti biasa,, pagi ini saya akan berbagi postingan tentang Cara Menginstall Cisco Packet Tracer 5.3 di Ubuntu 12.04. Walaupun sebenarnya di internet juga udah banyak yang mempostingkan tentang Cara Menginstall Cisco paket Tracer 5.3 di Ubuntu 12.04,, Ada maqolah yang mengatakan bahwa “Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah” dan ilmunya juga tidak barokah. Oleh karena itu biar ilmu yang saya punya dapat menjadi barokah bagi saya dan khususnya dan kalian semua, maka saya buatlah tutorial ini. hehe

Okeh sebelum kita masuk ke langkah-langkah installasi Cisco Paket Tracer di Ubuntu 12.04, alangkah baiknya saya akan jelasskan dulu pengertian dan manfaat Cisco Paket Tracer supaya yang belum tau bisa tau dan mengerti tentang kegunaan paket tracer ini hehe. . .

Cisco Packet Tracer 5.3 adalah sebuah solusi bagi para pembelajar cisco untuk membuat konsep jaringan sementara, mungkin bisa juga di terapkan untuk implementasi sebenarnya sebelum membuat jaringan yang benar-benar nyata.

Packet tracer melengkapi kurikukum Networking Academy di cisco untuk mempermudah pengajaran, menunjukkan konsep teknis yang rumit dan merancang sistem jaringan dengan jumlah perangkat yang hampir tak terbatas, mendorong praktik, penemuan, dan pemecahan masalah. Siswa dapat membangun, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan menggunakan peralatan virtual dan koneksi disimulasikan, sendiri atau bekerja sama dengan siswa lain. Yang paling penting, Packet Tracer membantu siswa dan instruktur menciptakan dunia mereka sendiri jaringan virtual “” untuk eksplorasi, eksperimen, dan penjelasan tentang konsep dan teknologi jaringan.

Versi saat ini dari Packet Tracer mendukung sebuah array dari simulasi protokol lapisan Aplikasi , serta dasar routing dengan RIP, OSPF, dan EIGRP, sejauh yang diperlukan oleh kurikulum CCNA saat ini. Sementara Packet Tracer bertujuan untuk memberikan simulasi realistis dari jaringan fungsional, aplikasi ini hanya menggunakan sejumlah kecil dari fitur yang ditemukan dalam perangkat keras yang sebenarnya menjalankan Cisco IOS saat ini. Dengan demikian, Pengusut Paket yang cocok untuk jaringan produksi model. Dengan diperkenalkannya versi 5.3, beberapa fitur baru yang ditambahkan, termasuk BGP. BGP bukan bagian dari kurikulum CCNA. Ini adalah bagian dari kurikulum CCNP.

Berikut apa saja fasilitas yang baru di Packet Tracer 5.3
* Improved Linksys models, wireless security
* New PPPoE, enhanced IPSec, Cable and DSL enhancements
* Call Manager Express (VOIP support)
* FTP server and routers/switches -Server and Client
* Email system (SMTP –POP3) -Server and Client
* Improved multiareaOSPF, EIGRP
* BGP–realistic representation of Internet for scenarios
* Generic IP end devices –to create more versatility in device creation
* Activity Wizard Initial Tree enhancements –more scenario variations

Okeh, kita lanjut ajah ketahap Installasi Cisco Paket Tracer di Ubuntu 12.04. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Download Cisco Packet Tracer 5.3 disini terlebih dulu

2. Setelah selesai download, kemudian buka Terminal ( CTRL+ALT+T )

3. Ingat, file yang Anda download biasanya ada di directory / home / namauser / Downloads . Masuk ke directory Downloads dengan cara ketik perintah cd Downloads , kemudian ubah permission file-nya menjadi 755, supaya file installasinya dapat di execute (dapat di jalankan) dengan mengetik perintah chmod 755 PacketTracer53_i386_installer-deb.bin

1

4. Kemudian ketik perintah berikut untuk menjalankan file intallasi ./PacketTracer53_i386_installer-deb.bin

2

5. Selanjutnya maka akan muncul tampilan seperti berikut, tekan ajah ENTER untuk melanjutkan proses installasi.

3

6. Kemudian akan muncul tampilan License Angreement,  pada tahap ini tekanlah enter sampai licensi agrement terbaca 100 %

4

7. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut, Untuk menginstall ketikkan Y kalau ingin membatalkan ketikan N di terminal lalu ENTER.

5

8. Setelah Anda tekan ketikkan Y dan anda enter maka proses installasi langsung berjalan. Tapi karena tadi tidak kita awali dengan perintah sudo maka disini kita diminta untuk memasukkan password root kita, maka masukanlan password root Anda.

6

9. Setelah itu proses installasi akan berjalan, tunggulah beberapa saat hinggal proses installasi selesai, . .
Setelah installasi selesai seperti gambar berikut ini, anda bisa lanjutkan langkah selanjutnya yaitu anda bisa anda bisa menutup terminal dan lanjutkan langkah selanjutnya.

7

10. Setelah itu jalankan Cisco Packet Tracer 5.3 yang tadi telah Anda install dengan cara menu unity anda kemudian ketik ” packet ” tanpa tanda petik pada bagian search. Klik icon Cisco Packet Tracer tersebut.

8

11. Ketika pertama kali di jalankan, maka akan muncul tampilan sseperti berikut, Pilih Yes untuk melanjutkan.

9

12. Taraaaaaaa,,, ini lah tampilan Cisco Paket Tracer 5.3 yang tadi telah Anda install. Sekarang Anda udah bisa praktek simulasi jaringan dengan Cisco Paket Tracer 5.3

Tampilan Cisco Packet Tracer 5.3

Gimana apakah anda juga udah berhasil seperti saya ??? hehe

sumber :
http://khoirielearning.blogspot.com/2012/10/cara-install-cisco-packet-tracer-53-di.html
http://rangga-stemsi.blogspot.com/2011/09/pengertian-dan-manfaat-cisco-packet.html

Iklan
 

Tag: , , ,

9 responses to “Cara Menginstall Cisco Packet Tracer 5.3 di Ubuntu 12.04

  1. Kusdana Sumarlin

    26 Maret 2013 at 7:01 PM

    Sip.. Brother…
    Saya lagi butuh yang buat running di ubuntu…

     
  2. ian ganteng

    5 Juli 2013 at 9:44 PM

    thanks you…
    izin sedot yaaa

     
  3. mew21

    31 Juli 2013 at 12:49 AM

    ncie…

     
  4. rian

    4 September 2013 at 8:30 PM

    makasih gan

     
  5. Ade Malsasa Akbar

    16 Oktober 2013 at 11:34 AM

    Terima kasih, Kang. Tulisan ini mengoreksi saya bahwa ada Cisco Packet Tracer natif untuk Linux.

     
  6. luthfi satria

    7 Desember 2013 at 1:26 PM

    ngebantu bgt

     
  7. Hasbullah

    18 Januari 2014 at 10:43 AM

    kenapa saya malah disuruh install lib yang lain ?

     
  8. admin

    2 Juli 2015 at 5:09 PM

    di backtreak koq gk bisa ya??
    tulisannya gini : bash: cd: /dowloads/: No such file or directory
    lokasi cisconya di : root/downloads/PacketTracer53_i386_installer-deb.bin
    solusinya gimna bro?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: