RSS

Berjualan Perangkat Lunak Bebas

17 Jul

Banyak orang percaya bahwa semangat proyek GNU adalah bahwa Anda tidak harus membayar untuk mendistribusikan salinan dari perangkat lunak, atau bahwa Anda harus bertanggung jawab sesedikit mungkin – hanya cukup untuk menutupi biaya. Ini adalah kesalahpahaman.

Sebenarnya, kami menganjurkan para pengedar perangkat lunak bebas untuk menarik biaya sebanyak yang mereka inginkan atau dapat. Jika ini tampaknya mengejutkan bagi Anda, silakan baca terus.

Kata “bebas” memiliki dua arti yang umum, yang dapat merujuk baik untuk kebebasan atau untuk harga. Ketika kita berbicara tentang “perangkat lunak bebas”, kita sedang membicarakan kebebasan, bukan harga. (Pikirkan “kebebasan berbicara”, bukan “bir gratis”.) Secara khusus, itu berarti bahwa para pengguna bebas untuk menjalankan program, mengubah suatu program, dan mendistribusi ulang suatu program dengan atau tanpa perubahan.

Program bebas terkadang didistribusikan secara gratis, dan kadang-kadang dengan harga yang substansial. Sering program yang sama tersedia di kedua cara dari tempat yang berbeda. Program ini gratis tanpa harga, karena pengguna memiliki kebebasan dalam menggunakannya.

Program nonfree biasanya dijual dengan harga tinggi, tetapi kadangkala ada toko yang akan memberikan anda sebuah salinan tanpa biaya. Itu tidak membuat perangkat lunak bebas, meskipun. Harga atau harga tidak ada, program ini nonfree karena pengguna tidak memiliki kebebasan.

Karena perangkat lunak bebas bukan perihal harga, harga yang rendah tidak membuat perangkat lunak bebas, atau bahkan mendekati bebas. Jadi jika anda mendistribusi ulang salinan dari perangkat lunak bebas, Anda mungkin juga menarik biaya dan mendapatkan uang. Mendistribusikan perangkat lunak bebas merupakan kegiatan yang baik dan sah, jika Anda melakukannya, Anda mungkin juga membuat keuntungan dari itu.

Perangkat lunak bebas merupakan sebuah proyek masyarakat, dan setiap orang yang tergantung pada hal itu harus mencari cara untuk berkontribusi untuk membangun masyarakat. Untuk distributor, cara untuk melakukan ini adalah untuk memberikan bagian dari keuntungan untuk proyek-proyek pengembangan perangkat lunak bebas atau ke Free Software Foundation . Dengan cara ini Anda dapat memajukan dunia perangkat lunak bebas.

Mendistribusikan perangkat lunak bebas merupakan kesempatan untuk mengumpulkan dana untuk pembangunan. Jangan sia-siakan!

Dalam rangka untuk memberikan kontribusi dana, Anda perlu memiliki beberapa tambahan. Jika Anda mengisi terlalu rendah biaya, Anda tidak akan memiliki sesuatu untuk cadangan untuk mendukung pembangunan.

Akankah harga distribusi yang tinggi merugikan beberapa pengguna?

Terkadang ada yang khawatir bahwa harga distribusi yang tinggi akan membuat perangkat lunak bebas di luar jangkauan untuk pengguna yang tidak memiliki banyak uang. Dengan perangkat lunak berpemilik , harga tinggi tidak tepat – namun perangkat lunak bebas berbeda.

Perbedaannya adalah bahwa perangkat lunak bebas secara alami cenderung untuk menyebar di sekitar, dan ada banyak cara untuk mendapatkannya.

Penimbun perangkat lunak akan mencoba untuk menghentikan Anda dari menjalankan program berpemilik tanpa bayaran layak. Jika harga ini tinggi, itu membuat sulit bagi beberapa pengguna untuk menggunakan program ini.

Dengan perangkat lunak bebas, pengguna tidak perlu membayar biaya distribusi untuk menggunakan perangkat lunak. Mereka dapat menyalin program dari seorang teman yang memiliki salinan, atau dengan bantuan seorang teman yang memiliki akses jaringan. Atau beberapa pengguna dapat bergabung bersama-sama, membagi harga satu CD-ROM, maka setiap pada gilirannya dapat menginstal perangkat lunak. Sebuah harga CD-ROM yang tinggi bukanlah merupakan kendala utama, jika perangkat lunak bebas.

Akankah harga distribusi yang tinggi mengurangi penggunaan perangkat lunak bebas?

Masalah umum lainnya ialah kepopuleran dari perangkat lunak bebas. Orang-orang berpikir bahwa harga tinggi untuk mendistribusikan akan mengurangi jumlah pengguna, atau bahwa harga yang rendah akan mendorong pengguna.

Hal ini berlaku untuk perangkat lunak berpemilik – namun perangkat lunak bebas berbeda. Dengan begitu banyak cara untuk mendapatkan salinan, harga jasa distribusi tidak berpengaruh banyak pada popularitas.

Dalam jangka panjang, berapa banyak orang menggunakan perangkat lunak bebas akan ditentukan oleh berapa banyak perangkat lunak bebas dapat dilakukan, dan bagaimana mudahnya untuk digunakan. Banyak pengguna tidak membuat prioritas kebebasan mereka, mereka dapat terus menggunakan perangkat lunak berpemilik jika perangkat lunak bebas tidak dapat melakukan semua pekerjaan yang mereka ingin dilakukan. Jadi, jika kita ingin meningkatkan jumlah pengguna dalam jangka panjang, kita harus di atas semua mengembangkan perangkat lunak bebas.

Cara yang paling langsung untuk melakukan ini adalah dengan menulis diperlukan perangkat lunak bebas atau manual sendiri. Tetapi jika Anda melakukan distribusi daripada menulis, cara terbaik Anda dapat membantu adalah dengan mengumpulkan dana bagi orang lain untuk menulis mereka.

Istilah “menjual perangkat lunak” dapat membingungkan juga

Tegasnya, “menjual” berarti berdagang barang untuk uang. Menjual salinan program bebas adalah sah, dan kami mendukung hal tersebut.

Namun, ketika orang berpikir tentang “perangkat lunak menjual” , mereka biasanya membayangkan melakukannya dengan cara kebanyakan perusahaan melakukannya: membuat perangkat lunak berpemilik dan tidak bebas.

Jadi kecuali jika Anda akan menguraikan perbedaannya secara teliti, seperti pada tulisan ini, kami menyarankan lebih baik menghindari penggunaan “perangkat lunak menjual” istilah dan memilih istilah lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan “mendistribusikan perangkat lunak bebas dengan biaya”-yang tidak ambigu.

Tinggi atau rendahnya biaya, dan GNU GPL

Kecuali untuk satu situasi khusus, GNU General Public License (GNU GPL) tidak memiliki persyaratan tentang berapa banyak Anda bisa meminta bayaran untuk mendistribusikan salinan dari perangkat lunak bebas. Anda dapat mengisi apa-apa, sepeser pun, dolar, atau satu miliar dolar. Terserah Anda, dan pasar, jadi jangan komplain pada kami jika tak seorang pun ingin membayar satu milyar dollar untuk sebuah salinan.

Satu pengecualian adalah dalam kasus di mana binari didistribusikan tanpa source code yang lengkap. Mereka yang melakukan hal tersebut diwajibkan oleh GNU GPL untuk menyediakan source code jika diminta. Tanpa pembatasan biaya untuk source code tersebut, mereka akan ditetapkan dapat biaya terlalu besar bagi siapa pun untuk membayar-seperti satu miliar dolar-dan berpura-pura memberikan kode sumber padahal sebenarnya merahasiakannya. Jadi dalam hal ini kita harus membatasi biaya source untuk menjamin kebebasan pengguna. Dalam situasi biasa, Namun, tidak ada justifikasi untuk membatasi biaya pendistribusian, jadi kita tidak membatasi mereka.

Terkadang perusahaan yang melewati garis dinyatakan dalam GNU GPL memohon izin, mengatakan bahwa mereka “tidak akan membayar untuk perangkat lunak GNU” atau serupa itu. Itu tidak akan mendapatkan mereka di mana saja dengan kami. Perangkat lunak bebas adalah tentang kebebasan, dan menerapkan GNU GPL merupakan cara untuk mempertahankan kebebasan. Ketika kita mempertahankan kebebasan para pengguna, kita tidak terganggu oleh isu-isu samping seperti berapa banyak biaya distribusi. Kebebasan adalah masalah, masalah keseluruhan, dan satu-satunya isu.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

One response to “Berjualan Perangkat Lunak Bebas

  1. Cahya

    17 Juli 2011 at 1:04 AM

    Wah, nanti seperti kasusnya GarudaONE lagi, dibilang memreteli lisensi PCLinux OS untuk keuntungan pribadi.

    GNU/Linux sepertinya ada etika bahwa penjualan tidak diizinkan mengambil keuntungan berlebih, namun menerima biaya ganti dari pembuatan salinan tidak masalah. Itulah mengapa harga kopi distro di distrowatch tidak melambung jauh, demikian juga di toko Baliwae.

    Tentu saja ini bukan karena Lisensi GNU/Linux tidak mengizinkan, namun kebanyakan Linux sekarang sudah ditambal dengan proprietary software juga yang hanya didistribusikan untuk non-komersial.

    Jika mau mencari untung, mesti dilihat-lihat lagi, apakah murni GNU atau Linux-nya sudah dimodifikasi. Apalagi di Indonesia, masih gemar dengan MP3 bajakan, film bajakan dan lain-lain, mau GNU semua? Tanya lagi deh masing-masing individu. Jadi jangan sampai semangat kebebasan juga kebablasan – IMHO.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: