RSS

GNU Pengguna yang belum pernah mendengarnya dari GNU

13 Jul

Kebanyakan orang belum pernah mendengar tentang GNU. Bahkan sebagian besar orang yang menggunakan sistem GNU tidak pernah mendengar tentang GNU, terima kasih kepada begitu banyak orang dan perusahaan yang mengajar mereka menyebutnya “Linux”. Meskipun demikian, nama GNU memiliki asosiasi tertentu, yang orang akan menemukan begitu mereka mendengar nama. GNU dikaitkan dengan cita-cita kebebasan gerakan perangkat lunak bebas. Bahwa asosiasi bukan kebetulan, motif untuk mengembangkan GNU khusus untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan komputer dan memiliki kebebasan.

Hubungan antara nama GNU dan tujuan kita kebebasan dan solidaritas sosial ada dalam pikiran ratusan ribu pengguna GNU / Linux yang tahu tentang GNU. Ini ada di Wikipedia. Dan itu ada di web, jika ini pencarian pengguna untuk GNU, mereka akan menemukan www.gnu.org , yang berbicara tentang perangkat lunak bebas dan kebebasan.

Seseorang melihat nama “GNU” untuk pertama kalinya dalam “GNU / Linux” tidak akan segera mengasosiasikannya dengan apa pun. Namun, ketika orang tahu bahwa sistem pada dasarnya GNU, yang membawa mereka selangkah lebih dekat untuk belajar tentang cita-cita kita. Misalnya, mereka mungkin menjadi penasaran dan mencari informasi lebih lanjut tentang GNU.

Jika mereka tidak mencarinya, mungkin mereka hadapi tetap. The “open source” retorika cenderung untuk memimpin perhatian orang menjauh dari isu-isu kebebasan pengguna, namun tidak sepenuhnya, masih ada diskusi GNU dan perangkat lunak bebas, dan orang-orang memiliki beberapa kesempatan untuk datang di atasnya. Ketika itu terjadi, pembaca lebih cenderung memperhatikan informasi tentang GNU (seperti bahwa itu karya kampanye untuk kebebasan dan masyarakat) jika dia tahu dia adalah pengguna dari sistem GNU.

Seiring waktu, menyebut sistem “GNU / Linux” menyebar kesadaran cita-cita kebebasan yang kami mengembangkan sistem GNU. Hal ini juga berguna sebagai pengingat bagi orang-orang dalam komunitas kita yang tahu tentang cita-cita, di dunia di mana banyak diskusi tentang perangkat lunak bebas mengambil pendekatan (dan dengan demikian amoral) benar-benar praktis. Ketika kami meminta Anda untuk memanggil sistem “GNU / Linux”, kita melakukannya karena kesadaran GNU perlahan tapi pasti membawa dengan itu kesadaran akan cita-cita perangkat lunak bebas kebebasan dan masyarakat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: