RSS

Cara menggunakan lisensi GNU untuk perangkat lunak Anda sendiri

14 Jul

Ini adalah penjelasan singkat tentang bagaimana untuk menempatkan program di bawah GNU General Public License , License Lesser General Public , atau Affero General Public License . Untuk Lisensi Dokumentasi Bebas GNU , kami memiliki halaman terpisah .

Jika Anda mencari informasi lebih rinci, pertimbangkan meneliti daftar kami pertanyaan yang sering diajukan tentang lisensi kami .

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan GNU Lesser General Public License, silakan baca artikel ” Mengapa anda sebaiknya tidak menggunakan LGPL untuk perpustakaan Anda berikutnya “pertama. Artikel ini menjelaskan mengapa mungkin lebih baik menggunakan GPL biasa, bukan, dan bagaimana kita akan membuat keputusan.

Apapun lisensi Anda berencana untuk menggunakan, proses melibatkan penambahan dua elemen untuk setiap file sumber program anda: pemberitahuan hak cipta (seperti “Copyright 1999 Terry Jones”), dan pernyataan menyalin izin, mengatakan bahwa program ini didistribusikan di bawah ketentuan dari GNU General Public License (atau Lesser GPL).

Pemberitahuan hak cipta harus mencakup tahun di mana Anda selesai mempersiapkan rilis (jadi jika Anda selesai pada 1998 tapi tidak pernah mengirim sampai 1999, menggunakan 1998). Anda harus menambahkan tahun yang tepat untuk setiap rilis, misalnya, “Hak cipta 1998, 1999 Terry Jones” jika beberapa versi selesai pada tahun 1998 dan beberapa selesai pada tahun 1999. Jika beberapa orang membantu menulis kode, menggunakan semua nama mereka.

Untuk perangkat lunak dengan beberapa rilis selama beberapa tahun, tidak apa-apa untuk menggunakan berbagai (“2008-2010”), bukan tahun daftar individu (“2008, 2009, 2010”) jika dan hanya jika setiap tahun dalam kisaran, inklusif, benar-benar sebuah “copyrightable” tahun yang akan terdaftar secara individual, dan Anda membuat pernyataan eksplisit dalam dokumentasi Anda tentang penggunaan ini.

Selalu menggunakan kata “Hak Cipta” Inggris; oleh konvensi internasional, ini digunakan di seluruh dunia, bahkan untuk bahan dalam bahasa lain. Simbol hak cipta “©” dapat dimasukkan jika Anda ingin (dan set karakter Anda mendukungnya), tapi itu tidak perlu. Tidak ada signifikansi hukum untuk menggunakan urutan tiga-karakter “(C)”, meskipun tidak membahayakan.

Anda juga harus menyertakan salinan dari lisensi itu sendiri di suatu tempat dalam distribusi program anda. Semua program, apakah mereka dirilis di bawah GPL atau LGPL, harus mencakup versi teks GPL . Dalam program lisensi GNU biasanya di sebuah file bernama COPYING.

Jika Anda melepaskan program Anda di bawah LGPL, Anda juga harus menyertakan versi teks dari LGPL , biasanya dalam file yang disebut COPYING.LESSER. Harap dicatat bahwa, karena LGPL adalah seperangkat hak akses tambahan di atas GPL, penting untuk memasukkan kedua lisensi sehingga pengguna memiliki semua bahan yang mereka butuhkan untuk memahami hak-hak mereka.

Jika Anda melepaskan program anda di bawah AGPL GNU, Anda hanya perlu menyertakan versi teks dari AGPL GNU .

Jika Anda telah menyalin kode dari program lain yang dicakup oleh lisensi yang sama, salinan pemberitahuan hak cipta mereka juga. Masukkan semua pemberitahuan hak cipta bersama-sama, tepat di dekat bagian atas setiap file.

Hal ini sangat penting untuk alasan praktis untuk memasukkan informasi kontak untuk bagaimana menghubungi Anda, mungkin di file README, tapi ini tidak ada hubungannya dengan masalah hukum menerapkan lisensi.

Pernyataan ijin menyalin harus datang tepat setelah pernyataan hak cipta. Untuk program satu-file, pernyataan (untuk GPL) akan terlihat seperti ini:

Program ini adalah perangkat lunak bebas: Anda dapat menyebarluaskannya dan / atau memodifikasi
di bawah persyaratan Lisensi Publik Umum GNU seperti yang diterbitkan oleh
Yayasan Perangkat Lunak Bebas, baik versi 3 dari Lisensi, atau
(Dengan pilihan Anda) versi selanjutnya.

Program ini didistribusikan dengan harapan bahwa itu akan berguna,
tetapi TANPA JAMINAN APAPUN; bahkan tanpa jaminan tersirat
PENJUALAN atau KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU. Lihat
GNU General Public License untuk rincian lebih lanjut.

Anda seharusnya menerima sebuah salinan GNU General Public License
bersama dengan program ini. Jika tidak, lihat.

Untuk program yang lebih dari satu file, lebih baik untuk menggantikan “program ini” dengan nama program, dan mulai pernyataan dengan garis mengatakan “File ini adalah bagian dari NAMA”. Misalnya,

File ini merupakan bagian dari Foobar.

Foobar adalah perangkat lunak gratis: Anda dapat menyebarluaskannya dan / atau memodifikasi
di bawah persyaratan Lisensi Publik Umum GNU seperti yang diterbitkan oleh
Yayasan Perangkat Lunak Bebas, baik versi 3 dari Lisensi, atau
(Dengan pilihan Anda) versi selanjutnya.

Foobar didistribusikan dengan harapan bahwa itu akan berguna,
tetapi TANPA JAMINAN APAPUN; bahkan tanpa jaminan tersirat
PENJUALAN atau KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU. Lihat
GNU General Public License untuk rincian lebih lanjut.

Anda seharusnya menerima sebuah salinan GNU General Public License
bersama dengan Foobar. Jika tidak, lihat.

Pernyataan ini harus pergi dekat awal setiap file sumber, dekat dengan pemberitahuan hak cipta. Bila menggunakan Lesser GPL, masukkan kata “Lesser” sebelum “Umum” di semua tiga tempat. Bila menggunakan AGPL GNU, masukkan kata “Affero” sebelum “Umum” di semua tiga tempat.

Untuk program interaktif, biasanya ide yang baik untuk membuat program mencetak pemberitahuan singkat tentang hak cipta dan ijin menyalin ketika itu dimulai. Lihat akhir dari GNU GPL untuk informasi lebih lanjut tentang ini.

Jika Anda melepaskan program anda di bawah AGPL GNU, dan dapat berinteraksi dengan pengguna melalui jaringan, program harus menawarkan sumber untuk para pengguna dalam beberapa cara. Sebagai contoh, jika program anda adalah sebuah aplikasi web, interface-nya bisa menampilkan “Sumber” link yang mengarah pengguna untuk sebuah arsip kode. Para AGPL GNU cukup fleksibel bahwa Anda dapat memilih metode yang cocok untuk bagian tertentu Anda program-lihat 13 untuk rincian.

Tidak ada persyaratan hukum untuk mendaftarkan hak cipta Anda dengan siapa pun, cukup mendistribusikan program membuat hak cipta. Namun, adalah ide yang sangat baik untuk mendaftarkan hak cipta dengan Registry AS Hak Cipta, karena yang menempatkan Anda dalam posisi yang kuat terhadap siapa pun yang melanggar lisensi di AS. Sebagian besar negara-negara lain tidak memiliki sistem pendaftaran hak cipta.

Adalah bijaksana untuk meminta majikan atau sekolah Anda, jika ada, untuk menandatangani disclaimer hak cipta untuk bekerja, sehingga mereka tidak dapat mengklaim memegang nanti. Di bawah ini adalah disclaimer hak cipta sampel; hanya mengubah nama dan deskripsi program sesuai:

Yoyodyne, Inc, dengan ini menyanggah kepentingan semua hak cipta dalam program “Gnomovision” (yang membuat lewat di compiler) yang ditulis oleh James Hacker.

Moe, 1 April 1989
Moe Ghoul, Wakil Presiden

Kami ingin daftar semua program perangkat lunak bebas pada Direktori Perangkat Lunak Bebas, termasuk semua program berlisensi GPL (versi). Silakan lihat halaman Direktori web untuk informasi dan formulir pendaftaran online.

Hal ini juga memungkinkan untuk membuat program anda paket GNU, sebuah bagian dari proyek GNU. (Itu jika kita seperti program-kita harus melihat dulu, dan memutuskan.) Jika Anda mungkin tertarik untuk bergabung dengan proyek GNU dengan cara ini, silakan lihat kami GNU halaman perangkat lunak evaluasi untuk informasi lebih lanjut dan kuesioner singkat .

Tapi Anda dipersilakan untuk menggunakan salah satu lisensi kita bahkan jika program Anda tidak paket GNU, memang, kami berharap Anda akan. Mereka tersedia untuk semua orang. Jika Anda ingin mengiklankan penggunaan lisensi tertentu, merasa bebas untuk menggunakan salah satu dari logo kami .

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: