RSS

Siapa yang benar-benar server yang melayani?

09 Jul

Di Internet, perangkat lunak berpemilik tidak satu-satunya cara untuk kehilangan kebebasan Anda. Perangkat Lunak sebagai Layanan adalah cara lain untuk membiarkan orang lain memiliki kekuasaan atas komputasi Anda.

Latar Belakang: Bagaimana Proprietary Software Membawa Jauh Kebebasan Anda

Teknologi digital dapat memberikan Anda kebebasan, tetapi juga dapat mengambil kebebasan Anda pergi. Ancaman pertama untuk kendali kami atas komputasi kami datang dari perangkat lunak berpemilik: bahwa perangkat lunak pengguna tidak dapat mengontrol karena pemilik (perusahaan seperti Apple atau Microsoft) mengontrol itu. Pemiliknya sering mengambil keuntungan dari kekuatan ini tidak adil dengan memasukkan fitur berbahaya seperti spyware, pintu belakang, dan Digital Pembatasan Manajemen (DRM) (disebut sebagai “Digital Rights Management” dalam propaganda mereka).

Solusi kami untuk masalah ini adalah mengembangkan perangkat lunak bebas dan menolak perangkat lunak berpemilik. Perangkat lunak bebas berarti bahwa Anda, sebagai pengguna, memiliki empat kebebasan yang esensial: (0) untuk menjalankan program seperti yang anda inginkan, (1) untuk mempelajari dan mengubah kode sumber sehingga tidak apa yang Anda inginkan, (2) untuk mendistribusikan salinan tepat , dan (3) untuk mendistribusikan salinan versi modifikasi Anda. (Lihat definisi perangkat lunak bebas .)

Dengan perangkat lunak bebas, kita, pengguna, mengambil kembali kendali komputasi kami. Perangkat lunak berpemilik masih ada, tetapi kita dapat mengecualikan dari kehidupan kita dan banyak dari kita telah melakukannya. Namun, sekarang kita menghadapi ancaman baru untuk kendali kami atas komputasi kami: Software sebagai Service. Demi kebebasan kita, kita harus menolak itu juga.

Bagaimana Perangkat Lunak sebagai Layanan Membawa Jauh Kebebasan Anda

Software sebagai Service (SaaS) berarti seseorang yang menentukan server jaringan yang tidak tertentu tugas komputasi berjalan spreadsheet, pengolah kata, menerjemahkan teks ke dalam bahasa lain, dll-kemudian mengundang pengguna untuk melakukan komputasi mereka pada server. Pengguna mengirim data mereka ke server, yang melakukan komputasi pada data sehingga disediakan, kemudian mengirimkan hasilnya kembali atau tindakan pada mereka secara langsung.

Server-server ini merebut kendali dari para pengguna bahkan lebih tak terelakkan dari perangkat lunak berpemilik. Dengan perangkat lunak berpemilik, pengguna biasanya mendapatkan file eksekusi, tetapi bukan kode sumber. Itu membuat sulit bagi programmer untuk mempelajari kode yang berjalan, sehingga sulit untuk menentukan program apa yang benar-benar, dan sulit untuk mengubahnya.

Dengan SaaS, pengguna tidak memiliki bahkan file eksekusi: itu adalah pada server, di mana pengguna tidak dapat melihat atau menyentuhnya. Sehingga mustahil bagi mereka untuk memastikan apa itu benar-benar, dan tidak mungkin untuk mengubahnya.

Selanjutnya, SaaS secara otomatis mengarah pada konsekuensi berbahaya setara dengan fitur berbahaya dari perangkat lunak berpemilik tertentu. Sebagai contoh, beberapa program berpemilik “spyware”: program mengirimkan data tentang kegiatan komputasi pengguna. Microsoft Windows mengirimkan informasi tentang kegiatan pengguna ke Microsoft. Windows Media Player dan RealPlayer melaporkan apa yang setiap pengguna arloji atau mendengarkan.

Tidak seperti perangkat lunak berpemilik, SaaS tidak memerlukan kode rahasia untuk memperoleh data pengguna. Sebaliknya, pengguna harus mengirim data mereka ke server untuk menggunakannya. Hal ini memiliki efek yang sama sebagai spyware: operator server akan data. Dia mendapatkannya dengan tidak ada upaya khusus, oleh sifat SaaS.

Beberapa program berpemilik yang dapat memperlakukan pengguna di bawah perintah remote. Misalnya, Windows memiliki pintu belakang dengan yang Microsoft paksa dapat mengubah perangkat lunak pada mesin. Amazon Kindle e-book reader (yang namanya menunjukkan itu dimaksudkan untuk membakar buku-buku orang) memiliki pintu Orwellian kembali bahwa Amazon digunakan pada tahun 2009 untuk jarak jauh menghapus salinan Kindle buku Orwell 1984 dan Animal Farm yang pengguna telah dibeli dari Amazon.

SaaS inheren memberikan server operator kekuatan untuk mengubah perangkat lunak digunakan, atau data pengguna sedang dioperasi. Sekali lagi, tidak ada kode khusus diperlukan untuk melakukan hal ini.

Dengan demikian, SaaS adalah setara dengan spyware total dan pintu belakang menganga lebar, dan memberikan kekuatan server operator tidak adil atas pengguna. Kita tidak bisa menerima itu.

Untangling Masalah SaaS dari Masalah Software Proprietary

SaaS dan perangkat lunak berpemilik menyebabkan hasil yang berbahaya serupa, tetapi mekanisme kausal yang berbeda. Dengan perangkat lunak berpemilik, penyebabnya adalah bahwa Anda memiliki dan menggunakan salinan yang sulit atau ilegal untuk mengubah. Dengan SaaS, penyebabnya adalah bahwa Anda menggunakan salinan Anda tidak memiliki.

Kedua isu sering bingung, dan tidak hanya oleh kecelakaan. Pengembang web menggunakan istilah “aplikasi web” samar benjolan perangkat lunak server bersama dengan program berjalan pada mesin Anda pada browser Anda. Beberapa halaman web menginstal program JavaScript trivial atau bahkan besar sementara ke dalam browser anda tanpa memberitahu anda. Ketika program-program JavaScript nonfree , mereka seburuk perangkat lunak nonfree lainnya. Namun, di sini kita prihatin dengan masalah perangkat lunak server itu sendiri.

Banyak pendukung perangkat lunak bebas berasumsi bahwa masalah SaaS akan dipecahkan dengan mengembangkan perangkat lunak bebas untuk server. Demi operator server, program di server yang lebih baik bebas, jika mereka adalah proprietary, pemiliknya memiliki kekuasaan atas server. Itu tidak adil bagi operator, dan tidak membantu Anda sama sekali. Tetapi jika program di server bebas, yang tidak melindungi Anda sebagai pengguna server dari efek SaaS. Mereka memberikan kebebasan untuk operator, tetapi tidak untuk Anda.

Melepaskan kode server perangkat lunak sumber tidak menguntungkan masyarakat: pengguna terampil sesuai dapat mengatur server yang serupa, mungkin mengubah perangkat lunak. Namun tidak satupun dari server ini akan memberikan Anda kontrol atas komputer Anda lakukan di atasnya, kecuali jika server Anda. Sisanya semua akan SaaS. SaaS selalu subyek Anda dengan kekuatan dari operator server, dan obat-satunya adalah, Jangan gunakan SaaS! Jangan gunakan server orang lain untuk melakukan komputasi Anda sendiri pada data yang disediakan oleh Anda.

Membedakan SaaS dari Layanan Jaringan Lainnya

Apakah menghindari SaaS berarti Anda menolak untuk menggunakan server jaringan apapun dijalankan oleh siapapun selain Anda? Tidak sama sekali. Kebanyakan server tidak mengangkat masalah ini, karena pekerjaan yang Anda lakukan dengan mereka adalah tidak komputasi sendiri, kecuali dalam arti sepele.

Tujuan asli dari server web tidak untuk melakukan komputasi untuk Anda, itu adalah untuk mempublikasikan informasi bagi Anda untuk mengakses. Bahkan hari ini adalah apa yang kebanyakan situs web, dan tidak menimbulkan masalah SaaS, karena informasi seseorang mengakses dipublikasikan tidak masalah melakukan komputasi Anda sendiri. Baik yang mempublikasikan materi Anda sendiri melalui sebuah blog atau situs layanan microblogging seperti Twitter atau identi.ca. Hal yang sama berlaku untuk komunikasi tidak dimaksudkan untuk menjadi pribadi, seperti grup obrolan. Jejaring sosial dapat meluas ke SaaS, namun, akar itu hanya metode komunikasi dan publikasi, tidak SaaS. Jika Anda menggunakan layanan untuk mengedit kecil dari apa yang Anda akan berkomunikasi, yang bukan masalah yang signifikan.

Layanan seperti mesin pencari mengumpulkan data dari seluruh web dan membiarkan Anda memeriksanya. Melihat melalui koleksi mereka data tidak komputasi Anda sendiri dalam arti yang biasa-Anda tidak memberikan bahwa pengumpulan-jadi menggunakan layanan tersebut untuk mencari web tidak SaaS. (Namun, dengan menggunakan mesin pencari orang lain untuk menerapkan fasilitas pencarian untuk situs Anda sendiri SaaS.)

E-commerce tidak SaaS, karena komputasi tidak hanya milikmu, melainkan dilakukan bersama-sama untuk Anda dan pihak lain. Jadi tidak ada alasan tertentu mengapa Anda sendiri harus berharap untuk mengontrol komputasi yang. Masalah sebenarnya dalam e-commerce adalah apakah Anda percaya pihak lain dengan uang Anda dan informasi pribadi.

Menggunakan server sebuah proyek bersama bukanlah SaaS karena komputasi yang Anda lakukan dengan cara ini bukan milikmu pribadi. Misalnya, jika Anda mengedit halaman di Wikipedia, Anda tidak melakukan komputasi sendiri, melainkan, Anda berkolaborasi dalam komputasi Wikipedia.

Wikipedia kontrol server sendiri, tetapi kelompok dapat menghadapi masalah SaaS jika mereka melakukan kegiatan kelompok mereka di server orang lain. Untungnya, situs pengembangan hosting seperti Savannah dan SourceForge tidak menimbulkan masalah SaaS, karena apa yang kelompok lakukan ada komunikasi terutama publikasi dan publik, daripada komputasi pribadi mereka sendiri.

Multiplayer game adalah aktivitas kelompok yang dilakukan pada server orang lain, yang membuat mereka SaaS. Tapi di mana data yang terlibat hanya keadaan bermain dan skor, salah terburuk operator bisa komit kasih. Anda mungkin juga mengabaikan risiko itu, karena tampaknya tidak mungkin dan sangat sedikit yang dipertaruhkan. Di sisi lain, ketika permainan menjadi lebih dari sekedar permainan, masalah perubahan.

Layanan yang online SaaS? Google Docs adalah contoh yang jelas. Aktivitas dasar adalah mengedit, dan Google mendorong orang untuk menggunakannya untuk mengedit sendiri, ini adalah SaaS. Hal ini menawarkan fitur tambahan editing kolaboratif, tetapi menambahkan peserta tidak mengubah fakta bahwa mengedit di server SaaS. (Selain itu, Google Docs tidak dapat diterima karena menginstal program nonfree JavaScript ke browser besar pengguna ‘.) Jika menggunakan layanan untuk komunikasi atau kolaborasi memerlukan melakukan bagian substansial dari komputasi Anda sendiri dengan itu juga, komputasi yang SaaS bahkan jika komunikasi tidak.

Beberapa situs menawarkan beberapa layanan, dan jika seseorang tidak SaaS, lain mungkin SaaS. Misalnya, layanan utama Facebook adalah jejaring sosial, dan yang tidak SaaS, namun mendukung aplikasi pihak ketiga, beberapa yang mungkin SaaS. Layanan utama Flickr adalah mendistribusikan foto, yang tidak SaaS, tetapi juga memiliki fitur untuk mengedit foto, yang SaaS.

Beberapa situs yang utama layanan publikasi dan komunikasi memperpanjang dengan “manajemen kontak”: melacak menjaga orang yang Anda memiliki hubungan dengan. Mengirim mail ke orang-orang untuk Anda adalah tidak SaaS, tetapi melacak transaksi Anda dengan mereka, jika substansial, adalah SaaS.

Jika layanan tidak SaaS, bukan berarti itu adalah OK. Ada hal-hal buruk lainnya layanan dapat dilakukan. Misalnya, Facebook mendistribusikan video di Flash, yang tekanan pengguna untuk menjalankan software nonfree, dan memberikan pengguna kesan menyesatkan privasi. Mereka adalah isu penting juga, namun perhatian artikel ini adalah masalah SaaS.

Industri TI menghambat pengguna dari mempertimbangkan perbedaan-perbedaan ini. Itulah yang kata kunci “cloud computing” adalah untuk. Istilah ini sangat samar-samar bahwa hal itu bisa mengacu pada hampir semua penggunaan internet. Ini termasuk SaaS dan itu mencakup hampir segala sesuatu yang lain. Istilah ini hanya cocok untuk pernyataan sia-sia luas.

Arti sebenarnya dari “cloud computing” adalah untuk menyarankan pendekatan setan-mungkin-perawatan menuju komputasi Anda. Ia mengatakan, “Jangan mengajukan pertanyaan, hanya percaya setiap bisnis tanpa ragu-ragu. Jangan khawatir tentang siapa yang mengontrol komputer Anda atau yang memegang data Anda. Jangan periksa hook tersembunyi di dalam layanan kami sebelum Anda menelannya. “Dengan kata lain,” Berpikir seperti pengisap “Saya lebih memilih untuk menghindari istilah..

Berurusan dengan Masalah SaaS

Hanya sebagian kecil dari semua situs web yang SaaS, paling tidak mengangkat isu. Tapi apa yang harus kita lakukan tentang orang-orang yang membesarkannya?

Untuk kasus sederhana, di mana Anda melakukan komputasi Anda sendiri pada data di tangan Anda sendiri, solusi sederhana: gunakan salinan sendiri dari aplikasi perangkat lunak bebas. Apakah mengedit teks Anda dengan salinan editor teks bebas seperti GNU Emacs atau pengolah kata gratis. Jangan mengedit foto Anda dengan salinan perangkat lunak bebas seperti GIMP.

Tapi bagaimana berkolaborasi dengan orang lain? Mungkin sulit untuk melakukan hal ini pada saat ini tanpa menggunakan server. Jika Anda menggunakan salah satu, tidak percaya server dijalankan oleh perusahaan. Sebuah kontrak hanya sebagai pelanggan adalah perlindungan kecuali jika Anda bisa mendeteksi pelanggaran dan benar-benar bisa menuntut, dan perusahaan mungkin menulis kontrak untuk memungkinkan berbagai pelanggaran. Polisi dapat somasi data Anda dari perusahaan dengan basis kurang dari yang dibutuhkan untuk memanggil mereka dari Anda, seandainya perusahaan tidak relawan mereka seperti perusahaan telepon AS yang secara ilegal menyadap pelanggan mereka untuk Bush. Jika Anda harus menggunakan server, menggunakan server yang operator memberikan dasar bagi kepercayaan luar hubungan komersial belaka.

Namun, pada skala waktu lebih lama, kita dapat membuat alternatif untuk server menggunakan. Misalnya, kita dapat membuat sebuah program peer-to-peer melalui mana kolaborator dapat berbagi data dienkripsi. Komunitas perangkat lunak bebas harus mengembangkan didistribusikan peer-to-peer pengganti “aplikasi web” penting. Ini mungkin bijaksana untuk membebaskan mereka di bawah GNU Affero GPL , karena mereka adalah kandidat mungkin untuk diubah menjadi berbasis server program oleh orang lain. Para Proyek GNU sedang mencari sukarelawan untuk bekerja pada penggantian tersebut. Kami juga mengundang proyek perangkat lunak bebas lainnya untuk mempertimbangkan masalah ini dalam desain mereka.

Sementara itu, jika sebuah perusahaan mengundang Anda untuk menggunakan server untuk melakukan tugas-tugas komputasi sendiri, tidak menghasilkan, jangan menggunakan SaaS. Jangan membeli atau memasang “thin client”, yang hanya komputer begitu lemah mereka membuat Anda melakukan pekerjaan nyata pada server, kecuali jika Anda akan menggunakannya dengan server Anda. Gunakan komputer yang nyata dan menyimpan data Anda di sana. Melakukan pekerjaan Anda dengan salinan sendiri dari sebuah program bebas, demi kebebasan Anda.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: