RSS

Definisi Free Software

08 Jul

Kami mempertahankan definisi perangkat lunak bebas untuk menunjukkan dengan jelas apa yang harus benar tentang program perangkat lunak tertentu untuk itu harus dipertimbangkan perangkat lunak bebas. Dari waktu ke waktu kami merevisi definisi ini untuk memperjelas hal itu. Jika Anda ingin meninjau perubahan yang kita buat, silahkan lihat bagian Riwayatdi bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

“Perangkat lunak bebas” adalah masalah kebebasan, bukan harga. Untuk memahami konsep ini, Anda harus berpikir tentang “bebas” dalam “mimbar bebas,” bukan dalam “bir gratis.”

Perangkat lunak bebas adalah masalah kebebasan para pengguna untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Lebih tepatnya, hal ini berarti bahwa pengguna program memiliki empat kebebasan yang esensial:

  • Kebebasan untuk menjalankan program, untuk tujuan apapun (kebebasan 0).
  • Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja, dan mengubahnya untuk membuatnya melakukan apa yang Anda inginkan (kebebasan 1). Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat untuk ini.
  • Kebebasan untuk mengedarkan perangkat lunak, sehingga Anda dapat membantu sesama anda (kebebasan 2).
  • Kebebasan untuk mendistribusikan salinan dari versi Anda dimodifikasi untuk orang lain (kebebasan 3). Dengan melakukan ini Anda dapat memberikan seluruh masyarakat kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan Anda. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat untuk ini.

Suatu program merupakan perangkat lunak bebas jika pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. Dengan demikian, Anda seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program, baik dengan atau tanpa modifikasi, secara gratis atau dengan memungut biaya penyebarluasan, kepada siapa pun dimana pun . Menjadi bebas untuk melakukan hal-hal berarti (antara lain) bahwa Anda tidak harus meminta atau pun membayar untuk ijin untuk melakukannya.

Anda juga seharusnya memiliki kebebasan untuk membuat modifikasi dan menggunakannya secara pribadi dalam pekerjaan anda, atau bermain, bahkan tanpa menyebutkan bahwa mereka ada. Jika Anda menerbitkan perubahan Anda, Anda tidak harus diminta untuk memberitahu orang tertentu, atau dengan cara tertentu.

Kebebasan untuk menjalankan program berarti kebebasan bagi setiap jenis orang atau organisasi untuk menggunakannya pada setiap jenis sistem komputer, untuk setiap jenis pekerjaan secara keseluruhan dan tujuan, tanpa dituntut untuk berkomunikasi tentang hal itu dengan pengembang atau pun pihak lainnya secara khusus . Dalam kebebasan ini, tujuan pengguna yang penting, bukan tujuan pengembang, Anda sebagai pengguna bebas untuk menjalankan program untuk tujuan Anda, dan jika Anda mendistribusikan ke orang lain, dia kemudian bebas untuk menjalankannya untuk tujuan nya , tetapi Anda tidak berhak untuk memaksakan tujuan Anda pada dirinya.

Kebebasan untuk menyebarluaskan hasil penggandaan, harus termasuk bentuk biner atau executable program, serta kode sumber, baik untuk dimodifikasi dan dimodifikasi versi. (Mendistribusikan program dalam bentuk runnable diperlukan untuk mudah diinstal sistem operasi bebas.) Hal ini OK jika tidak ada cara untuk menghasilkan biner atau bentuk eksekusi untuk suatu program tertentu (karena beberapa bahasa tidak mendukung fitur itu), tetapi Anda harus memiliki kebebasan untuk mendistribusikan formulir tersebut harus Anda menemukan atau mengembangkan cara untuk membuat mereka.

Dalam rangka untuk kebebasan 1 dan 3 (kebebasan untuk melakukan perubahan dan kebebasan untuk mempublikasikan versi yang lebih baik) menjadi berarti, Anda harus memiliki akses ke kode sumber program. Oleh karena itu, aksesibilitas dari kode sumber merupakan syarat mutlak untuk perangkat lunak bebas. Obfuscated “source code” kode sumber tidak nyata dan tidak dihitung sebagai kode sumber.

Kebebasan 1 mencakup kebebasan untuk menggunakan versi Anda berubah di tempat yang asli. Jika program ini disampaikan dalam sebuah produk yang dirancang untuk menjalankan orang lain versi modifikasi tapi menolak untuk menjalankan Anda – sebuah praktek yang dikenal sebagai “tivoizasi” atau (dalam praktisi ‘terminologi jahat) sebagai “boot aman” – kebebasan 1 menjadi fiksi teoritis agak dari kebebasan praktis. Ini tidak cukup. Dengan kata lain, binari ini bukan perangkat lunak bebas bahkan jika kode sumber dikompilasi dari mereka adalah gratis.

Salah satu cara penting untuk memodifikasi program adalah dengan penggabungan dalam subrutin gratis yang tersedia dan modul. Jika lisensi program mengatakan bahwa Anda tidak bisa menggabungkan dalam sebuah modul yang ada sesuai berlisensi – misalnya, jika mengharuskan anda untuk menjadi pemegang hak cipta kode Anda tambahkan – maka lisensi ini terlalu ketat untuk memenuhi syarat sebagai bebas.

Kebebasan 3 termasuk kebebasan untuk merilis versi Anda dimodifikasi sebagai perangkat lunak bebas. Sebuah lisensi bebas juga dapat mengizinkan cara lain untuk melepaskan mereka, dalam kata lain, tidak harus menjadi copyleft lisensi. Namun, sebuah lisensi yang memerlukan versi modifikasi menjadi nonfree tidak memenuhi syarat sebagai lisensi gratis.

Agar kebebasan tersebut menjadi nyata, mereka harus bersifat permanen dan tidak dapat dibatalkan selama anda tidak melakukan apapun yang salah, jika pengembang perangkat lunak memiliki kekuatan untuk mencabut lisensi, atau retroaktif perubahan syarat, tanpa anda melakukan sesuatu yang salah untuk memberi penyebab, perangkat lunak tidak bebas.

Namun, aturan tertentu mengenai tata cara pendistribusian perangkat lunak bebas dapat diterima, ketika mereka tidak bertentangan dengan hakikat inti dari kebebasan. Sebagai contoh, copyleft (sangat sederhana lain) adalah aturan bahwa ketika mendistribusikan program, Anda tidak dapat menambahkan pembatasan untuk menyangkal orang lain hakikat inti dari kebebasan. Aturan ini tidak bertentangan dengan hakikat inti dari kebebasan, melainkan melindungi mereka.

“Perangkat lunak bebas” tidak berarti “non-komersial.” Sebuah program bebas harus tersedia untuk penggunaan komersial, pengembangan komersial, dan distribusi komersial. Komersial pengembangan perangkat lunak bebas tidak lagi tidak biasa, perangkat lunak bebas yang komersial sangat penting. Anda mungkin harus membayar untuk mendapatkan salinan dari perangkat lunak bebas, atau mungkin juga anda mendapatkannya secara cuma-cuma. Tetapi terlepas dari cara mendapatkan salinan Anda, Anda selalu memiliki kebebasan untuk menyalin dan mengubah perangkat lunak, bahkan untuk menjual salinan .

Apakah perubahan merupakan perbaikan adalah masalah subjektif. Jika modifikasi anda terbatas, secara substansi, perubahan bahwa orang lain menganggap perbaikan, yang tidak kebebasan.

Namun, aturan tentang bagaimana sebuah paket versi modifikasi dapat diterima, jika mereka tidak secara substantif membatasi kebebasan anda untuk mempublikasikan ulang modifikasinya, atau kebebasan Anda untuk membuat dan menggunakan versi modifikasi pribadi. Dengan demikian, dapat diterima untuk lisensi untuk mengharuskan Anda mengubah nama versi modifikasi, menghapus logo, atau mengidentifikasi modifikasi Anda seperti milik Anda. Selama persyaratan ini tidak begitu memberatkan bahwa mereka secara efektif menghambat Anda dari melepaskan perubahan Anda, mereka dapat diterima, Anda sudah membuat perubahan lain ke program, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan membuat beberapa lagi.

Aturan bahwa “jika Anda membuat versi tersedia dalam cara ini, Anda harus membuatnya tersedia dalam cara yang juga” bisa diterima juga, pada kondisi yang sama. Sebuah contoh dari aturan yang dapat diterima adalah salah satu mengatakan bahwa jika Anda memiliki didistribusikan versi dimodifikasi dan pengembang sebelumnya meminta salinan itu, anda harus mengirim satu. (Perhatikan bahwa aturan tersebut masih memberikan anda pilihan apakah akan mendistribusikan versi Anda sama sekali.) Aturan yang membutuhkan pelepasan kode sumber untuk pengguna untuk versi yang Anda dimasukkan ke dalam penggunaan umum juga dapat diterima.

Dalam proyek GNU, kami menggunakan copyleft untuk melindungi kebebasan secara hukum untuk semua orang. Tapi perangkat lunak bebas noncopylefted juga ada. Kami percaya ada alasan penting mengapa lebih baik menggunakan copyleft , namun jika program anda adalah noncopylefted perangkat lunak bebas, itu masih pada dasarnya etis. (Lihat juga kategori dari perangkat lunak bebas untuk penjelasan tentang bagaimana “perangkat lunak bebas,” “perangkat lunak copyleft” serta kategori perangkat lunak lainnya berhubungan satu sama lain.)

Terkadang sebuah pemerintah mengeluarkan aturan pembatasan ekspor dan sanksi perdagangan yang dapat membatasi kebebasan anda untuk menyebarkan salinan program secara internasional. Pengembang perangkat lunak tidak memiliki kekuatan untuk meniadakan atau mengesampingkan pembatasan ini, tapi apa yang mereka dapat dan harus lakukan ialah menolak untuk menetapkan mereka sebagai persyaratan penggunaan program. Dengan cara ini, pembatasan tidak akan mempengaruhi kegiatan dan orang-orang di luar wilayah hukum pemerintah tersebut. Jadi, lisensi perangkat lunak bebas tidak harus mensyaratkan ketaatan kepada peraturan ekspor sebagai syarat dari setiap kebebasan penting.

Lisensi perangkat lunak paling bebas didasarkan pada hak cipta, dan ada batasan pada apa jenis persyaratan dapat dipaksakan melalui hak cipta. Jika hak cipta berbasis menghormati kebebasan lisensi dengan cara yang dijelaskan di atas, tidak mungkin untuk memiliki beberapa jenis lain dari masalah yang kita tidak pernah diantisipasi (meskipun hal ini terjadi kadang-kadang). Namun, beberapa lisensi perangkat lunak bebas didasarkan pada kontrak, dan kontrak bisa memaksakan berbagai jauh lebih besar dari pembatasan mungkin. Itu berarti ada banyak kemungkinan cara seperti izin bisa membatasi dan tidak dapat diterima nonfree.

Kita tidak mungkin daftar semua cara yang mungkin terjadi. Jika lisensi berdasarkan kontrak membatasi pengguna dalam cara yang tidak biasa bahwa hak cipta berbasis lisensi tak bisa, dan yang tidak disebutkan di sini sebagai sah, kita harus berpikir tentang hal ini, dan kita mungkin akan menyimpulkan itu adalah nonfree.

Ketika berbicara tentang perangkat lunak bebas, yang terbaik adalah jangan menggunakan istilah seperti “memberikan” atau “gratis”, karena istilah tersebut mengacu masalah adalah tentang harga, bukan kebebasan. Beberapa istilah umum seperti “pembajakan” mewujudkan pendapat kami berharap Anda tidak akan mendukung. Lihat Kata-kata dan Frase Membingungkan yang Sebaiknya Dihindari untuk diskusi tentang istilah-istilah ini. Kami juga memiliki daftar yang tepat terjemahan “perangkat lunak bebas” ke dalam berbagai bahasa.

Akhirnya, perhatikan bahwa kriteria seperti yang disebutkan dalam definisi perangkat lunak bebas membutuhkan pemikiran yang seksama untuk interpretasi mereka. Untuk memutuskan apakah suatu lisensi tertentu layak disebut perangkat lunak lisensi perangkat lunak bebas, kita menilai itu berdasarkan kriteria tersebut untuk menentukan apakah cocok semangat mereka serta kata-kata yang tepat. Jika sebuah lisensi tersebut menetapkan pembatasan yang tidak wajar, kami menolaknya, bahkan jika kita tidak mengantisipasi kriteria tersebut sebelumnya. Terkadang sebuah lisensi mensyaratkan masalah yang memerlukan pemikiran yang luas, termasuk diskusi dengan para pengacara, sebelum kita dapat memutuskan apakah persyaratan diterima. Ketika kita mencapai kesimpulan tentang masalah baru, kita sering memperbarui kriteria untuk membuatnya lebih mudah untuk melihat mengapa lisensi tertentu atau tidak memenuhi syarat.

Jika Anda tertarik apakah lisensi tertentu layak disebut perangkat lunak bebas lisensi, lihat kami daftar lisensi . Jika lisensi prihatin dengan tidak terdaftar di sana, Anda dapat meminta kami tentang hal ini dengan mengirimkan email di <licensing@gnu.org> .

Jika Anda merenungkan menulis lisensi baru, silahkan hubungi Free Software Foundation pertama dengan menulis ke alamat tersebut. Perkembangan yang berbeda lisensi perangkat lunak bebas berarti bekerja meningkat untuk pengguna dalam memahami lisensi, kita mungkin dapat membantu Anda menemukan perangkat lunak yang ada lisensi bebas yang memenuhi kebutuhan Anda.

Jika itu tidak mungkin, jika Anda benar-benar membutuhkan lisensi baru, dengan bantuan kami, Anda dapat memastikan bahwa lisensi tersebut adalah lisensi perangkat lunak bebas dan menghindari berbagai masalah praktis.

Selain Software

Manual perangkat lunak harus bebas , untuk alasan yang sama bahwa perangkat lunak harus bebas, dan karena manual dalam bagian efek dari perangkat lunak.

Argumen yang sama juga masuk akal untuk jenis lain karya penggunaan praktis – yang mengatakan, karya-karya yang mewujudkan pengetahuan yang berguna, seperti karya-karya pendidikan dan karya referensi. Wikipedia adalah contoh yang paling terkenal.

Setiap jenis pekerjaan bisa bebas, dan definisi perangkat lunak bebas telah diperpanjang untuk definisi karya-karya budaya bebas berlaku untuk semua jenis karya.

Open Source?

Kelompok lain telah mulai menggunakan “open source” untuk berarti menutup sesuatu (tetapi tidak identik) dengan Kami lebih memilih “perangkat lunak bebas” istilah “perangkat lunak bebas.” Karena, sekali Anda telah mendengar bahwa itu merujuk ke kebebasan bukan harga, itu panggilan ke kebebasan pikiran. Kata “terbuka” tidak pernah merujuk ke kebebasan .

Sejarah

Dari waktu ke waktu kami merevisi definisi Free Software untuk memperjelas hal itu. Berikut kami berikan daftar dari orang modifikasi, beserta link untuk menggambarkan apa yang berubah, sehingga orang lain dapat memeriksa mereka jika mereka suka.

  • Versi 1,92 : Memperjelas bahwa kode dikaburkan tidak memenuhi syarat sebagai kode sumber.
  • Versi 1.90 : Memperjelas bahwa kebebasan 3 berarti hak untuk mendistribusikan salinan dari versi Anda sendiri dimodifikasi atau diperbaiki, bukan hak untuk berpartisipasi dalam proyek pengembangan orang lain.
  • Versi 1,89 : Kebebasan 3 meliputi hak untuk merilis versi dimodifikasi sebagai perangkat lunak bebas.
  • Versi 1.80 : Kebebasan 1 harus praktis, bukan hanya teoritis; yaitu, tidak ada tivoizasi.
  • Versi 1.77 : Memperjelas bahwa semua perubahan retroaktif untuk lisensi tidak dapat diterima, bahkan jika itu tidak digambarkan sebagai pengganti yang lengkap.
  • Versi 1.74: Empat klarifikasi dari poin tidak cukup eksplisit, atau dinyatakan di beberapa tempat tapi tidak tercermin di mana-mana:
    • “Perbaikan” tidak berarti lisensi secara substantif dapat membatasi apa jenis versi modifikasi Anda dapat melepaskan. Kebebasan 3 termasuk mendistribusikan versi modifikasi, tidak hanya perubahan.
    • Hak untuk bergabung dalam modul yang ada mengacu kepada mereka yang sesuai berlisensi.
    • Secara eksplisit negara kesimpulan dari titik tentang kontrol ekspor.
    • Memaksakan mengubah lisensi merupakan pencabutan lisensi lama.
  • Versi 1,57 : Tambahkan “Beyond Perangkat Lunak” bagian.
  • Versi 1,46 : Memperjelas yang tujuannya adalah signifikan dalam kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apapun.
  • Versi 1.41 : Memperjelas kata-kata tentang kontrak berbasis lisensi.
  • Versi 1,40 : Jelaskan bahwa lisensi bebas harus memungkinkan untuk Anda menggunakan perangkat lunak bebas lain yang tersedia untuk membuat modifikasi Anda.
  • Versi 1.39 : Perhatikan bahwa dapat diterima untuk lisensi untuk mengharuskan Anda untuk menyediakan sumber untuk versi perangkat lunak yang Anda dimasukkan ke dalam penggunaan umum.
  • Versi 1.31 : Perhatikan bahwa dapat diterima untuk lisensi untuk mengharuskan Anda untuk mengidentifikasi diri Anda sebagai penulis modifikasi. Kecil lainnya klarifikasi seluruh teks.
  • Versi 1.23 : Alamat potensi masalah terkait dengan kontrak berbasis lisensi.
  • Versi 1.16 : Jelaskan mengapa distribusi binari adalah penting.
  • Versi 1.11 : Catatan bahwa lisensi gratis mungkin mengharuskan Anda untuk mengirimkan salinan dari versi Anda mendistribusikan kepada penulis.

Ada kesenjangan di nomor versi karena ada banyak perubahan lain yang tidak mempengaruhi substansi dari definisi sama sekali. Sebaliknya, mereka memperbaiki link, tambahkan terjemahan, dan sebagainya. Jika Anda ingin meninjau daftar lengkap perubahan, Anda dapat melakukannya pada kita antarmuka cvsweb .

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: