RSS

Membuat Linux lebih cepat, lebih ringan dan lebih kuat (6)

12 Jul

6. Mempercepat Perangkat Lunak Anda

Hampir semua aplikasi yang matang memiliki opsi tersembunyi di GUI yang dapat meningkatkan kinerja mereka pada sistem Anda, jadi jika kami telah memberikan Anda bug tweaker ada banyak ruang untuk eksperimen lebih lanjut.

Apakah Anda mencukur beberapa detik waktu boot dari OpenOffice.org atau memperbaiki tulang punggung dari sistem anda, aplikasi yang membentuk sistem Linux Anda adalah apa itu semua tentang.

Cermin tercepat

Buka terminal root dan ketik:

yum install yum-fastestmirror

Plugin ini Yum terkenal memastikan bahwa Anda selalu men-download paket dari cermin tercepat, yang dapat menghemat menit di download distro besar.

Hindari mengecek kembali

Setiap kali anda memperbarui atau menginstal paket Yum memiliki kecenderungan untuk kembali men-download semua paket metadata dari setiap server, yang tidak ideal untuk pengguna dengan koneksi yang lambat. Anda dapat mengatasi ini dengan men-download seluruh cache dalam satu pergi dan memungkinkan Yum untuk kemudian merujuk ini daripada sumber online.

Jalankan terminal root dan ketik:

yum checkcache

Kami sarankan Anda menjalankan perintah ini minimal sekali seminggu untuk menjaga daftar up to date.

Cepat OpenOffice.org

Kita sering kecapi tentang bagaimana OpenOffice.org lambat, tetapi tidak harus seperti itu. Dengan hanya satu tweak Anda dapat memperbaiki masalah, dan dengan perubahan lebih lanjut OpenOffice.org terbaru dapat berjalan di hardware jauh lebih tua.

Jadi, sebelum Anda office suite selokan ini selamanya dan menggunakan AbiWord dan Gnumeric gantinya, cobalah monkeying dengan pengaturan bawah Tools> Pilihan> Memori untuk mengurangi jumlah RAM yang OOo mengunyah.

Satu mudah tweak di sini bahwa kami sarankan adalah untuk mengurangi jumlah membatalkan langkah dari nilai default 100 ke suatu tempat antara 20 dan 30. Dengan cara itu Anda menggunakan memori kurang dari sebelumnya, tapi masih mendapatkan manfaat dari memiliki fungsi undo.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah untuk mengaktifkan starter Systray cepat (di bawah jendela). Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan sebuah instance dari OOo dalam cache, sehingga Anda bisa restart lebih cepat.

OOo

MEMORY LAPAR: Membuat OOo lebih efisien di Tools> Options> Memori

Meningkatkan Cache grafis

Pada sistem dengan RAM dibawah 512MB, menggunakan cache grafis antara 32MB dan 64MB, tetapi untuk sistem dengan 512MB atau lebih kami sarankan ukuran cache minimal 128MB, sebagai memori tambahan akan membantu aplikasi besar seperti OOo dijalankan yang sedikit lebih cepat .

Hapus item dari memori

Juga dalam dialog OpenOffice.org Memori kita dapat menentukan berapa lama daun OOo hal sebelum Cache menyegarkan. Pada sistem dengan RAM 256MB atau kurang kami sarankan pengaturan refresh untuk 00:30 (setiap 30 menit) sebagai ulang lebih sering akan menyebabkan OOo untuk mengunci atau menjadi lamban. Untuk pengguna yang lebih tinggi-end sistem, default 10-menit biasanya baik-baik saja.

Membersihkan Yum

Untuk ketenangan pikiran dan ruang disk lebih masuk akal untuk memastikan bahwa cache Yum itu tidak mengandung paket berlebihan. Untuk melakukannya, buka terminal root dan ketik:

yum membersihkan semua

Pastikan Anda menjalankan ini sebelum Anda melakukan optimisations lain untuk Yum, sebagai operasi ini akan mengatur ulang mereka.

Cobalah Opera

Ini hanya mungkin bebas seperti dalam bir dan tidak seperti dalam pidato, tetapi Opera adalah alternatif yang ringan dan sangat mampu untuk Firefox yang sudah cukup cepat bahkan tanpa tweak optimasi. Ini mengintegrasikan alat tambahan untuk menangani email, file sharing dan bahkan chatting IRC.

Komunitas Opera telah mengembangkan ribuan kulit dan plugin, dan dengan rilis terbaru ruang web pribadi dan bahkan server web pribadi telah disertakan secara gratis.

Opera

SPACE ANDA SENDIRI: Opera sudah termasuk beberapa ruang web gratis dan web server dengan edisi terbaru

Instal apt-cepat

Script apt-cepat dapat memberikan meningkatkan kecepatan besar untuk manajemen paket, seperti kita menggunakan Axel sebagai drop-in download manager pengganti Aptitude daripada wget tradisional.

Anda perlu menginstal Axel melalui Aptitude dan kemudian membuka teks editor dengan hak akses root dan paste kode shell dari sini langsung ke file. Maka kami sarankan Anda menyimpan sebagai / usr / local / bin / apt-cepat (tanpa ekstensi) dan tutup editor teks sebelum membuka terminal root dan mengetik:

chmod + x / usr / local / bin / apt-cepat

Untuk menggunakan script, coba ini sebagai root:

apt-cepat menginstal packagename

… Atau hanya menggunakan apt-cepat update dan apt-cepat meng-upgrade untuk memperbarui semua paket Anda. Script mungkin lambat dalam beberapa kasus, sebagai tweak Anda dibuat untuk Aptitude tidak akan berlaku untuk script, dan Axel tidak menggunakan cache Aptitude itu.

Dapatkan cermin download yang lebih baik

Kepala ke Sistem>> Software Sources Administrasi di Gnome dan pilih lain dari menu drop-down di sebelah Lokasi Server. Lalu klik Pilih Server terbaik dan menunggu pemeriksaan selesai. Bila ini selesai, tutup jendela dan membiarkan distro Anda memperbarui sumber.

Masalah yang umum dengan metode ini adalah bahwa jendela update dapat membekukan dan pergi abu-abu. (Ini adalah masalah yang diketahui dengan versi Ubuntu.) Hal ini dapat diatasi dengan menutup jendela (menggunakan Force Quit applet Gnome jika perlu dengan mengklik kanan panel dan memilih Tambahkan ke Panel) dan kemudian menjalankan Add / Remove Software memperbarui sumber.

Menghentikan Jawa

JRE pada OpenOffice.org adalah penyebab utama untuk pemula lambat. Anda tidak perlu JRE untuk menjalankan dalam satu hari untuk lingkungan hari, sehingga Anda dapat dengan aman menonaktifkan, dan dalam hal Anda perlu JRE Anda dapat dengan cepat mengaktifkannya kembali.

Cukup kepala ke Tools> Options dan pilih Jawa di kotak sebelah kiri. Untuk menonaktifkan JRE cukup hapus centang pada kotak di samping Gunakan A Java Runtime Environment.

Menghapus paket lama

Jalankan ini untuk menghapus dependancies yatim piatu pada APT:

apt-get autoremove

dan untuk menghapus file paket semua dari cache:

apt-get clean

Gunakan autoclean bukannya bersih untuk menghilangkan versi lama paket. Pastikan Anda root!

Mengurangi sejarah

Dengan mengurangi jumlah sejarah bahwa opera membuat kita dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memulai dan juga mengurangi Opera reload sejarah setiap lima jam. Hal ini dicapai dengan menuju ke Tools> Preferences dan klik pada tab Advanced.

Pilih Riwayat dari sisi kiri dan kemudian klik Clear pada bagian Alamat. Kemudian mengatur nilai sebagai sesuatu yang dari 0 sampai 1.000, yang akan jauh kurang dari default. Anda juga dapat hapus centang Ingat Konten Pada Halaman yang dikunjungi untuk menghemat ruang disk lebih lanjut.

Hei Presto

Kadang-kadang update bervariasi sangat sedikit dari download mereka sebelumnya, terutama jika itu hanya memperbaiki bug. Jika Anda ingin men-download hanya perubahan, jalankan sebagai root untuk menginstal plugin Presto untuk Yum:

yum install yum-presto

Nonaktifkan menyelesaikan nama

Pengguna dengan low-end sistem mungkin menemukan bahwa gambar dan auto-menyelesaikan bar navigasi di Opera dapat menjadi sedikit lambat di kali. Kita bisa memperbaiki isu pertama dengan menonaktifkan Turbo, yang pra-menarik gambar sebelum mereka dimuat.

Lihat di about: config untuk opsi Turbo Mode di Prefs Pengguna, kemudian hapus centang. Untuk menonaktifkan selesainya nama, pilih Tools> Preferences> Advanced> Jaringan> Server nama selesai, kemudian hapus centang Diperhatikan Mesin Jaringan Lokal.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Juli 2011 in Tips and Trick

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: