RSS

Menjalankan Aplikasi Photoshop CS 5 di Ubuntu

10 Jul

Hal yang sering saya temui ketika bertemu rekan sejawat yang kebetulan berprofesi Desainer (Grafis) adalah menanyakan padanan aplikasi desain di OS Linux. Beberapa diantaranya ada yang mengeluh tentang kemampuan Aplikasi olah Grafis di OS Linux yang menurut mereka kurang begitu nyaman ketika digunakan seperti GIMP atau INKSCAPE, walaupun sebetulnya jika sudah dikuasai dengan baik kemampuan aplikasi-aplikasi tersebut tidak kalah mumpuni dengan aplikasi olah Grafis yang mahal harganya semacam Photoshop dan Coreldraw.

Photoshop CS2

Solusi

Salah satu solusi untuk menjalankan APlikasi-aplikasi olah Grafis yang diperuntukan untuk OS Windows adalah dengan menggunakan wine (Free) atau Crossover (Versi berbayar),  tetapi metode ini juga tidak 100% menjamin semua aplikasi bisa dijalankan, terutama aplikasi-aplikasi mutakhir, untuk mengetahui daftar aplikasi yang didukung/bisa berjalan di Wine atau crossover anda bisa melihatnya di official website mereka.

Lalu kemudian bagaimana solusinya? ambil contoh aplikasi photoshop yg bisa diinstall dengan baik menggunakan wine hanya baru mendukung sampai versi CS 2 dan Dreamweaver hanya sampai versi MX. untuk mensiasati agar kita bisa menjalankan aplikasi Photoshop CS 5 maka salah satu caranya adalah menjalankan versi Portablenya.

Photoshop CS 5

Membuat Photoshop CS 5 Portabel

untuk membuat aplikasi photoshop portabel (Pastikan anda memiliki versi Original atau bisa menggunakan versi trialnya – download di web resminya) kemudian pergunakan aplikasi pembuat  software Portabel semacam ThinApp dari VMware (Bisa coba versi trialnya) untuk membuat Photoshop CS 5 menjadi portabel dan lakukan proses ini di OS windows, karena yang kita lakukan adalah “Capturing” Proses Instalasinya sehingga semua Library (DLL) yang diperlukan akan tersimpan dalam aplikasi portabel kita nantinya.  selain menggunakan ThinApp kita juga bisa menggunakan Aplikasi yang free  seperti Cameyo, JauntyPE dll. untuk Aplikasi kecil dengan file instalasi tunggal bisa coba menggunakan Universal extractor. Disini saya tidak menjelaskan detail proses pembuatannya, anda bisa baca langsung panduan resmi dari aplikasi-aplikasi diatas.

Hasil dari pembuatan Aplikasi Portabel diatas bisa sahabat coba jalankan di UBUNTU dengan mengklik file EXE menggunakan Wine atau Crossover, jika prosesnya benar biasanya aplikasi bisa langsung berjalan dengan baik hanya saja ada kelemahnnya yaitu loading aplikasi yg 3x lebih lama dibandingkan loading di OS Windows.

Photoshop CS 5

Corel Draw X3

Selamat Mencoba,…

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Juli 2011 in Aplikasi, Tips and Trick, Ubuntu

 

Tag:

2 responses to “Menjalankan Aplikasi Photoshop CS 5 di Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: