RSS

6 of the best video players for Linux

09 Jul

1. VLC Media Player

Sangat mudah untuk lulus dari VLC hanya sebagai pemutar video lain berkat antarmuka intuitif. Tapi tersembunyi di balik menu dan tombol adalah pekerja keras yang kuat yang buruh untuk memastikan itu memainkan setiap file yang tersedia secara lokal – melalui jaringan atau melalui drive optik – dengan kerendahan hati.

Seperti MPlayer dan hampir setiap video player yang bereputasi luar sana, codec VLC penanganan kekuatan datang dari paket libavcodec FFmpeg, bersama dengan banyak modul codec lainnya termasuk Cinepak, libmpeg2, MAD dan Vorbis. Anda dapat mengambil VLC melalui distro repositori Anda, meskipun beberapa distro tidak bundel libdvdcss, yang mencegah Anda dari bermain DVD dienkripsi. VLC mendukung berbagai format subtitle, dan mahir bermain film audio multi. 

TIDAK PANJANG: VLC 1,0 pada rumah peregangan, dengan kandidat rilis pertama hanya keluar

Bit terbaik tentang VLC adalah audio intuitif / video kemampuan streaming. (Dalam era sebelumnya, Anda memerlukan komponen server-merek tambahan VLC untuk melakukan streaming.) VLC juga dapat menyimpan aliran jaringan dan transcode mereka ke format lain, meskipun tidak cocok sebagai transcoder tujuan umum.

Seperti MPlayer, VLC mampu memainkan file tidak lengkap atau rusak juga, dan menawarkan untuk secara otomatis memperbaiki mereka juga. Ini mendukung banyak pos-pengolahan umum filter untuk mengatur kontras dan kecerahan, dan memutar, flip, tanaman dan de-interlace video, diantara pilihan lain. Anda tidak harus menggali terlalu dalam untuk mengakses filter: hanya memperpanjang antarmuka pengguna utama dan mereka bermunculan bersama dengan equalizer built-in.

VLC dilengkapi dengan satu set antarmuka untuk berbagai keperluan. Antarmuka wxWidgets adalah GUI default, dan Anda juga memiliki antarmuka Qt, ditambah paket 19MB yang berisi lebih dari 50 kulit. Lalu ada antarmuka web, yang dapat Anda gunakan untuk memuat daftar main atau memainkan file melalui jaringan. Ada juga pilihan untuk mengontrol VLC melalui gerakan mouse.

Ini mengikat fungsi umum dengan gerakan mouse, seperti melompat-lompat maju / mundur, bermain lebih cepat / lambat, peningkatan / penurunan volume, dan bersepeda melalui track audio dan sub judul. Opsi ini dikendalikan melalui jendela Preferences.

Meskipun menjadi alat GUI-driven, Anda dapat melakukan hal-hal keren dengan VLC pada baris perintah. Sebagai contoh, sementara transcoding file dengan FFmpeg, Anda dapat pipa output ke VLC untuk melihat berkas ini sedang dibuat.

Putusan VLC Media Player Versi: 0.9.9
Website: www.videolan.org / vlc
Harga: Gratis lisensi GPL

2. Xine

Xine adalah salah satu pemain tertua video yang tersedia di Linux, dengan akar pada saat bermain DVD diperlukan mengacu pada sebuah HOWTO. Berbeda dengan semua-dalam-satu VLC, Xine mengikuti filosofi modular dan memisahkan mesin inti dari fungsi add-ons, yang dipaketkan sebagai plugin.

Inti menangani tugas-tugas seperti audio dan video sinkronisasi, dan memelihara komunikasi antara modul berbagai Xine. Lalu ada masukan plugin yang bertindak sebagai lapisan abstraksi antara sumber video real (DVD, VCD dan sebagainya) dan Xine.

USER PENGALAMAN: Xine basis konfigurasi pada pengalaman pengguna, mulai dari Pemula sampai Master Semesta Dikenal

Para demuxers dan Decoder memutuskan bagaimana menangani berbagai format file, sebelum melewati data ke Xine untuk pemutaran. Decoder ini dioptimalkan untuk berbagai ekstensi CPU. Xine menggunakan perpustakaan dari proyek-proyek lain seperti liba52,, libmpeg2 FFmpeg, libmad, FaaD2, dan Ogle, dan mendapatkan codec biner Windows dari w32codecs.

Pemain dilengkapi dengan grafis UI dan ada banyak lain depan berakhir juga. Menggunakan UI intuitif, Anda dapat memilih file yang tersedia secara lokal atau pada berbagai media optik. Anda juga dapat memainkan stream dan file akses atas saham Samba.

Xine dapat dikontrol sepenuhnya menggunakan keyboard, dan setiap pilihan juga dapat diakses melalui menu konteks klik kanan. Hal ini juga akan mengikuti perintah Anda melalui pipa output LIRC-kompatibel inframerah jauh dan bisa untuk beberapa monitor melalui Xinerama sekarang-usang.

Salah satu fitur terbaik tentang Xine adalah bahwa secara otomatis mencoba untuk memperbaiki masalah sinkronisasi dengan video yang rusak, dan melakukan pekerjaan yang cukup baik itu. Ini juga punya script diri diagnostik yang Anda dapat berjalan jika anda memiliki masalah dengan pemutaran video. Seperti rekan-rekan, Xine memiliki pilihan konfigurasi yang rumit.

Putusan Xine Versi: 1.1.16.2
Website: www.xine-project.org
Harga: Gratis lisensi GPL

3. Totem

Jika Anda menjalankan sebuah distro Linux populer, kemungkinan Anda sudah memiliki Totem di sistem anda. Totem adalah pemutar video default pada instalasi Gnome hampir setiap distro Linux populer, termasuk Ubuntu, Mandriva, dan Fedora.

Integrasi ketat Totem dengan Gnome jelas memiliki keuntungan. File manager Nautilus akan menampilkan thumbnail video dan rincian daftar tentang mereka, seperti codec mereka, dimensi, durasi, dan sebagainya. Kebanyakan distro juga kapal plugin Totem Firefox untuk pemutaran di browser Anda.

LAYAR penjelasan: Dengan plugin yang relevan diinstal, Totem dapat mengaktifkan telestrator seperti penjelasan pada layar Anda menggunakan Gromit

Hal terbaik tentang Totem, meskipun, adalah sederhana, desain yang bersih yang masih dalam kemasan banyak fungsi. Misalnya, ia tidak memiliki masalah perpipaan video fullscreen untuk setup Xinerama multihead, tidak lupa perangkat yang terhubung melalui TV-out. Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, dan saturasi video selama pemutaran.

Totem dapat dikontrol dengan keyboard, mouse, atau LIRC didukung jarak jauh. Namun, tidak semua fitur yang tersedia pada antarmuka. Sebagai contoh, jika Totem tidak mengambil teks Anda secara otomatis, Anda harus memuat secara manual dari baris perintah.

Totem ini didukung oleh kerangka kerja multimedia GStreamer, yang memasok pemain dengan semua codec dan driver. Juga dilengkapi GStreamer yang FFmpeg plugin, yang meliputi codec dari proyek FFmpeg. Lalu ada plugin Pitfdll, yang memungkinkan akses ke file biner Totem, termasuk Quicktime QTX atau DirectShow / DMO DLL. Hal ini memungkinkan untuk memainkan format file proprietary seperti WMV 9 dan Intel Indeo 5.

Putusan Totem Versi: 2.26.1
Website: www.gnome.org / proyek / totem
Harga: Gratis lisensi GPL

4. MPlayer

Rupanya, Anda tidak bisa menulis apapun artikel tentang multimedia tanpa menyebutkan MPlayer multidimensi – dan untuk alasan yang baik. Kekuasaannya berada di luar pemahaman manusia, tetapi kita tahu itu dapat memainkan hampir semua format file di luar sana pada platform apapun.

MPlayer memiliki seperangkat codec asli di libavcodec, yang meminjam dari proyek FFmpeg, serta satu set codec biner untuk memutar video dalam wadah milik. Dengan kedua, Anda dapat membuang semua MPEG Anda, AVI, ASF, WMV, RM, QT, MP4, OGG, dan file FLV MKV di MPlayer dan akan bermain mereka.

QUICK START: Versi pertama adalah MPlayer susah payah mengumpulkan tidak kurang dari 30 menit!

Cara yang disarankan untuk menikmati MPlayer adalah untuk mengkompilasi dari sumber untuk integrasi yang lebih kuat dengan perangkat keras Anda. Namun, untuk standar Intel / AMD kotak, yang terbaik untuk meraih MPlayer dari repositori distro Anda, karena itu sudah dioptimalkan untuk ekstensi multimedia umum (MMX2, SSE2, Enhanced 3DNow! Dan sebagainya).

Versi terbaru mengambil memuat beberapa dari CPU dengan memungkinkan MPlayer ke bagian offload video decoding ke GPU di kartu nVidia baru. Mencakup segala sifat MPlayer meluas dengan jumlah driver output bekerja dengan, dan berkisar dari VESA polos dan X11 untuk OpenGL lebih eksotis, serta kartu-spesifik driver untuk ATI, Nvidia, Matrox dan lain-lain.

Terutama, MPlayer dikontrol melalui baris perintah, meskipun pengembang juga membuat GUI, yang dapat Anda menyesuaikan dengan puluhan kulit yang tersedia. Ini memiliki tampilan di layar dan memberikan umpan balik visual sekali parameter disesuaikan. Anda juga dapat mengontrol dengan mouse, joystick, atau infra-merah jarak jauh melalui LIRC.

Berkat libdvdread dan libdvdcss, MPlayer tidak memiliki kesulitan memainkan DVD. Jika Anda mengkompilasi dengan libdvdnav juga memungkinkan Anda untuk menavigasi menu DVD. Anda dapat dengan mudah memilih dari audio feed ganda dan Anda dapat meminta MPlayer audio pipa untuk Anda surround sound system. Anda juga dapat melakukan trik dengan output audio, seperti saluran berpindah dari satu pembicara ke yang lain.

Indeks Tidak, tidak MPlayer masalah menawarkan banyak keuntungan untuk memainkan file video lokal, bahkan yang rusak. Setelah semua, tidak mengambil banyak untuk file video untuk bangkrut. Jika video tukar yang – secara legal tentu saja – dengan teman-teman Anda, atau membuat mereka melalui camcorder, kemudian membagi mereka berulang kali atau transfer melalui USB, Anda akhirnya akan berakhir dengan beberapa potongan yang hilang indeks mereka.

Anda masih dapat memutar video ini, tetapi Anda tidak akan mampu untuk mencari maju atau mundur. Artinya, jika Anda tidak menggunakan MPlayer, yang tidak mendiskriminasikan file yang hilang file indeks. Anda bahkan dapat menggunakan Mencoder paket untuk membuat indeks hilang.

Kerusakan yang paling umum berikutnya adalah audio / ketidakcocokan video. Demikian juga, jika Anda telah merobek video dari DVD bersama dengan teks, Anda mungkin perlu menyesuaikan waktu subjudul. Kedua masalah ini mudah diselesaikan dengan MPlayer.

Berbicara dari sub judul, pemain mendukung format subtitle lebih dari Anda mungkin tahu ada. Ada banyak cara untuk memodifikasi audio pemutaran menggunakan banyak dan video filter. Anda dapat memotong video, skala dan flip itu terbalik, cermin dan memutar, atau memperluas area bermain untuk memindahkan teks dari video ke pita hitam di bawahnya.

Setelah Anda fine-tuned pilihan untuk video tertentu, anda dapat menyimpannya sebagai file konfigurasi, yang berarti Anda dapat memiliki konfigurasi yang unik untuk semua video Anda. MPlayer juga bisa streaming file melalui jaringan melalui HTTP, FTP, MMS atau RTSP / RTP protokol, dan mampu bekerja dengan proxy. Anda dapat memanfaatkan protokol penanganan, bersama dengan kemampuannya untuk membaca masukan standar, untuk memutar file sementara mentransfer mereka melalui FTP.

MPlayer juga dapat menyimpan aliran internet, dan jika Anda memiliki TV yang kompatibel Video4Linux atau kartu radio tuner, MPlayer memungkinkan Anda untuk menonton atau ambil feed nya. Kemungkinannya tak terbatas!

Putusan MPlayer
Versi: Harian SVN snapshot
Website: www.mplayerhq.hu
Harga: Gratis lisensi GPL

5. Ogle DVD Player

Sebelum ada Xine, Ogle ada. Dan Ogle memiliki kekuatan magis, mendukung fitur pada DVD seperti beberapa sudut. Bahkan setelah media pemain lain datang, Ogle bisa memainkan DVD jauh lebih baik daripada mereka.

Mengerling mengklaim menjadi pemain pertama yang sepenuhnya mendukung menu DVD di Linux. Ini mungkin benar, karena sementara yang lain pemain umum untuk semua jenis audio dan video, Ogle mendedikasikan hidupnya untuk DVD bermain.

MENUNJUKKAN USIA ITS: Jangan biarkan tombol Rewind menipu anda!

Anda akan menemukan versi yang berbeda dari Ogle dalam repositori distro Anda, dari versi vanili unoptimised ke versi MMX khusus disetel. Bundel mengerling GUI-nya dalam paket terpisah, dan Anda juga akan perlu mengambil libdvdcss untuk bermain DVD dienkripsi.

Mengerling memiliki antarmuka yang sederhana itu, sementara bermain DVD, memungkinkan Anda untuk memilih bab, sub judul berubah, atau pilih yang audio streaming untuk bermain. Jika Anda memiliki salah satu dari mereka multi-sudut film, Anda dapat mengubah perspektif, yang masih menyentuh dan pergi dengan VLC.

Tapi DVD player tertua di Linux adalah menunjukkan umurnya. Pemilihan sudut terkenal yang tidak bekerja selama pemutaran. Selain itu, ini dan lainnya DVD-fitur terkait – seperti bab dan menu – tersedia dengan yang lain, media player lebih beragam juga. Tambahkan ke nomor ini dari bug di rilis terakhir, dan Anda punya tak berguna di tangan Anda.

Misalnya, Ogle dapat memutar file VOB yang baru saja Anda disalin ke hard drive Anda, tetapi fungsi ini tampaknya rusak. Tidak hanya tidak ada kontrol konfigurasi, tetapi Edit> UI Properti pada menu pilihan tidak membawa apa-apa.

Akhirnya, Anda tidak mendapatkan kontrol dalam mode fullscreen, Anda harus me-restart Ogle untuk meluncurkan DVD baru, dan tidak akan membiarkan Anda melompat mundur.

Putusan Ogle
Versi: 0.9.2
URL: www.dtek.chalmers.se / kelompok / dvd
Harga: Gratis lisensi GPL

6. Helix player and Real Player

Proyek Helix didukung oleh RealNetworks, yang menggunakan kode yang dihasilkan oleh proyek dalam aplikasi miliknya, termasuk media player RealPlayer. Helix Player adalah media player sumber terbuka dari proyek, dan didasarkan pada Client Helix, yang, sesuai RealNetworks, telah dikirimkan dalam beberapa 350 juta ponsel.

Meskipun jangkauannya, Helix player dapat memainkan hanya sejumlah terbatas format media. Menurut dokumentasi, Helix player akan memainkan streaming HTTP, tapi itu tampaknya tidak bekerja di versi ini. Mendukung Real RAM dan playlist format RPM, dan juga akan memainkan mereka aliran RTSP.

TERBATAS PEMUTARAN: RealPlayer untuk Linux masih versi kurang mampu sepupunya Windows-nya

Helix memiliki dukungan untuk codec H.263 yang digunakan dalam video Flash, tetapi tidak bisa bermain FLVs dari YouTube, AVI, MPEG, MP3, atau DVD. Format yang dapat bermain tanpa masalah apapun adalah OGG. RealPlayer untuk tarif Linux sedikit lebih baik. Mendukung semua format yang Helix dapat menangani, dan juga memainkan MP4, Flash Video, WMV9 dan versi yang berbeda dari RealVideo, meskipun masih tidak dapat menangani AVI, MPEG, atau DVD.

Baik Helix dan RealPlayer memungkinkan Anda untuk menginstal sebuah plugin browser selama instalasi, dan kedua playlist dukungan. Mereka juga memiliki pilihan konfigurasi yang sama, dan ada sejumlah hal yang untuk bermain-main dengan, seperti menyesuaikan kekuatan pengolahan yang digunakan untuk pemutaran.

Tujuan utama dari kedua pemain adalah bermain stream dari layanan SuperPass Real streaming. Namun, mereka hilang fitur yang akan Anda temukan di pemutar media umum tujuan, seperti video pasca pengolahan, dan selanjutnya disusutkan sejak pemain lainnya dapat menggunakan format proprietary Real.

Putusan Helix / RealPlayer
Versi: Helix / RealPlayer 11 Gold.1.1
URL: http://player.helixcommunity.org
Harga: Gratis lisensi di bawah GPL dan lainnya

Pemenang: MPlayer

Sejak pemutar video hari ini telah sebagai kontrol sebanyak sebuah Boeing 747, itu wajar untuk mendapatkan digunakan untuk satu, yang mengapa Anda mungkin sudah punya favorit.

Namun, kita harus memilih satu, dan meskipun fakta bahwa ada sangat sedikit untuk memilih antara tiga pesaing atas – MPlayer, VLC, dan Xine – kami anjurkan MPlayer untuk kinerja rock-solid dan kebanyakan atas pilihan.

Bahkan pada mesin lebih lambat, seperti laptop Celeron kami, MPlayer secara bersamaan dapat memainkan beberapa Avis dan DVD. Tidak ada audio-video sync masalah selama pemutaran, meskipun beberapa ke depan dan menggulung.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ke depan dinyatakan seketika berusaha menjadi sedikit lambat untuk merespon. MPlayer juga memiliki antarmuka baris perintah yang sangat mudah dibentuk, dan ada beberapa GUI.

WINNER: Kami pikir MPlayer adalah pemain terbaik video semua putaran untuk Linux karena jumlahnya fitur

Selama bertahun-tahun, VLC telah memantapkan dirinya sebagai ‘jika itu dimainkan, VLC akan bermain’ video player. Ini memiliki GUI yang baik, kuat dan pemutaran halus, meskipun kinerja bervariasi pada hardware yang berbeda. Mengawasi itu karena pendekatan yang rilis 1.0.

Xine cocok di suatu tempat antara MPlayer dan VLC. Ini memiliki fitur dan pilihan yang menyaingi MPlayer dan VLC, seperti mouse-ramah. Namun, salah satu fitur-fiturnya mendefinisikan juga kelemahannya. Dengan pemisahan inti dari fungsi, Xine membantu menjaga hal-hal sederhana untuk pengembang. Untuk pengguna, bagaimanapun, ini berarti perpustakaan terus mengambil dan plugin. Ini juga berdampak kinerja, dan itu rentan terhadap menerjang.

Hal terbaik yang Totem telah terjadi untuk itu adalah default dimasukkan dalam desktop yang paling distro. Totem adalah nyaman untuk digunakan dan ideal untuk tanpa repot-bermain. Ini punya antarmuka yang sederhana dan cukup kontrol untuk mengubah aspek yang paling penting dari pemutaran. Tetapi sementara itu tidak memungkinkan Anda untuk memilih antara dua yang sama fungsional back-berakhir, tidak cocok untuk pengguna fitur-fanatik.

Ogle, Helix dan RealPlayer, yang dibatasi oleh fokus yang sempit mereka, membawa belakang. Tapi jangan mengabaikan mereka benar-benar, karena kadang-kadang Anda mengalami DVD hanya Ogle tidak keadilan untuk, atau file dalam format RealMedia baru yang hanya RealPlayer dapat menangani.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 9 Juli 2011 in Aplikasi, Best of The Best

 

Tag: ,

2 responses to “6 of the best video players for Linux

  1. nawa

    19 September 2012 at 8:51 PM

    bagaimana dengan mandriva 2009, saya sudah install Mplayer tapi tidak terinstall dengan baik, tlg beri link nya. 10x 2u b4

     
  2. Teknologi Gadget

    29 September 2013 at 2:17 PM

    thanks gan… ntar dicoba

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: