RSS

22 cara untuk mengkonversi teman Anda ke Linux

16 Agu

Apakah teman-teman Anda yakin bahwa mereka harus membayar untuk sistem operasi mereka karena Linux terdengar terlalu rumit atau karena mereka pikir itu tidak akan melakukan apa yang mereka inginkan?

Jangan takut, inilah panduan Anda untuk brining teman-teman Anda ke sisi terang …

1. Pertama, Anda perlu teman non-geek

Jika ide Anda untuk keluar adalah perjalanan bulanan ke LUG lokal, Anda perlu memupuk teman utama lagi sebelum Anda dapat mulai untuk mengkonversi mereka. Mendapatkan penggemar Fedora untuk menggunakan Ubuntu tidak masuk hitungan.

2. Jangan menginjili

Mendorong Linux seperti itu hal yang terbesar sejak roti irisan, atau bahwa itu setidaknya 10 kali lebih baik daripada Windows, akan memiliki salah satu dari dua efek. Ini baik akan menyebabkan teman-teman Anda untuk mendorong kembali, sehingga sulit untuk meyakinkan mereka, atau mereka akan setuju untuk mencobanya tetapi memiliki harapan tinggi seperti yang mereka akan merasa tertipu pertama kalinya sesuatu yang tidak bekerja seperti yang mereka harapkan. Jadilah halus – menggunakan trik pikiran jadi sebagai gantinya. 

3. Jatuhkan petunjuk

Alih-alih mendorong, hanya menyebutkan dari waktu ke waktu – terutama ketika masalah keamanan online, virus dan malware muncul. Biarkan rasa ingin tahu teman-teman Anda mendapatkan lebih baik dari mereka, biarkan mereka bertanya kepadamu tentang hal itu, maka mereka akan ingin kau menunjukkan kepada mereka Linux.

4. Satu aplikasi pada suatu waktu

Dapatkan teman Anda terbiasa dengan ide open source dan perangkat lunak bebas. Perubahan lengkap OS menakutkan – mencoba browser yang berbeda, suite kantor atau klien mail ini tidak. OpenOffice.org dan Firefox dapat melakukan banyak untuk membuka pikiran orang ke open source.

5. Jangan mendorong terlalu banyak gratis

Berhati-hatilah bagaimana Anda menggunakan kata “bebas”. “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar, kalau gratis tidak bisa menjadi baik” Sikap adalah baik umum dan sepenuhnya dimengerti. Sebaliknya, berkonsentrasi pada konsep-konsep seperti kebebasan, komunitas dan keterbukaan – atau hanya memberitahu mereka bagaimana sangat bagus Linux.

6. Mata permen

Geeks benar benci permen mata karena hanya mendapat di jalan – tapi masih sebuah iklan besar. Bahkan jika Anda biasanya tidak menggunakannya, instal Compiz dan menyalakannya ketika Windows-menggunakan teman Anda sedang mencari melewati bahu Anda. Sebuah kubus berputar sedikit dan efek jendela berair dapat melakukan jauh lebih banyak daripada kuliah tentang kebebasan software.

7. Keamanan

Yang satu ini agak jelas bagi kita, namun pengguna Windows yang paling tidak tahu bahwa hal itu mungkin untuk hidup tanpa ketakutan terus-menerus dari virus, trojan dan telepon rumah malware. Dan jangan biarkan mereka berpikir ini adalah karena Linux tidak populer – itu karena itu terbuka, yang berarti telah malware tempat untuk bersembunyi. Pengguna Linux tidak perlu untuk menghisap kehidupan dari komputer mereka dengan menjalankan scanner virus dan firewall dengan aturan terpisah untuk setiap program yang diinstal.

8. Gunakan live CD

Live CD tidak hanya cara yang bagus untuk mencoba Linux tanpa harus memasang, mereka juga tidak pernah terdengar di kalangan Windows. Gagasan menjalankan langsung dari CD tanpa mempengaruhi komputer mereka akan terkesan banyak teman-teman Anda, serta menghapus beberapa rasa takut mencoba OS yang sama sekali baru.

9. Pastikan mereka bisa mengatasinya

Pilih target Anda: hanya mencoba untuk mengubah seseorang yang cukup tech-savvy. Anda tidak melatih mereka untuk menjadi sysadmin, tetapi mereka harus mampu mengambil konsep-konsep baru cukup baik.

10. Jika mereka pengguna Mac – tidak repot-repot

Para fanboy Mac khas dapat keluar-semangat bahkan Richard Stallman. Mencoba untuk meyakinkan fanboy Mac manfaat dari Linux adalah seperti membenturkan kepala Anda ke dinding – hal itu baik ketika Anda berhenti.

11. Cari tahu apa yang mereka butuhkan

Linux bukan pilihan yang tepat untuk semua orang. Apa teman Anda menggunakan komputer untuk? Jika itu terutama game, kemudian biarkan mereka tetap dengan Windows. Jika campuran browsing web, email, mengelola foto digital mereka dan menulis surat yang aneh, Linux sangat cocok bagi mereka.

12. Pastikan mereka mengerti bahwa Linux bukan produk Windows

Linux tidak hanya versi gratis dari Windows, beberapa hal sangat berbeda. Kalau tidak, apa gunanya? Jelaskan ini ke teman Anda, dan juga bahwa banyak aspek yang tidak lebih baik atau lebih buruk, hanya berbeda.

13. Memilih distro yang cocok

Distro Anda merekomendasikan harus mudah bagi teman Anda untuk digunakan dan mudah bagi Anda untuk membantu. Kecuali Anda menggunakan Gentoo atau Slackware, ini biasanya berarti merekomendasikan sama dengan yang Anda gunakan – untuk kedua distro dan desktop.

14. Menginstal dan mengatur bagi mereka

Jangan hanya memberi mereka CD, atau bahkan menginstal sistem dasar, dan berjalan pergi. Anda disarankan Linux, sehingga membuatnya bekerja untuk mereka. Instal segala sesuatu yang mereka mungkin perlu, dan mengatur semuanya. Kemudian menunjukkan kepada mereka bagaimana menggunakannya.

15. Instal Wine

Bersiaplah untuk waktu teman Anda perlu menjalankan program Windows tertentu. Instal Wine tetapi tidak memberitahu mereka tentang hal itu kecuali mereka benar-benar membutuhkannya. Biarkan mereka mencoba pilihan pertama asli.

16. Instal codec multimedia

“Ini tidak akan memutar DVD” adalah sebuah teriakan umum dari pengguna Linux yang baru, sehingga ketika Anda menginstal untuk teman, menambahkan repositori ekstra diperlukan dan menginstal hal-hal seperti libdvdcss, dan audio populer dan video codec.

17. Pindahkan tombol

Jika Anda menginstal Ubuntu untuk mereka, memindahkan tombol kembali ke kanan jendela. Banyak orang-orang seperti tangan-kiri tombol, tapi itu tidak perlu melompat terlalu jauh bagi seseorang yang mencoba Linux untuk pertama kalinya.

18. Teman Anda tidak sysadmin

Anda mungkin seorang sysadmin (bahkan jika Anda tidak berpikir Anda) karena Anda mengelola komputer Anda sendiri. Kebanyakan pengguna Windows hanya pengguna, jadi tunjukkan teman Anda bagaimana menggunakan Linux, bukan bagaimana administrasinya.

19. Underline dukungan komunitas Linux

Setelah Anda telah membantu teman Anda mengatasi rintangan pertama, menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka dapat membantu diri mereka sendiri. Memperkenalkan mereka ke beberapa komunitas ramah dan membantu pengguna Linux, biarkan mereka berinteraksi dengan orang lain dari tingkat yang sama dan mendapatkan bantuan dari pengguna yang lebih berpengalaman. Mereka di tangan aman di sana.

20. Hindari baris perintah

Kita semua tahu seberapa kuat baris perintah dapat, tetapi dapat menakutkan bagi pengguna baru. Ketika menunjukkan mereka bagaimana menggunakan Linux, menempel GUI untuk setiap tugas-tugas administratif. Jika sesuatu tidak memerlukan baris perintah, melakukannya sendiri, sebaiknya sementara mereka tidak melihat.

21. Jelaskan repositori perangkat lunak

Pengguna Windows yang digunakan untuk harus pukat web untuk perangkat lunak untuk melakukan pekerjaan, dan mengambil risiko men-download file EXE dari sebuah situs web, berharap ia melakukan pekerjaan tanpa harus memasang apapun yang tidak menyenangkan. Tunjukkan pada mereka bagaimana seorang manajer perangkat lunak terpusat membuat lebih mudah menemukan perangkat lunak, cepat dan aman – dan bahwa program tidak perlu telepon rumah untuk memeriksa pembaruan.

22. Mengatur akses SSH

Jika teman Anda hidup lebih dari beberapa menit dari Anda, bantulah diri Anda sendiri dan mengatur akses yang aman SSH (sebaiknya kunci dikonfirmasi). Mereka akan benar-benar terkesan ketika Anda memperbaiki masalah mereka berikutnya ketika mereka menjelaskan itu di telepon.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Agustus 2011 in Perbandingan Linux, Tips and Trick

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: