RSS

GNU Lesser General Public License

15 Jul

Versi 3, 29 Juni 2007

Semua orang diperbolehkan untuk menyalin dan mendistribusikan salinan sama persis dari dokumen lisensi ini, tetapi mengubahnya tidak diperbolehkan.

Versi dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser menggabungkan persyaratan dan kondisi dari versi 3 dari GNU General Public License, dilengkapi dengan izin tambahan yang tercantum di bawah.

0. Definisi tambahan.

Seperti digunakan disini, “Lisensi ini” mengacu pada versi 3 dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser, dan “GNU GPL” mengacu ke versi 3 dari GNU General Public License.

“Perpustakaan” mengacu pada sebuah karya tertutup diatur oleh Lisensi ini, selain Permohonan atau Kerja Gabungan sebagaimana didefinisikan di bawah.

Sebuah “Aplikasi” adalah setiap pekerjaan yang membuat penggunaan antarmuka yang disediakan oleh Perpustakaan, tetapi yang tidak dinyatakan berdasarkan Perpustakaan. Mendefinisikan sebuah subclass dari kelas didefinisikan oleh Perpustakaan dianggap modus menggunakan antarmuka yang disediakan oleh Perpustakaan.

Sebuah “Pekerjaan Gabungan” adalah karya yang dihasilkan dengan menggabungkan atau menghubungkan Permohonan dengan Perpustakaan. Versi khusus dari Perpustakaan yang Bekerja Gabungan dibuat juga disebut “Linked Version”.

The “Sumber Sesuai Minimal” untuk Kerja Gabungan berarti Source korespondensi untuk Karya Gabungan, termasuk kode sumber untuk bagian-bagian dari Kerja Gabungan itu, dipertimbangkan dalam isolasi, didasarkan pada Aplikasi, dan bukan pada Versi Linked.

“Aplikasi Kode Sesuai” untuk Kerja Gabungan berarti kode objek dan / atau kode sumber untuk aplikasi, termasuk data dan program utilitas yang diperlukan untuk mereproduksi Kerja Gabungan dari Aplikasi, tetapi tidak termasuk Perpustakaan Sistem Karya Gabungan.

1. Pengecualian untuk Bagian 3 dari GNU GPL.

Anda dapat menyampaikan pekerjaan yang tercakup dalam bagian 3 dan 4 dari Lisensi ini tanpa terikat oleh bagian 3 dari GNU GPL.

2. Menyampaikan Versi Modifikasi.

Jika Anda memodifikasi salinan Perpustakaan, dan, di modifikasi Anda, fasilitas mengacu ke fungsi atau data yang akan disediakan oleh Aplikasi yang menggunakan fasilitas (selain sebagai argumen berlalu ketika fasilitas dipanggil), maka Anda mungkin menyampaikan salinan versi modifikasi:

  • a) di bawah Lisensi ini, dengan syarat bahwa Anda melakukan upaya itikad baik untuk menjamin bahwa, dalam hal Permohonan tidak menyediakan fungsi atau data, fasilitas masih beroperasi, dan melakukan apa pun bagian dari tujuan yang tetap bermakna, atau
  • b) di bawah GNU GPL, dengan tidak ada hak akses tambahan Lisensi ini berlaku untuk menyalin itu.

3. Kode Obyek Menggabungkan File header Bahan dari Perpustakaan.

Kode bentuk objek Permohonan dapat menggabungkan bahan dari sebuah file header yang merupakan bagian dari Perpustakaan. Anda dapat menyampaikan kode objek seperti di bawah persyaratan pilihan Anda, dengan ketentuan bahwa, jika bahan dimasukkan tidak terbatas pada numerik, struktur layout parameter data dan accesor, atau macro kecil, fungsi inline dan template (sepuluh atau lebih sedikit baris di panjang), Anda melakukan keduanya sebagai berikut:

  • a) Berikan pemberitahuan yang jelas dengan setiap salinan dari kode objek yang digunakan Perpustakaan di dalamnya dan bahwa Perpustakaan dan penggunaannya tercakup oleh Lisensi ini.
  • b) Menemani kode objek dengan salinan dari GNU GPL dan dokumen lisensi ini.

4. Gabungan Pekerjaan.

Anda dapat menyampaikan Kerja Gabungan dengan persyaratan pilihan anda itu, diambil bersama-sama, secara efektif tidak membatasi modifikasi bagian dari Perpustakaan terkandung dalam Kerja Gabungan dan reverse engineering untuk debugging modifikasi seperti itu, jika Anda juga melakukan setiap hal berikut:

  • a) Berikan pemberitahuan yang jelas dengan setiap salinan dari Kerja Gabungan bahwa Perpustakaan yang digunakan di dalamnya dan bahwa Perpustakaan dan penggunaannya tercakup oleh Lisensi ini.
  • b) Menemani Kerja Gabungan dengan salinan dari GNU GPL dan dokumen lisensi ini.
  • c) Untuk Kerja Gabungan yang menampilkan pemberitahuan hak cipta selama eksekusi, termasuk pemberitahuan hak cipta untuk Perpustakaan antara pemberitahuan ini, serta referensi mengarahkan pengguna ke salinan dari GNU GPL dan dokumen lisensi ini.
  • d) Lakukan salah satu dari berikut:
    • 0) Sampaikan Source Sesuai Minimal bawah persyaratan Lisensi ini, dan Kode Aplikasi Sesuai dalam bentuk yang cocok untuk, dan di bawah persyaratan yang memungkinkan, pengguna untuk bergabung atau relink Aplikasi dengan versi modifikasi dari Versi Terkait dengan menghasilkan dimodifikasi Kerja Gabungan, dalam cara yang ditentukan oleh pasal 6 dari GNU GPL untuk menyampaikan Sumber Sesuai.
    • 1) Gunakan mekanisme shared library yang cocok untuk menghubungkan dengan Perpustakaan. Mekanisme yang sesuai adalah salah satu yang (a) menggunakan pada saat menjalankan salinan Perpustakaan sudah ada pada sistem komputer pengguna, dan (b) akan beroperasi dengan baik dengan versi modifikasi dari Perpustakaan yang adalah interface yang kompatibel dengan versi Linked.
  • e) Memberikan Informasi Instalasi, tetapi hanya jika Anda sebaliknya akan diminta untuk memberikan informasi seperti di bawah bagian 6 dari GNU GPL, dan hanya sejauh bahwa informasi tersebut diperlukan untuk menginstal dan menjalankan versi modifikasi dari Kerja Gabungan yang dihasilkan oleh rekombinasi atau relinking Aplikasi dengan versi modifikasi dari Versi Linked. (Jika Anda menggunakan pilihan 4d0, Informasi Instalasi harus menemani Source Sesuai Minimal dan Kode Aplikasi Sesuai Jika Anda menggunakan pilihan 4d1, Anda harus menyediakan Informasi Instalasi di cara yang ditentukan oleh pasal 6 dari GNU GPL untuk menyampaikan Sumber Sesuai..)

5. Gabungan Perpustakaan.

Anda dapat menempatkan fasilitas perpustakaan yang merupakan kerja berdasarkan sisi Perpustakaan berdampingan di satu perpustakaan bersama-sama dengan fasilitas perpustakaan lainnya yang tidak Aplikasi dan tidak tercakup oleh Lisensi ini, dan menyampaikan seperti perpustakaan gabungan dalam hal pilihan Anda, jika Anda melakukan keduanya sebagai berikut:

  • a) Menemani perpustakaan dikombinasikan dengan salinan karya yang sama berdasarkan Perpustakaan, bentuk bebas dengan fasilitas perpustakaan lainnya, disampaikan di bawah persyaratan Lisensi ini.
  • b) Berikan pemberitahuan yang jelas dengan perpustakaan gabungan yang bagian dari itu adalah suatu karya yang berdasarkan Perpustakaan, dan menjelaskan di mana untuk menemukan bentuk bentuk bebas yang menyertai pekerjaan yang sama.

6. Revisi Versi Public License GNU Lesser General.

Free Software Foundation diperbolehkan menerbitkan versi revisi dan / atau versi baru dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser dari waktu ke waktu. Versi baru semacam itu akan memiliki semangat yang sama dengan versi sebelumnya, tapi dapat berbeda detil untuk menangani problem baru atau perhatian baru.

Setiap versi diberikan nomor versi yang membedakan. Jika Perpustakaan saat Anda menerimanya menetapkan bahwa nomor versi tertentu dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser “atau versi” berlaku untuk itu, Anda memiliki pilihan untuk mengikuti syarat dan kondisi dari versi yang dipublikasikan atau versi yang lebih baru diterbitkan oleh Free Software Foundation. Jika Perpustakaan sebagai Anda terima tidak menentukan nomor versi dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser, Anda dapat memilih versi dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser yang pernah diterbitkan oleh Free Software Foundation.

Jika Perpustakaan saat Anda menerimanya menetapkan bahwa proxy dapat memutuskan apakah versi masa depan dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser berlaku, pernyataan publik bahwa proxy penerimaan versi apapun otorisasi permanen bagi Anda untuk memilih versi yang untuk Perpustakaan.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

2 responses to “GNU Lesser General Public License

  1. Ade Malsasa Akbar

    5 Oktober 2011 at 12:43 AM

    Saya sangat senang padahal baru membaca nama blog Anda. Saya sengaja mencari sahabat yang konsisten. judul sesuai dengan isi. Wih, senangnya.

    Saya pribadi belum perrnah membahas GNU GPL seperti ini. Buat saya, itu masih terlalu berat. Namun saya sangat menghargai usaha Anda. Masalahnya, kok rasanya artikel ini seperti terjemahan terikat, ya?

    Pokoknya salam hangat dan jabat erat,

    Ade Malsasa Akbar
    http://malsasa.tk

     
    • icalredhat

      7 Oktober 2011 at 2:11 AM

      makasihh mas ts pujian nya . . .

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: