RSS

POINT to POINT TUNNELING PROTOCOL VPN SERVER dengan MIKROTIK

31 Jan

Pada tulisan sebelumnya saya menjanjikan untuk membahas mengenai implementasi VPN dengan menggunakan Mikrotik dan ClarckConnect. Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh konfigurasi VPN pada Mikrotik dengan menggunakan metode PPTP Server. Dalam contoh ini saya mensimulasikan  Remote Acces VPN, yaitu membuat koneksi VPN dari mobile user ke Jaringan Lan Kantor

Dalam simulasi ini saya menggunakan Mikrotik dengan dua buah ethernet, satu terhubung dengan internet (WAN) dan satunya terhubung dengan jaringan lokal (LAN).  Mengenai konfigurasi Mikrotik agar bisa terkoneksi  ke internet (konfig IP, Gateway, DNS dan NAT) tidak saya jelaskan lagi karena saya yakin semuanya sudah bisa. Konfigurasi PPTP Server Mikrotik adalah sebagai berikut:
Mengaktifkan fungsi PPTP Server pada Mikrotik
[admin@MikroTik] > interface pptp-server server set enabled=yesMembuat user Client
[admin@MikroTik] > ppp secret add name=user1 service=pptp local-address=192.168.0.1 remote-address=192.168.0.150 password=error07
Menambahkan User Client pada PPTP Server
[admin@MikroTik] > interface pptp-server add name=laptop-1 user=user1
Koneksi VPN sudah bisa digunakan setelah kita  melakukan penambahan user client pada PPTP Server, namun koneksi tersebut hanya bisa mengakses ethernet LAN Mikrotik (192.168.0.1) saja. Supaya bisa melakukan akses ke jaringan lokal Kantor , ethernet LAN Mikrotik perlu dikonfigurasi sebagai “proxy arp”
[admin@MikroTik] > interface ethernet set LAN arp=proxy-arp

Konfigurasi di client Windows XP
Diatas telah dijelaskan bagaimana membuat  PPTP VPN Server dengan Mikrotik, sekarang saya akan jelaskan bagaimana konfigurasi client PPTP VPN yang mengunakan Sistem Operasi Windows XP. Pertama kita masuk ke Network Connection yang terdapat dalam Control Panel, kita buat koneksi baru dengan mengklik Create New Connection yang ada pada sidebar kiri. Kita akan memilih Connect to the network at workplace pada pilihan  Network Connetion Type. Pada pilihan Network Connection kita pilih Virtual Private Network Connection dan kita namakan koneksi ini sesuai dengan keinginan kita dalam contoh ini saya beri nama Test VPN.Pada pilihan Pubic Network, kita abaikan saja pilihan Automaticaly dial this initial connection, jika kita tidak menggunakan koneksi dial-up untuk internet. Selanjutnya pada pilihan VPN Server Selection, kita isi dengan IP address VPN Server yang telah kita buat, dalam contoh ini saya menggunakan IP 10.11.12.2 yang merupakan IP WAN router saya. Pada proses finishing konfigurasi  kita bisa menambahkan shorcut koneksi VPN ini ke desktop komputer kita, untuk selanjutnya akan kita coba dengan memasukkan user dan password yang telah dibuat pada VPN Server.Jika konfigurasi kita berhasil maka kita akan bisa melakukan komunikasi dengan jaringan yang berada dalam LAN Kantor . Okeh sekian dulu cerita bersambung saya ini… nanti kita lanjutkan lagi dengan konfigurasi VPN Server pada Clarck Connet (masih nyari Pcnya buat diinstall ClarckConnect) jika merasa terbantu dengan cerita ini jangan lupa COMMENTNYA okey….

Iklan
 
7 Komentar

Ditulis oleh pada 31 Januari 2012 in MikroTik, Tips and Trick, TKJ, Uncategorized

 

Tag: , , , , ,

7 responses to “POINT to POINT TUNNELING PROTOCOL VPN SERVER dengan MIKROTIK

  1. Riski Dika

    25 Juni 2012 at 10:37 PM

    maturnuwun, terus berkarya….

     
    • icalredhat

      23 November 2012 at 12:57 AM

      iyah om sama-sama, .hehe

       
  2. wani

    23 Agustus 2012 at 9:43 PM

    bro kenapa dapt subnetmark nya kok jadi 255.255.255.255 waktu ipconfig

     
  3. Mellow

    25 Agustus 2012 at 11:34 AM

    Makasih Mas Bro.. Sharing Lan saya sudah bisa.. 😉

     
  4. andre

    9 September 2013 at 2:56 PM

    mau tanya om,, remote address pada PPP secret itu IP public statis yg didapat dr ISP??

     
  5. Tri Atmo Priyono

    15 Januari 2015 at 10:26 AM

    good job boss

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: