RSS

Software Pengganti Dreamweaver di Linux

07 Sep
dreamweaver

Dreamweaver merupakan aplikasi atau software yang berfungsi sebagai tool pengedit halaman web. Aplikasi yang berjalan di sistem operasi windows ini cukup populer dikalangan web master dan web developer karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa banyak penggunanya enggan meninggalkan software tersebut, meskipun sudah berpindah/bermigrasi ke sistem operasi linux (termasuk saya). Tetapi sekarang sepertinya para pemakai software/aplikasi semacam dreamweaver harus mulai melirik aplikasi serupa yang bersifat open source, karena meskipun menggunakan kode-kode terbuka aplikasi-aplikasi pengedit halaman website tersebut, tetap mengandalkan kualitas dan kemudahan pengoperasiannya (user friendly). Berikut adalah daftar 3 aplikasi atau software pengedit halaman website open source yang bisa anda jadikan pilihan.

1. Aptana Studio

Sebuah software open source untuk kepentingan web development yang profesional. Versi terakhirnya adalah Aptana Studio 3, support dengan tekhnologi browser masa kini seperti HTML5, CSS3, JavaScript, Ruby, Rails, PHP and Python. Bagi anda pengguna sistem operasi Ubuntu anda tidak perlu menginstall aplikasi ini, karena aplikasi ini bersifat portable. Tinggal anda download packagenya, kemudian di ekstract, dan langsung double klik file excutable dari AptanaStudio 3. Berikut adalah screenshoot Aptana Studio di Ubuntu 11.04 milik saya

aptana

Jika anda tertarik menggunakan aptana silahkan download disini

http://www.aptana.org/products/studio3/download

2. Kompozer

Kompozer merupakan sebuah aplikasi web development yang mengkombinasikan antara penggunaan script/source code dengan tampilan WYSIWYG untuk mengedit sebuah halaman web. Sepintas aplikasi ini mirip dengan microsoft frontpage. Kompozer juga sengaja dibuat agar mudah untuk digunakan, sehingga sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar membuat sebuah desain web tanpa harus mengenal bahasa HTML atau yang lainnya terlebih dahulu.

Jika anda ingin menggunakan Kompozer sebagai aplikasi web editor pilihan anda silahkan anda download file tarball nya di alamat berikut :

http://sourceforge.net/projects/kompozer/files/

Jika anda menggunakan sistem operasi ubuntu, anda bisa langsung melakukan installasi Kompozer menggunakan file .deb nya disini

http://www.getdeb.net/software/Kompozer

Berikut adalah screenshot dari Kompozer di ubuntu 11.04 milik saya.

kompozer

3. Bluefish

Bluefish merupakan aplikasi web editor yang memang dibuat khusus untuk programmer dan web desainer, dengan banyak pilihan untuk penggunaan script dan kode pemrograman. Bluefish juga mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup, dan berfokus pada pembuatan website yang dinamis dan interaktif. Menggunakan lisensi GNU GPL bluefish bersifat multi platform dan dapat berjalan pada kebanyakan sistem operasi yang kompatibel POSIX termasuk Linux, FreeBSD, MacOS-X, OpenBSD dan Solaris, dan di samping itu berjalan pada Windows.

Anda dapat membaca dokumentasi cara installasi bluefish di alamat berikut

http://bfwiki.tellefsen.net/index.php/Installing_Bluefish

Bagi anda pengguna sistem operasi ubuntu, dapat menginstall bluefish dengan menjalankan perintah berikut di terminal

code>sudo apt-get install bluefish

berikut adalah screenshoot bluefish di ubuntu 11.04 saya.

aptana

Sebenarnya sangat banyak sekali aplikasi web editor yang open source, masing-masing aplikasi sama-sama menawarkan fitur-fitur yang sangat lengkap sebagai nilai tambahnya. Tetapi ke 3 aplikasi diatas merupakan aplikasi yang menurut saya lebih mudah untuk dioperasikan. Semoga bermanfaat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 September 2011 in Aplikasi, Tips and Trick

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: