RSS

Membuat Linux lebih cepat, lebih ringan dan lebih kuat (3)

09 Jul

3. Mengoptimalkan KDE

KDE telah menerima tekan campuran belakangan ini. Meskipun tidak ada meragukan yang terlihat baik dan plasmoids baru membedakannya dari kompetisi, KDE 4 masih belum bisa cocok KDE 3 (atau bahkan Gnome) untuk kecepatan dan kinerja.

Meskipun daerah ini dalam pengembangan berat, beberapa tweak dapat memangkas detik yang berharga dari waktu startup Anda dan membuat desktop secara keseluruhan jauh lebih responsif.

Mempercepat ext3

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat kinerja yang signifikan dengan memungkinkan menulis-kembali operasi di ext3. Tweak ini tidak terbatas pada sistem yang menjalankan KDE, tetapi dinonaktifkan secara default di hampir setiap distro.

Hal ini terutama karena hard drive yang lebih tua tidak mendukung fitur ini, meskipun hard drive baru dapat mencapai meningkatkan kecepatan kecil.

Ini tidak akan mempengaruhi hari-hari operasi disk Anda, sehingga tidak dianjurkan Anda mencoba tweak ini pada sistem rumah khas, tetapi Anda akan melihat peningkatan untuk operasi disk intensitas tinggi yang biasanya melestarikan server.

Setelah membuat cadangan file, buka file / etc / fstab di dalam editor teks dengan hak akses root dan mencari sesuai dengan bagian teks berikut:

relatime, kesalahan = remount-ro

dan menggantinya dengan ini:

noatime, nodiratime, kesalahan = remount-ro, data = writeback

Jika tidak ada teks baik sisi potongan ini, Anda telah melakukan salah! Simpan dan keluar dari file ini kemudian buka / boot / grub / menu.lst dan menemukan dua baris berikut:

# Defoptions quiet splash
Altoptions # = (recoverymode) tunggal

Mereka tidak akan bersebelahan, tapi begitu Anda menemukan mereka menambahkan argumen berikut pada akhir baris baik yang:

rootflags = data = writeback

kemudian simpan dan keluar. Buka terminal root dan jalankan grub update. Anda kemudian memiliki pilihan untuk hanya restart untuk menerapkan perubahan pada sistem file Anda, atau Anda dapat menerapkannya dengan cepat dengan menginstal tune2fs dari manajer paket Anda.

Jika Anda memilih pilihan terakhir maka Anda akan ketik berikut ke terminal root:

tune2fs-o journal_data_writeback / dev/hda1

mengganti / dev/hda1 dengan partisi root anda.

Nonaktifkan IPv6

Sampai IPv6 lebih diimplementasikan, Konqueror harus menerjemahkan antara IPv4 dan IPv6 – jadi jika Anda bisa mendapatkan meningkatkan kecepatan dengan mematikan IPv6. Metode yang sedikit berbeda antara distro.

Misalnya, di Kubuntu Anda perlu mengedit / etc / lingkungan sebagai root dan menambahkan baris berikut ke file:

KDE_NO_IPV6 = True

Dalam openSUSE, edit / etc / sysconfig / WindowManager dengan akses root dan menemukan baris ini:

KDE_USE_IPV6 = “yes”

kemudian mengubah jawaban tidak. Dalam kedua kasus, Anda akan perlu untuk menyimpan file dan keluar sebelum sesi restart agar perubahan diterapkan.

Mengaktifkan login otomatis

Gnome tidak hanya desktop yang dapat manfaat dari Anda menyiapkan login otomatis: KDE 4 pengguna dapat melakukan banyak hal yang sama dengan menuju ke System Settings dan klik pada tab Advanced. Di sini Anda dapat menjalankan manajer login dan mengaktifkan login otomatis dari tab Convenience.

Anda juga harus memilih pengguna Anda ingin log in secara otomatis dari menu drop-down di bawah kotak centang. Ketika Anda reboot Anda boleh melewatkan layar login sama sekali dan peluncuran langsung ke layar percikan KDE 4.

Mulailah dengan sesi yang kosong

Secara default KDE 4 menghemat volume data tentang sesi Anda saat ini, seperti yang jendela yang terbuka dan yang proses yang berjalan sehingga waktu berikutnya Anda log in sesi Anda adalah persis seperti yang Anda meninggalkannya. Ini sangat nyaman, tetapi juga memperlambat waktu boot Anda turun sebagai data ini harus ulang pada setiap boot.

Kita bisa menghindari masalah ini dengan memastikan bahwa kita mulai dengan sesi segar. Pilih System Settings (atau Konfigurasi Desktop di OpenSUSE) dari menu KDE dan di tab Advanced memulai sesi manager. Menjelang bawah formulir pilih tombol radio di sebelah Mulai Dengan Sebuah Sesi Kosong kemudian klik Terapkan.

Mulai Konqueror cepat

Kita bisa membuat Konqueror berjalan lebih cepat dengan mengaktifkan preloading. Ini menggunakan beberapa memori, tetapi berarti bahwa waktu berikutnya Anda menjalankan Konqueror akan terbuka di sekitar setengah waktu dan di tempat yang sama Anda meninggalkannya.

Jika Anda menggunakan sebelumnya tweak untuk memulai KDE dengan sesi kosong maka tidak perlu panik, karena kita akan mengkonfigurasi preloading untuk menjalankan secara otomatis saat KDE mulai.

Untuk mengaktifkan Konqueror preloading, membuka browser dan menuju ke Settings> Configure Konqueror. Pada bagian Performance centang kotak di samping untuk Preload Instance Sebuah Setelah KDE Startup.

Anda juga dapat mengatur berapa banyak contoh dari Konqueror yang dimuat saat startup tergantung pada berapa banyak jendela Konqueror Anda cenderung untuk berjalan pada satu waktu tertentu.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Juli 2011 in Tips and Trick

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: