RSS

Mengapa saya Tidak Akan Masuk Manifesto Public Domain

09 Jul

Manifesto Domain Publik ( http://www.publicdomainmanifesto.org/node/8) memiliki hati di tempat yang tepat karena objek untuk beberapa ekstensi yang tidak adil kekuasaan hak paten, jadi aku berharap bisa mendukungnya. Namun, jatuh jauh dari apa yang dibutuhkan.

Beberapa kelemahan berada pada tingkat asumsi-asumsi implisit. Manifesto sering menggunakan istilah propaganda industri hak cipta, seperti “perlindungan hak cipta” . Istilah-istilah dipilih untuk memimpin orang-orang untuk bersimpati dengan industri hak cipta dan tuntutan untuk listrik.

Manifesto dan penandatangan yang menggunakan “kekayaan intelektual” istilah, yang membingungkan masalah hak cipta dengan menyamaratakan bersama-sama dengan undang-undang selusin lainnya yang tidak ada yang signifikan dalam umum. (Lihat http://www.gnu.org/philosophy/not-ipr.html untuk penjelasan lebih lanjut tentang hal ini.)  Ironisnya menggunakan istilah pertama dalam sebuah kalimat yang menunjukkan bahwa manifesto ini adalah hanya peduli dengan hukum hak cipta, tidak dengan hukum-hukum lainnya. Itu dengan alasan yang bagus: hukum-hukum lain tidak relevan untuk menyalin dan menggunakan karya yang diterbitkan. Jika kita berusaha untuk mengajarkan masyarakat untuk membedakan antara hukum-hukum ini, kita harus menghindari pengaturan contoh yang spuriously benjolan mereka bersama-sama.

Prinsip umum 2 mengulangi kesalahan umum bahwa hak cipta harus menyeimbangkan kepentingan publik dengan “melindungi dan menguntungkan penulis”. Kesalahan ini mengganggu penilaian yang tepat dari pertanyaan kebijakan hak cipta, karena itu harus didasarkan pada kepentingan publik. http://www.gnu.org/philosophy/misinterpreting-copyright.html menjelaskan kesalahan ini dan bagaimana untuk menghindarinya.

Ini akan sulit untuk berdiri selain dari kampanye untuk tujuan yang benar hanya karena itu ditulis dengan kata-kata tidak jelas. Namun, manifesto tersebut jatuh jauh di tujuan spesifik juga. Ini tidak berarti bahwa saya menentang mereka. Salah satu dari tuntutannya, secara individu, akan menjadi langkah maju, meskipun kata-kata sebagian dari mereka menghambat saya dari menulis nama saya kepada mereka.

Sebaliknya masalahnya adalah bahwa ia gagal untuk meminta poin yang paling penting. Saya tidak bisa mengatakan, “Manifesto ini adalah apa yang saya perjuangkan.” Saya tidak bisa mengatakan, “Saya mendukung apa yang ada di manifesto ini,” kecuali aku dapat menambah, sama-sama terlihat, “Tapi itu gagal untuk menyebutkan poin yang paling penting dari semua.”

Prinsip Umum 5 menentang kontrak yang membatasi penggunaan salinan karya domain publik. Tapi di mana kita paling perlu untuk menentang kontrak tersebut adalah di mana mereka berlaku untuk karya-karya yang masih dilindungi hak cipta (ini adalah bagaimana Amazon mencoba untuk mengklaim bahwa Anda tidak memiliki e-book yang Anda beli). Demikian juga, Prinsip Umum 5 mengutuk DRM, tapi hanya jika itu berlaku untuk karya domain publik. Akibatnya, hal itu melegitimasi DRM paling nyata dengan menghilangkan dari kritik.

Aku telah menyimpan kelalaian terbesar untuk yang terakhir. Rekomendasi Umum 9 panggilan untuk memungkinkan “menyalin pribadi” karya cipta. Karena menghilangkan isu kebebasan untuk berbagi salinan dari karya yang diterbitkan dengan orang lain, gagal untuk mengatasi aspek menjijikkan hak cipta: yang setan Perang Berbagi bahwa perusahaan hiburan sekarang mengobarkan.

Tuntutan dan rekomendasi dari Manifesto Domain Publik akan menjadi langkah maju. Ini mungkin melakukan beberapa baik jika itu mengilhami orang-orang yang telah menerima posisi industri untuk mulai meragukannya. Namun, jika kita mengadopsi manifesto ini sebagai tujuan kita, itu akan mengalihkan perhatian kita dari apa yang kita benar-benar perlu untuk diperjuangkan.

Manifesto Public Domain mencoba untuk membela kebebasan kita dalam taman berdinding dari domain publik, tetapi meninggalkan bahwa kebebasan di luar itu. Ini tidak cukup.

Saya meminta penulis Manifesto Domain Publik, dan publik, untuk menyenangkan bergabung dengan saya dalam menuntut kebebasan untuk noncommercially berbagi salinan dari semua karya yang diterbitkan. Juga silahkan bergabung DefectiveByDesign.org dan membantu perjuangan kami melawan DRM mana pun dapat ditemukan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: