RSS

11 cara untuk membuat sebuah distro Linux yang sukses

08 Jul

Apa yang dapat Anda lakukan untuk berdiri keluar dari ratusan distro Linux lain yang sudah ada?

Ada sejumlah sudut Anda dapat menjelajahi untuk ini – memilih satu, dua atau semua dari mereka jika Anda inginkan!

1. Jadilah canggih

Pada puncaknya, Mandriva terkenal karena termasuk perangkat lunak yang sangat terbaru, tetapi manajemen memutuskan untuk fokus kurang pada fitur dan lebih pada stabilitas, yang berarti lebih tua, “diuji” perangkat lunak menjadi norma, dan banyak pengguna ke kiri untuk menemukan mereka memotong- memperbaiki tepi tempat lain. 

Demikian pula, Ubuntu diluncurkan sebagai versi up-to-date dari Debian, tetapi juga telah menjadi mangsa masalah yang sama – Ubuntu 8.10 tidak akan menyertakan Mono 2.0, misalnya, meskipun itu dirilis sebulan sebelum kapal distro.

Kami juga menyadari membeku fitur dan stabilitas lainnya-meningkatkan teknik, tetapi jika Anda ingin menangkap pasar untuk memotong-tepi perangkat lunak maka Anda perlu untuk melupakan sopan santun tersebut dan fokus untuk mendapatkan perangkat lunak ke dalam distro Anda secepat Anda bisa. Pengguna Anda akan berterima kasih untuk itu!

2. Menjadi super-stabil

Kebalikan dari yang di tepi pemotongan-sedang sangat stabil, yang berarti memilih pilihan Anda dari aplikasi dari sturdiest, yang paling diuji dan pilihan yang paling dapat diandalkan tersedia untuk Anda.

Ya, ini tidak berarti pengiriman OpenOffice.org 2.x bukan 3.x, tetapi juga berarti Anda harus memiliki laporan bug yang lebih sedikit karena software yang Anda berikan telah melalui tahun pengujian dan memperbaiki.

The downside ke rencana ini adalah distro stabil yang memerlukan tahun dukungan – Ubuntu LTS dilengkapi dengan lima tahun dukungan pada desktop, dan Red Hat Enterprise Linux datang dengan tujuh. Jika Anda bertujuan untuk bersaing di pasar ini, Anda harus siap untuk memberikan banyak backports update keamanan dan sejenisnya.

3. Jadilah super-ringan

Salah satu fitur yang paling mengesankan dari perangkat lunak open source adalah kemampuan nyata untuk melebihi upaya Intel untuk meningkatkan kinerja komputer kita. Dengan itu kita berarti bahwa beberapa aplikasi yang paling populer perangkat lunak bebas memiliki reputasi untuk menjadi lambat, RAM-lapar atau sumber daya yang intensif, yang mengapa ada seperti pasar untuk thin-dan-cahaya distro.

Idenya di sini adalah sederhana: daripada memilih Aplikasi A untuk distro Anda, yang menggunakan 100MB RAM, pilih Aplikasi B, yang menggunakan 10MB RAM. Ulangi bahwa untuk hampir semua di distro Anda (tidak termasuk aplikasi jujur ​​Anda merasa Anda tidak bisa hidup tanpa), dan tiba-tiba bahkan Pentium II sudah mulai terlihat cepat.

Sekali lagi, ada banyak persaingan di ruang ini, tapi semua terlalu sering Anda langsung mendapatkan sebuah desktop yang berfungsi penuh dan lemak, atau Anda mendapatkan desktop ramping-dan-cahaya dengan melihat dan merasa sejajar dengan Windows 3.1. Mungkin ada ruang bagi Anda untuk berinovasi di suatu tempat di antara?

4. Fokus pada sekelompok pengguna

Jika Anda ingin membangun sebuah kelompok pengguna setia, memberi mereka cinta: membuat sebuah distro yang berfokus pada kebutuhan jenis tertentu pengguna, dan Anda akan menemukan bahwa mereka tetap dengan Anda melalui tebal dan tipis. Jadi, daripada membuat distro lain melakukan-segala sesuatu yang mencakup semua basis, mengapa tidak membuat sebuah distro yang berfokus pada pengembang? Atau seniman? Atau gamer?

Hal ini memungkinkan Anda untuk langsing pilihan Anda paket ke penting untuk target pasar Anda, kemudian memungkinkan Anda pra-mengatur semua pilihan yang mereka paling ingin melihat. Sebagai contoh, di sini di Towers LXF kita penggemar besar pemrograman dengan Mono. Mengapa tidak membuat sebuah distro dengan semua perpustakaan dan dokumentasi terinstal Mono, bersama dengan semua Mono berbasis aplikasi terbaik untuk mencari inspirasi?

5. Terlihat baik

Dengan kata Shuttleworth, “cukup adalah fitur”. Jika rata-rata pengguna untuk memilih antara dua distro yang identik terlepas dari penampilan mereka dan merasa, tentu saja mereka akan memilih salah satu yang terlihat yang terbaik. Yang mengatakan, “terbaik” jelas sangat subjektif – kita tidak penggemar tertentu dari antarmuka bertinta hitam Sabayon, dan belum banyak orang lain pikir itu terlihat cerdas dan canggih.

Demikian pula, Ubuntu cokelat dapat terlihat hangat dan manusia atau kusam dan 1970 tergantung pada latar belakang Anda. Jadi, ketika datang ke distro Anda sendiri, silakan memberikan beberapa pemikiran untuk tampilan dan nuansa – tidak hanya mengharapkan orang untuk menyesuaikan desain sesuai selera mereka, karena jika desain awal Anda terlihat buruk maka orang hanya akan menyerah.

Ada dua pilihan untuk Anda di sini: membuat tema Anda sendiri untuk desktop Anda, atau pergi untuk default. Sangat mudah untuk membuat tema, dan Anda dapat meminjam potongan-potongan dari tempat-tempat lain jika Gimp bukan keahliannya Anda. Tapi ada banyak nilai untuk pergi untuk tampilan default dan tema untuk desktop Anda, karena begitu banyak distro bersikeras pada hal-hal branding dengan logo mereka. Jadi daripada memiliki tombol K untuk KDE Anda mendapatkan tokek, atau Anda mendapatkan logo Ubuntu daripada kaki Gnome di menu bar.

6. Bertujuan untuk kemudahan penggunaan

Yang satu ini menjadi sedikit lelah hari ini – Mandriva adalah distro pertama yang benar-benar membuatnya bekerja, tetapi sekarang beberapa distro bersaing untuk judul yang paling mudah digunakan. Dan kerugian tidak berakhir di sana: karena mudah digunakan selalu berarti harus menciptakan alat sendiri grafis untuk admin sistem dasar, dan Anda harus mengharapkan banyak kritik dari beberapa anggota masyarakat yang lebih agresif untuk “dumbing down” Linux.

Namun, jika Anda berhasil membuat Linux mudah digunakan, maka Anda menargetkan pasar yang paling penting: orang-orang yang Windows / pengguna Mac dan ingin lompat dari kapal ke Linux.

Alternatif lain adalah untuk memainkan kartu Slackware, yang berarti sama sekali tidak menciptakan kemudahan menggunakan alat dan membiarkan pengguna mendapatkan dengan itu. Itu mungkin terdengar buruk di atas kertas, tetapi banyak pengguna benar-benar tidak menyukai lebih maju cara bahwa beberapa distro menimpa pengaturan mereka disesuaikan dengan mencoba untuk menjadi “mudah”, yang berarti bahwa sesuatu seperti Slackware memiliki banyak banding.

7. Fokus pada bahasa atau negara

Ini merupakan pilihan termudah, baik untuk membuat distro dan untuk menarik basis pengguna instan. Sisi negatifnya, bukan ditebak, adalah bahwa hal itu lebih membutuhkan Anda untuk datang dari / tinggal di negara dengan dukungan perangkat lunak lemah gratis, namun Anda akan terkejut melihat betapa sukses Anda dapat jika Anda mencoba.

Ingat, jika bahasa Anda dalam minoritas di negara Anda (berpikir Skotlandia Gaelik Skotlandia), Anda mungkin dapat mencuri beberapa dana pemerintah untuk membantu mempromosikan kelangsungan hidup dan propagasi.

8. Memecahkan masalah

Pilihan ini terdengar mudah, tetapi sebenarnya tidak: menemukan masalah bahwa banyak orang telah dengan komputer atau dengan Linux, lalu menyelesaikannya.

Kedengarannya mudah karena setiap orang memiliki masalah dengan komputer mereka, tapi itu tidak mudah karena industri komputasi pasar massal telah berusaha untuk perbaikan selama 20 tahun terakhir sekarang dan masalah tersebut masih ada meskipun upaya terbaik perusahaan terbesar di dunia perangkat lunak.

Uang cerdas adalah pada penanganan masalah kecil, atau setidaknya melanggar satu lebih besar menjadi potongan-potongan kecil, sehingga Anda dapat membuat kemajuan dengan mudah.

9. Membangun sebuah komunitas

Beberapa distro, terutama PCLinuxOS, berutang sejumlah besar popularitas mereka pada komunitas mereka ramah dan terbuka, dan itu tidak sulit untuk meniru keberhasilan mereka.

Kunci untuk mendapatkan sebuah komunitas besar adalah untuk membantu pengguna membantu diri mereka sendiri dan satu sama lain sedini mungkin. Artinya, jika satu-satunya orang yang dapat menjawab pertanyaan tentang distro Anda ahli, maka hanya sedikit orang akan dapat membantu membangun masyarakat.

Tetapi jika distro Anda dirancang sedemikian rupa sehingga bahkan orang-orang dengan hanya beberapa hari belajar sudah bisa mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan forum, maka Anda akan menemukan orang-orang bergabung dalam lebih cepat dan mata air seluruh masyarakat sampai pada kecepatan kilat.

10. Sasaran beberapa hardware

Ini adalah pilihan yang menggiurkan tapi sulit: menggoda karena jika Anda bisa mendapatkan port Linux baik pada perangkat tertentu maka Anda akan merasa mudah untuk mendapatkan pengguna dan bahkan mungkin mendapatkan dukungan atau pendanaan dari produsen, sulit karena Anda perlu melakukan banyak sekali dari kerja keras sendiri – jika istilah “cross-compiling” berarti apa-apa bagi Anda, maka ini adalah sesuatu yang pasti untuk meninggalkan sendirian.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Juli 2011 in Tips and Trick

 

Tag:

One response to “11 cara untuk membuat sebuah distro Linux yang sukses

  1. xsanlahci

    19 Oktober 2013 at 9:08 PM

    bro ini pake google translate ya?? ada link sumber bro?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: