RSS

5 dari manajer terbaik jendela ringan untuk Linux

19 Jul

1. Enlightenment

Jika Anda melakukan banyak bekerja pada komputer Linux, terus beralih antara banyak jendela, window manager yang tepat dapat membuat Anda jauh lebih cepat dan lebih produktif daripada 2GB RAM ekstra.

Dalam konteks ini, ‘benar’ berarti kombinasi dari dua kualitas yang berbeda: kecepatan mentah dan korespondensi dengan kebutuhan aktual Anda, kebiasaan dan kepribadian. Jika Anda perlu membuat sebagian dari sebuah PC usang, Anda mungkin akan menginginkan sesuatu lebih ramping dan gesit dari baik Gnome atau KDE.

Dalam kasus lain, apa yang akan menghemat waktu lebih banyak apa pun yang tidak secara default, dengan satu klik atau keystroke, apa yang ingin Anda lakukan paling sering. Jadilah itu maksimisasi vertikal, iconization atau melompat-lompat virtual desktop. Kemungkinan untuk menggunakan mouse sesedikit mungkin lain meningkatkan produktivitas besar.

Apapun kebutuhan Anda, Linux memiliki lebih dari Gnome atau KDE. Bulan ini kami menyajikan lima window manager alternatif yang dipilih dengan kriteria: pertama, mereka harus ringan, untuk dapat digunakan pada komputer low-end. Selanjutnya, mereka harus diinstal dengan manajer paket normal, sehingga Anda dapat mencoba mereka dengan cepat jika Anda menjalankan distro yang paling umum.

Akhirnya, kami memberikan prioritas untuk window manager kurang dikenal, daripada yang biasanya diinstal sebelumnya oleh distribusi-distribusi yang sama. Itulah satu-satunya alasan mengapa produk yang sangat baik seperti Xfce tidak hadir: Anda mungkin sudah mendapatkannya dalam menu login Anda.

Bagaimana kita diuji …

Program-program semuanya telah diuji pada inti ganda AMD 64 3800 + sistem dengan 8GB RAM, menjalankan Fedora 14 dengan semua update yang tersedia hingga April 2011. Kami telah melihat betapa mudahnya untuk menginstal dan mengkonfigurasi setiap window manager, berapa banyak pilihan yang telah dan berapa banyak tampilan dan nuansa dapat dimodifikasi oleh pengguna. Kami juga melihat seberapa baik mereka bekerja dengan aplikasi yang paling penting Anda mungkin menggunakan.

Pencerahan DR 16 (E16)

Pencerahan DR16 Window Manager, atau E16 untuk jangka pendek, lahir pada tahun 1997, ketika sebagian besar penduduk dari Linux-lahan sengit memperdebatkan Jalan Satu Desktop Benar, Gnome atau KDE.

Di tengah semua itu, Pencerahan tiba dan menunjukkan berbeda dan, bagi banyak orang, jauh lebih visual menyenangkan cara untuk menangani desktop. Hari ini, versi E16 Pencerahan masih, seperti halaman rumah mengatakan, “grafis merangsang”. E16

E16 adalah window manager hanya di Roundup ini yang mampu memaksimalkan jendela secara vertikal atau horizontal, bila Anda klik dengan tombol kiri atau tengah mouse pada ikon di bar tengah judul jendela. Fitur pertama (hadir di banyak manajer jendela lain) memungkinkan Anda dibaca sebagai banyak baris teks mungkin tanpa bergulir. Yang kedua adalah bagus untuk mengetik baris yang sangat panjang di terminal atau editor tanpa membungkus mereka di sekitar atau kehilangan melihat jendela lain.

Anda dapat menyesuaikan setiap detail tentang bagaimana E16 terlihat, terasa dan berperilaku. Melakukan hal apa yang membuatnya begitu menyenangkan dan cepat untuk digunakan, jadi bersiaplah untuk menghabiskan beberapa waktu di atasnya. Panel Konfigurasi memiliki begitu banyak pilihan, dibutuhkan setengah hari untuk melihat mereka semua. E16 juga memiliki rak, atau kotak yang bekerja kurang lebih seperti panel Gnome.

Yang utama, jika tidak hanya, masalah yang kita telah menemukan dalam E16 adalah bahwa default menu aplikasi yang berantakan. Alih-alih tingkat pertama sub-menu seperti Game, Internet Kantor, dan seterusnya, Anda mendapatkan KDE, Gnome, dan Lainnya, masing-masing dengan Permainan sendiri, Kantor, dll .. bagian. Jadi pemula harus terlebih dahulu tahu jika dia ingin pergi Gnome atau KDE dan hanya kemudian memberitahu komputer jika waktu itu untuk bekerja, surfing internet atau bermain.

Di atas itu, mungkin karena setidaknya sebagian bug kemasan di Fedora 14, banyak catatan yang berulang dengan nama yang sama atau berbeda. Firefox, misalnya, hadir baik sebagai Firefox dan Firefox Web Browser.

Akhirnya, seaneh kedengarannya, Anda tidak dapat mengubah E16 menu tanpa mengedit file teks dalam $ HOME/.e16/menus /. Untungnya, mereka memiliki sintaks yang sangat sederhana. Jika Anda melakukan itu atau menginstal epplets (lebih pada nanti), ingatlah untuk memilih Pemeliharaan> meregenerasi Menu dari menu System.

Di tempat yang sama Anda juga dapat menghapus cache banyak yang menggunakan E16 bekerja lebih cepat.

Tampak peduli

E16 2

Tema default E16 memiliki batas jendela yang sangat kecil tetapi Anda dapat mengubah tampilan dalam banyak cara. Secara default, Anda memiliki dua virtual desktop. Setiap dua kali selebar monitor anda, tapi bisa sebanyak 64 kali lebih besar. Mendorong kursor mouse pada tepi layar Anda bergerak Anda ke bagian lain dari virtual desktop saat ini. Ini perlu waktu untuk membiasakan diri, tetapi banyak pengguna seperti itu (akhirnya).

Bar bagian atas ruang kerja masing-masing memiliki dua segitiga kecil di tepi-tepinya yang membuka menu sistem dan daftar jendela. Di sudut kanan bawah layar kehidupan suatu iconbox, semacam panel dengan slider yang memegang semua ikon Anda tanpa mengacaukan layar. Anda bahkan dapat menggunakan iconboxes lebih secara bersamaan.

Setiap jendela dapat dikonfigurasi secara individual dan Anda dapat memberitahu untuk mengingat pengaturannya. Bergerak yang berbeda dan efek ukuran visual yang ada dan tooltips muncul sehingga belajar E16 dengan melakukan mudah. Hampir semuanya dapat dilakukan dengan keyboard.

E16 dapat diluncurkan sendiri atau di dalam KDE atau Gnome, mengganti window manager default mereka. Kami sangat menyarankan Anda melakukan hal pertama. Setidaknya di Fedora, E16 saja dimulai, dan menjalankan program tunggal, lebih cepat.

Di atas segalanya, E16 + KDE tampak seperti dua screenshot disisipkan satu sama lain, berebut siapa yang harus di atas. Gnome + E16 tidak jauh lebih baik.

Hal ini dimungkinkan untuk menulis kecil, grafis add-ons untuk E16, seperti jam atau monitor kotak dan sistem, yang disebut epplets. Mereka diinstal sebagai paket biner di Fedora terus terang gagal untuk mengesankan: sebuah monitor sistem seperti GKrellM melakukan hal yang sama lebih baik dan terlihat jauh lebih dingin juga.

Pencerahan
Versi: 1.0.7 DR16
Web: www.enlightenment.org
Harga: Gratis lisensi GPL


2. Openbox

Kembali di tahun 90-an, jika Anda ingin sebuah window manager ramping dan berarti, tetapi fleksibel, yang mampu melakukan apa yang Anda inginkan dengan eye candy minimal dan sedikit gangguan, tapi itu tidak terlihat seperti beberapa percobaan GUI dari dekade sebelumnya, cepat atau kemudian Anda akan mencoba Blackbox.

Seiring waktu, aplikasi yang telah melahirkan beberapa varian, dikenali dengan akhiran ‘kotak’. Hari ini, Openbox adalah window manager dari keluarga itu yang Anda paling mungkin untuk menemukan pra-paket untuk distribusi Anda. Itulah mengapa di sini. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa sebagian besar dari apa yang Anda baca di halaman ini juga berlaku untuk kerabat Openbox itu.

Openbox

Jika Anda tidak siap, pertama kali Anda mulai Openbox Anda akan menemukan diri Anda gugup bertanya-tanya apakah kartu grafis Anda pingsan. Sebuah ide desain dasar dari manajer * kotak jendela adalah bahwa bukan hanya panel yang diperlukan; Anda tidak benar-benar membutuhkan ikon baik. Secara default itu, kusam abu-abu latar belakang gelap dan tidak ada lagi.

Jangan putus asa, meskipun, semuanya di sini dan wiki di situs Openbox daftar banyak pilihan untuk menambah panel. Menu sistem dapat diakses dengan tombol mouse sebelah kanan. Menu ini hampir sama dengan Gnome, dengan satu tambahan penting: Openbox tahu penggunanya tidak takut dari baris perintah, sehingga memiliki menu Terminal seluruh sub. Ini akan memberikan Anda akses langsung ke Konsole, Gnome Terminal, Emacs terminal atau Xterm tua, tapi abadi.

Berbicara sub-menu, salah satu fitur kecil namun benar-benar rapi Openbox adalah bahwa hal itu membuat sangat mudah untuk membuat yang dinamis. Mengutip dari wiki Openbox: “menu Pipa adalah menu yang dinamis, dibangun di atas-the-fly dari script output disalurkan kembali ke Openbox dan digunakan untuk menu.”.

Sebagai contoh, katakanlah bahwa Anda sudah memiliki sebuah shell script yang download RSS feed, tickers saham atau apapun yang Anda inginkan dari internet. Jika Anda mengatakan bahwa script shell untuk menyimpan judul dan URL dari semua feed yang dalam satu file teks biasa dengan markup sederhana, Anda akan telah menciptakan sebuah ‘Berita’ Openbox sub-menu yang berisi daftar berita yang paling terbaru setiap kali Anda pilih, dan terbuka dalam browser favorit Anda yang Anda klik.

Virtual desktop

Openbox

Instruksi tidak begitu rumit untuk membuat script menu sendiri pipa Anda, termasuk link yang sudah ada, dapat ditemukan di http://openbox.org/wiki/Openbox:Pipemenus .

Openbox juga mendukung virtual desktop. Untuk berpindah dari satu ke yang lain tanpa menggunakan mouse, tekan Jendela Key + D.

Seperti yang kami katakan, Openbox tidak menggunakan ikon. Bila Anda meminimalkan jendela, itu hanya menghilang dari layar. Anda dapat membuka kembali dalam menu akar yang sama digunakan untuk beralih antara virtual desktop, yang juga dapat diakses dengan menekan tombol tengah mouse.

Jika Anda tidak nyaman dengan sistem ini, tapi ingin jendela diminimalkan untuk tetap terlihat di layar pula, Openbox (E16 dan Window Maker bisa melakukannya juga) menawarkan alternatif untuk ikon. Anda dapat ‘menggulung’ jendela, seolah-olah mereka tirai, di atas mereka / judul bar dan hanya meninggalkan yang terlihat pada desktop.

Untuk menghemat ruang, Openbox tidak menarik sisi atau batas bawah. Untuk alasan yang sama, bahkan title bar adalah opsional. Jika Anda klik kanan padanya dan pilih Un / Menghias, itu akan menjadi satu piksel lebar seperti sisi lain dari jendela itu. Untuk mendapatkannya kembali, pergi ke perbatasan yang sangat dari jendela itu sendiri sampai Anda melihat segmen kecil dekat pointer, kemudian klik dengan tombol kanan.

Semua dalam semua, bahkan jika itu memang terlihat benar-benar telanjang, Openbox memiliki hampir semua yang Anda harapkan dari sebuah window manager modern. Apa yang tidak ada dapat ditambahkan, dengan usaha minimal, dengan mengikuti dokumentasi yang baik pada situs web.

Mungkin satu-satunya fungsi utama yang Anda harus menambahkan secara manual manajemen sesi (jika Anda menggunakan Openbox tanpa Gnome atau KDE, jika tidak maka akan mengintegrasikan dengan manajer sesi mereka) dan ada langkah-demi-langkah mengenai Autostart dan Persiapan halaman wiki Openbox.

Openbox
Versi: 3.4.11.2
Web: http://openbox.org
Harga: Gratis bawah GPL Cepat, penting tanpa jelek, dan mudah extensible.

 

3. Windows Maker

Window manager lain veteran yang telah ada sejak tahun 90-an, Window Maker memiliki tampilan yang sangat karakteristik dan kepribadian. Setelah Anda telah menggunakannya untuk beberapa menit, Anda mungkin akan mengenali screenshot segera, tidak peduli seberapa banyak telah disesuaikan, karena dua pilar antarmuka: Dock dan Klip.

Dock adalah semacam panel dari mana Anda dapat menjalankan aplikasi favorit Anda dengan mengklik dua kali pada ikon mereka. Anda dapat menambahkan aplikasi lain hanya dengan menyeret ikon mereka di atasnya. Dan menyeret ikon ke jendela root semua yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan hal-hal.

Jendela pembuat

Drag dan drop

Banyak konfigurasi dalam Window Maker dilakukan dengan menyeret dan menjatuhkan. Batas utama Dock, setidaknya untuk beberapa pengguna, adalah bahwa tata letak adalah tetap: Anda bisa menempatkannya di atas atau kiri bawah layar, tetapi akan selalu menjadi satu kolom vertikal.

Sudut kiri atas monitor Anda adalah lokasi default untuk fitur khas kedua Jendela Maker: Klip. Widget ini, tidak seperti Microsoft yang setara, tidak memiliki alasan untuk ada.

Klip dapat ditempatkan di mana pun Anda inginkan dan selain beralih dari satu desktop virtual ke yang lain, ia juga bekerja sebagai wadah sementara untuk ikon dari semua aplikasi yang berjalan di ruang kerja saat ini – yang mengapa pengguna Jendela pembuat beberapa panggilan Klip Dock sebuah penambah. Anda juga dapat menarik ikon aplikasi dari Klip dan drop ke Dock jika Anda memutuskan Anda akan membutuhkannya dalam semua sesi masa depan Anda Jendela Maker.

Anda menjalankan aplikasi di Window Maker dengan mengklik pada entri yang sesuai dalam menu sistem akar. Tidak seperti Openbox, Window Maker hanya menawarkan Xterm sebagai terminal default, tetapi menu akar termasuk widget Jalankan di mana Anda dapat mengetikkan perintah apa saja yang Anda butuhkan.

Untuk declutter layar, Anda dapat mengkonfigurasi Klip untuk AutoAttract ikon semua program yang aktif yang tidak di Dock. Jika ikon aplikasi yang terbuka akan ditempatkan di kiri bawah layar dan Anda dapat memilih untuk membuat mereka muncul pada semua ruang kerja. Dimanapun ikon ini, mengklik dengan tombol mouse sebelah kanan memungkinkan Anda mengubah pengaturan, mengkonfigurasi opsi startup dan pilih jika Anda ingin untuk memulai secara otomatis setiap kali Anda login ke Window Maker.

Ikon obeng pada Dock meluncurkan Window Maker Editor konfigurasi grafis, sebuah program yang disebut Wprefs. Anda juga dapat memulai dari menu akar, di mana ia terdaftar, anehnya, seperti Utilitas Preferensi di bagian bawah dari bagian Penampilan.

Anda dapat melakukan semua jenis hal di Wprefs, termasuk mengubah ikon default. Ingat, bagaimanapun, bahwa jika Anda melakukannya, Anda harus terlebih dahulu memberitahu Wprefs untuk mengubah Path Cari Icon.

Jika Anda tidak puas dengan bagaimana Anda telah mengkonfigurasi desktop, Anda dapat mengatur ulang ke nilai default Jendela Maker, tetapi jika Anda suka, Anda dapat menyimpan untuk login masa depan.

Satu hal yang menyebabkan kebingungan di kalangan pengguna pertama kali adalah bagaimana untuk memulai program yang sama lebih dari sekali dari ikon yang sama. Solusinya sederhana, tapi bertele-tele, sehingga mencari sebelum Anda mulai bereksperimen di FAQ resmi, yang dapat ditemukan dengan buku petunjuk dan beberapa tutorial yang berguna di website.

Grafis widget

Jendela pembuat

Apa yang tersisa untuk mengatakan? Oh ya, tentu saja: dockapps, widget grafis kecil dirancang untuk Window Maker (tetapi juga dapat digunakan dalam window manager lain) yang melakukan hal yang paling beragam. Anda dapat menemukan banyak dari mereka di www.dockapps.org , dari indikator suhu Dwgo (Jangan Wanna Go luar) untuk Wmtext, yang menampilkan output dari perintah shell dengan font dan latar belakang pilihan Anda.

Menyimpulkan, Window Maker dijalankan cepat, tetap cepat, mudah digunakan dan memiliki penampilan retro bagus. Pada sisi bawah, tidak membaca Gnome dan menu KDE dan jendela sulit untuk mengubah ukuran.

Jendela Maker
Versi: 0.92.0
Web: http://windowmaker.org
Harga: Gratis lisensi GPL

 

4. Fvwm

Fvwm mungkin adalah window manager yang paling kuno di sini, tetapi masih memiliki alasan untuk ada dan sangat digunakan pada saat distribusi GNU / Linux.

Jangan menunda oleh pra-Windows terlihat nya 95. Fvwm memiliki start menu kaya, dan utilitas yang memiliki struktur yang sama seperti menu aplikasi Gnome.

Fvwm

Bagian yang paling penting dari fvwm, bagaimanapun, adalah modul. Kombinasi yang tepat dari modul akan meniru hampir semua fungsi nyata dari window manager yang lebih modern, jika bukan permen mata. Beberapa modul ditampilkan dalam layar, tapi ada lebih. Banner, Console, Pager, scrollbar dan WinList – yang menciptakan deretan ikon aplikasi yang sedang aktif di bagian bawah layar – yang paling berguna.

Ada juga desktop standar empat virtual. Tentu saja, semua ini menjadi tersedia hanya ketika semuanya dikonfigurasi. Dalam pengertian ini, fvwm ingat Openbox.

Pertama kali Anda login Anda akan melihat latar belakang desktop default dan tidak ada lagi. Tapi setelah konfigurasi, fvwm akan terlihat jauh lebih kaya dan jauh lebih sedikit menakutkan. Klik untuk membuka menu Akar minimalis. Pilih Pengaturan 95 Script> FvwmForm-Setup, yang merupakan antarmuka grafis Anda perlu menggunakan setidaknya sekali dalam rangka menciptakan file konfigurasi ($ HOME/.fvwmrc2) yang fvwm perlu di semua sesi masa depan.

Dalam FvwmForm-Setup Anda dapat dan harus memilih modul dan file konfigurasi masing-masing ingin Anda aktifkan. Pilih semua dari mereka dan tekan F3 untuk restart window manager. Pemakaian memori secara keseluruhan tetap cukup rendah fvwm – bahkan dengan semua pilihan diaktifkan – bahwa tidak akan membuat perbedaan, kecuali pada komputer sangat terbatas.

Task bar fvwm biasanya hanya beberapa piksel tinggi – sebuah garis yang hampir tak terlihat yang akan memperluas ketika Anda menekan kursor ke tepi bawah layar Anda – dan Anda dapat mengaksesnya bahkan ketika berada dalam modus ‘garis’.


Fvwm
Versi: 2.5.30
Web: www.fvwm.org
Harga: Gratis lisensi GPL

 

5. Ratpoison

Dari semua aplikasi di Roundup ini, Ratpoison adalah salah satu yang akan terlihat dan merasa paling asing bagi pengguna Linux yang belum pernah melampaui Gnome atau KDE.

Ratpoison tidak hanya ringan, hal itu berbeda. Bahkan, sangat ringan karena sangat berbeda. Terinspirasi oleh Layar Gnu, kriteria desain resminya adalah untuk menjadi window manager utama keyboard berbasis dan untuk tidak pernah membuang setiap ruang layar.

Ratpoison

Pada dasarnya, Ratpoison tidak ada untuk membuat screenshot: panel, tidak ada ikon, Dock tidak, apa-apa. Screenshot Anda lihat di sini hanya membuktikan bahwa Ratpoison dapat menjalankan lebih dari satu modern, aplikasi berbasis GUI secara bersamaan.

Secara default, Ratpoison menampilkan satu program pada satu waktu, layar penuh, tanpa batas jendela, bar atau hal semacam itu. Itu sangat efisien, tetapi bagaimana jika Anda inginkan, seperti pada gambar, untuk melihat dua atau lebih jendela bersama-sama? Tidak masalah. Ratpoison akan membagi layar dalam frame non-overlapping yang mengisi semua ruang. Setiap frame memiliki satu aplikasi, dimaksimalkan seperti yang sudah kami jelaskan.

Oh, dan juga memiliki beberapa ruang kerja dan dukungan manajemen sesi. Semua interaksi dengan Ratpoison terjadi melalui penekanan tombol. Ini, ditambah bekerja full-layar tanpa dekorasi, jam, peringatan email dan widget lainnya, membuat bekerja di Ratpoison begitu cepat, mendalam dan efisien yang mungkin menjadi kecanduan – jika Anda bertahan kejutan budaya awal, yang.

Anda dapat men-download script konfigurasi layak di http://danielwebb.us/software/ratpoison/ . Ratpoison sangat berbeda, bagaimanapun, bahwa kami sarankan Anda mencoba script yang hanya jika anda ingin program ini pula, dalam konfigurasi default dibahas di sini. Tentu saja, bahkan tidak mencoba untuk memulai Ratpoison pengujian tanpa membaca tutorial di situsnya. Anda berisiko kehilangan pikiran Anda menatap layar kosong.

Ratpoison
Versi: 1.4.5
Web: www.nongnu.org/ratpoison/
Harga: Gratis lisensi GPL

 

Manajer ringan jendela terbaik untuk Linux …

Terlepas dari selera pribadi, tiga faktor yang paling penting ketika memilih window manager adalah memori kebutuhannya, satu-klik atau satu-keystroke dukungan untuk tindakan Anda yang paling sering dan aplikasi yang paling sering Anda gunakan.

Titik terakhir berarti bahwa Anda tidak harus berharap untuk melihat perbedaan besar dalam kinerja keseluruhan jika Anda menggunakan window manager cahaya untuk hanya berjalan, atau hampir saja, KDE atau Gnome aplikasi yang memuat banyak perpustakaan dalam RAM pula. Program yang disajikan di sini adalah semua cukup cepat untuk membuat pengguna hambatan yang nyata.

Pemenang

Window Maker adalah paling lambat, tapi kami melihat hanya karena kita secara khusus memperhatikan hal-hal seperti itu. Ratpoison sangatlah efisien – jika Anda dapat berdiri kurva belajar – jadi kami sarankan Anda mencobanya. Bahkan mungkin menjadi solusi terbaik jika Anda hanya melakukan segalanya di awan.

Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda di browser karena Gmail, Flickr, Dropbox, Google Docs dan layanan yang sama melakukan segala sesuatu yang Anda butuhkan, apakah masuk akal untuk menjalankan window manager yang lebih berat hanya untuk menjaga Chrome membuka atau Firefox? Ratpoison mungkin juga akan menarik untuk digunakan untuk mendirikan sebuah kios internet.

Tidak ada kejutan

Fvwm adalah aplikasi yang sangat cepat, yang memiliki dan tidak semua yang Anda butuhkan dalam cara yang lebih atau kurang intuitif, tanpa kejutan atau usaha efek khusus. Namun, tampak tertua, dan kurang extensible dibandingkan pesaingnya.

E16 dan Openbox keduanya produk benar-benar hebat. Yang pertama adalah jauh lebih menyenangkan, asalkan Anda meluangkan waktu untuk mengkonfigurasi segalanya. Apakah serius bermain dengan itu, setidaknya sekali.

Openbox, sebaliknya, adalah semua bisnis. Fakta bahwa ada jauh lebih sedikit untuk mengkonfigurasi adalah apa yang membuatnya sangat efisien. Anda menginstalnya, memilih tema, mengingat empat atau lima mouse dan keyboard dan tindakan pergilah. Menu pipa menjadikannya sebagai extensible sebagai keterampilan scripting Anda memungkinkan, melalui mekanisme yang sangat sederhana.

Akhirnya, Openbox memiliki dukungan yang baik untuk semua standar yang relevan yang menjamin hidup bersama yang baik dengan Gnome, KDE atau aplikasi tunggal awalnya dikembangkan untuk lingkungan-lingkungan desktop.

Itu sebabnya kita mendeklarasikan Openbox pemenang, dengan E16 yang sangat, sangat dekat kedua.

1: Openbox: 5 / 5
2: Pencerahan: 4 / 5
3: Jendela Maker: 3 / 5
4: FVWM: 3 / 5

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Juli 2011 in Aplikasi, Best of The Best

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: