RSS

Membuat Linux lebih cepat, lebih ringan dan lebih kuat (2)

08 Jul

2. Mengoptimalkan GNOME

Seiring dengan KDE, Gnome adalah salah satu dari dua lingkungan desktop yang paling banyak digunakan dalam ekosistem Linux, tapi itu cepat karena dikuasai oleh alternatif yang lebih ringan Xfce dan lain ketika datang ke kinerja dan kecepatan.

Namun, hanya dengan beberapa tweak kami, Gnome dapat bersaing dengan sisa pak …

Instal preload

Preload merupakan sebuah daemon yang menganalisis apa yang Anda lakukan pada sehari-hari dan mengambil binari dan file Anda kemungkinan besar perlu untuk meningkatkan waktu startup dan kinerja umum.

Di Ubuntu Anda hanya perlu untuk mencari ‘preload’ di manajer paket, tapi di distro lain ada baiknya memeriksa bahwa layanan sedang berjalan. Untuk mengaktifkan layanan, ketik:

layanan preload pada

Setelah mengaktifkan login otomatis dan menginstal preload kami dimulai dua restart pada mesin uji kami untuk memberikan daemon kesempatan untuk memantau startups. Setelah membandingkan dua kali, kami menemukan preload yang telah dipangkas detik dari waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan desktop yang dapat digunakan. Ini tidak terdengar banyak, tapi jika digunakan bersama dengan waktu boot baru Anda dengan cepat maka itu layak usaha.

Mengaktifkan login otomatis

Ya, kita tahu bahwa kita selalu memberitahu Anda bagaimana keamanan penting, tapi jika Anda tinggal sendiri di sebuah kastil yang tidak memiliki akses internet maka Anda mungkin aman untuk mengaktifkan login otomatis. Waktu yang disimpan adalah waktu yang dinyatakan akan membawa Anda mengetikkan kata sandi.

Metode GUI adalah jauh termudah. Cukup kepala ke Window Sistem>> Login Administrasi. Setelah otentikasi diri Anda, kepala ke tab Keamanan dan centang kotak di samping untuk Login Otomatis. Anda kemudian dapat memilih dari daftar pengguna dalam menu drop-down yang akan login secara otomatis.

Sayangnya untuk pengguna Fedora, pilihan ini tidak tersedia, sehingga Anda perlu membuat perubahan yang diperlukan secara manual.

Untuk mengaktifkan login otomatis Anda harus membuka / etc / gdm / custom.conf dalam editor teks dengan hak akses root dan kemudian menambahkan berikut ini pada bagian bawah file:

[Daemon]
TimedLoginEnable = True
TimedLogin = UserName
TimedLoginDelay = 0

mengganti UserName dengan pengguna Anda ingin log in

Menggunakan frame kawat

Masalah yang umum dengan sistem bertenaga rendah adalah lag dihasilkan ketika Anda mengklik dan drag jendela. Gnome membuat jendela ketika bergerak, yang dapat memperlambat kinerja turun, tetapi memiliki built-in metode untuk mengurangi permintaan pada sumber daya sistem ini menyebabkan, yang Anda dapat mengaktifkan dengan mengetik perintah berikut ke terminal:

gconftool-2 – type bool – set / apps / metacity / umum / reduced_resources benar

Sekarang ketika Anda klik dan drag jendela Anda akan melihat bingkai kawat bukan isi jendela, yang secara drastis meningkatkan kinerja di bawah bertenaga sistem (namun memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada orang lain). Perhatikan bahwa trik ini tidak akan bekerja jika Anda menggunakan Compiz atau dekorator jendela alternatif.

Wireframes

WIRE UP TI: Menggunakan opsi wireframe tempat permintaan kurang pada sumber daya sistem

Membuat menu lebih cepat

Jika menu Anda mulai merasa lesu, penyebab paling mungkin adalah penundaan ikon. Setiap kali Anda membuka menu Gnome untuk pertama kalinya ikon harus diambil dari file source mereka. Pada sistem lebih lambat ini bisa terlihat sedikit berantakan, jadi ada batas waktu sengaja diatur untuk memastikan ikon yang dimuat pada saat Anda melihat mereka.

Namun, dengan perangkat keras modern ini umumnya tidak diperlukan, jadi opsi dengan aman dapat disesuaikan. Buat file baru di direktori home Anda bernama gtkrc-2.0 kemudian buka file ini di editor teks favorit anda untuk mengetik.:

gtk-menu-popup-delay = 0

Setelah menyimpan file, tekan Ctrl + Alt + Backspace untuk reinitialise xserver dan menu Anda harus membuka jauh lebih cepat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Juli 2011 in Tips and Trick

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: