RSS

10 best alternative operating systems

08 Jul

Sekarang, seseorang, suatu tempat sedang mengembangkan sistem operasi fitur pembunuh dari masa depan – fitur yang akan mengubah komputasi dan membuat kita bertanya-tanya bagaimana kita hidup tanpa itu.

Namun, orang yang bertanggung jawab mungkin tidak mencangkok jauh di laboratorium dari Microsoft, Apple atau Red Hat – dia lebih mungkin bekerja di kamar tidur atau loteng.

Perusahaan besar dapat tumbuh segan untuk berubah, lambat untuk bergerak dan mengadopsi teknologi baru. Fitur harus meningkat melalui badan-badan persetujuan, manajemen dan kacang-counter. Proyek hobi tidak memiliki tekanan-tekanan komersial dan dapat melakukan percobaan dengan bebas. 

Ini mungkin tampak berani mengklaim bahwa Windows berikutnya adalah memasak di rumah beberapa programmer paruh-waktu, tapi itu bukan hal baru. Microsoft OS kerajaan mulai dengan pembelian QDOS, yang berdiri untuk ‘Sistem Operasi Quick and Dirty’. Apple tidak membuat Mac OS X dari udara tipis, tetapi mengambil sebuah kernel open source dan beberapa kode BSD (didasarkan pada akademisi) untuk mendapatkan dasar-dasar sistem operasi kerja.

Proyek-proyek yang paling sukses sering memulai kehidupan dengan cara yang kita tidak harapkan, dan dapat memakan waktu cukup lama untuk potensi mereka untuk diwujudkan sepenuhnya.

Ke masa depan

Kita akan melihat sistem operasi alternatif terbaik, dengan potensi untuk mengubah lanskap komputasi selama dekade berikutnya. Hanya ada satu aturan – ada Microsoft, Apple atau Linux.

Sementara beberapa sistem operasi baru masih relatif awal dalam pengembangan, teknologi yang mereka memperkenalkan bisa membuat jalan ke babak berikutnya update untuk mainstream OS yang kita gunakan. Membantu, Anda dapat mencoba proyek-proyek ini tanpa harus partisi ulang hard drive berkat ke virtualisasi (dan gratis) PC yang sangat baik dan alat emulasi tersedia dari www.virtualbox.org .

Ini OS semua disediakan sebagai gambar disk – biasanya ISO CD – sehingga Anda dapat menginstal VirtualBox, ambil ISO dan memberitahu VirtualBox untuk boot dari itu untuk mencobanya. Anda dapat membakar file ISO ke CD-R dan boot mereka di PC asli Anda jika ingin melihat bagaimana mereka menangani bare metal, tapi ingat bahwa rilis pertengahan pembangunan bisa mengandung bug.

1. GNU / HURD

Berjuang untuk microkernels
www.gnu.org / software / Hurd

Proyek GNU mulai pada tahun 1984 untuk membuat perangkat lunak benar-benar gratis Unix OS. Pada awal 90-an telah banyak alat selesai, tapi masih ada kernel. Linux tiba dan dipasangkan dengan GNU untuk membentuk apa yang sekarang kita sebut Linux (juga dikenal sebagai GNU / Linux).

Namun, proyek GNU telah mengembangkan sebuah kernel yang disebut HURD. Hal ini didasarkan pada mikrokernel Mach, seperti yang digunakan di Mac OS X, dan terdiri dari server yang berjalan di ruang alamat mereka sendiri.

Ada layanan untuk driver perangkat keras, filesystem, otentikasi dan banyak lagi. Ini adalah lebih terisolasi daripada di OS yang khas, sehingga HURD harus – secara teori – akan lebih dapat diandalkan. Ini juga akan lebih mudah untuk memperbarui dan mengganti komponen OS tanpa reboot.

2. JNode

Desktop Jawa yang ekstrim
www.jnode.org

Kejayaan Jawa pada desktop sudah lama hilang, dengan permainan berbasis web dan aplikasi sebagian besar disampaikan oleh Flash dan HTML5. Tapi ada satu proyek yang bertujuan untuk membuktikan bahwa Jawa masih bisa hack itu ketika datang ke komputer desktop – JNode.

Terlepas dari inti yang sangat kecil perakitan bahasa, sebagian besar sistem operasi JNode ditulis di Jawa. Tujuan JNode adalah untuk menjalankan aplikasi Java, meskipun saat ini hanya pada versi 0.2.8.

Antarmuka yang sederhana, ada beberapa dokumentasi online yang layak, dan kemajuan sedang dibuat terhadap 0,3. Fitur masa depan yang direncanakan meliputi konsumsi memori yang lebih rendah, jaringan nirkabel dan lebih akselerasi hardware untuk video.

3. FreeVMS

Industri kekuatan OS
www.freevms.net

Kembali di tahun 70-an dan ’80-an, pesaing utama untuk Unix pada besar-besi hardware VMS. Terkenal karena stabilitas, berjalan pada chunky kulkas-seperti kotak yang disebut VAXes, itu termasuk pengelompokan canggih dan fitur keamanan untuk waktu, bersama dengan sistem versioning file otomatis.

Dave Cutler, salah satu desainer dari sistem operasi VMS, melanjutkan untuk memimpin pengembangan dari Windows NT, tapi OpenVMS terjebak sekitar dan sekarang berjalan pada sistem Itanium.

FreeVMS berjuang untuk membangun set fitur VMS, meskipun tidak seperti proyek kloning di mana pengembang bisa mendapatkan akses mudah ke OS asli, VMS guru sulit untuk menemukan. FreeVMS saat ini hanya di versi 0.4, tetapi masih membuat kemajuan yang solid.

4. DexOS

Mini OS dengan GUI konsol seperti
www.dex4u.com

Untuk sistem operasi desktop, kami mengharapkan berbagai macam furnitur biasa panel jendela, dan peluncur. DexOS adalah sebuah proyek kecil yang menyediakan pendekatan yang lebih mirip konsol.

Ini bekerja dalam dua cara: grafis front-end lebih seperti peluncur video game daripada OS tradisional, dan programmer dapat dengan mudah mengakses bare metal untuk kinerja maksimum. Ini adalah konsep yang menarik, dan mengambil Android dan iOS dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa metafora desktop tradisional komputasi mulai terlihat lama di gigi.

DexOS menunjukkan apa sekelompok coders paruh waktu hobi dapat mencapai, tanpa banyak dana atau dukungan komersial.

5. Neraka

Berbagi, di mana-mana
www.vitanuova.com/inferno/

Inferno telah melakukan putaran selama hampir satu dekade, dan dalam beberapa hal itu masih jauh di depan OS lainnya. Inferno dibangun menjadi OS didistribusikan – itu dirancang untuk berbagi sumber daya di seluruh mesin.

Menggunakan protokol yang disebut Styx, Inferno sistem yang berjalan dapat berbagi perangkat keras dan perangkat jaringan dengan satu sama lain mulus. Sebagai contoh, sebuah aplikasi pada kotak Inferno A dapat mengakses hard drive kotak B Inferno tanpa mengetahui itu sebenarnya pada mesin remote.

Neraka aplikasi yang ditulis dalam bahasa yang disebut Limbo, yang dikompilasi ke kode untuk sebuah mesin virtual yang disebut Dis, jadi mereka portabel di berbagai arsitektur Inferno mendukung.

6. KolibriOS

GUI OS tercepat ada?
www.kolibrios.org

Sistem operasi yang digunakan harus ditulis dalam bahasa assembly, tapi Anda akan sulit sekali menemukan banyak pohon sumber suatu OS yang modern. Memang benar bahwa pemrograman dalam perakitan adalah kerja keras, tetapi sering dapat menyebabkan hasil yang kompiler khas tidak dapat bersaing dengan.

KolibriOS, garpu dari MenuetOS, seluruhnya ditulis dalam perakitan, dan itu menunjukkan – itu kecil (4.9MB untuk ISO) dan ridiculously cepat (booting dalam beberapa detik). Meskipun demikian, itu termasuk web browser, mail client, permainan, utilitas desktop, demo mengesankan dan lebih, semua berjalan pada kecepatan cahaya.

Mereka tempat dekat sebagai fitur-dikemas sebagai rekan-rekan Windows mereka, tetapi mereka menggarisbawahi berapa banyak mengasapi dan kemubaziran kita sekarang digunakan untuk.

7. OpenBSD

Keamanan sebelum gaya
www.openbsd.org

Keamanan adalah mantra OpenBSD. Tidak seperti sistem operasi lain, yang mempertimbangkan keamanan fitur seperti kinerja atau kecantikan, tim OpenBSD tidak akan menambahkan kode apapun kecuali itu yakin bahwa itu benar-benar bebas dari lubang keamanan.

Ini audit bagian dari basis kode untuk kerentanan, dan telah membuat modifikasi pada perpustakaan standar C untuk mencegah buffer overruns dan masalah lainnya.

OpenBSD adalah non-penelitian pertama OS untuk mengintegrasikan fitur yang kita sekarang mengambil untuk diberikan, termasuk tata letak ruang alamat pengacakan, yang menempatkan perpustakaan dan bagian memori di lokasi secara acak dalam RAM, sehingga kerupuk tidak bisa menganggap lokasi mereka.

8. Aros

Sesuatu untuk Amiga pecinta
http://aros.sourceforge.net

Anda mungkin punya kenangan indah tentang Amiga. Para mempesona grafis dan suara renyah (ketika PC sedang faffing sekitar dengan modus teks dan beep), super-cepat multi-tasking, dan, eh, kurangnya memori yang dilindungi …

Nah, lupa bahwa yang terakhir. Ini adalah salah satu komputer paling dicintai sepanjang masa, dan masih memiliki banyak penggemar saat ini.

Aros – Penelitian Amiga Sistem Operasi – adalah sangat cepat. Blisteringly begitu. Ini kera desain Amiga, baik dangkal dan dengan inner, dan dirancang untuk menjadi sumber kompatibel dengan AmigaOS 3.1 (perangkat lunak yang ditulis untuk OS Amiga lama hanya harus perlu mengkompilasi ulang untuk bekerja).

Aros memiliki potensi besar sebagai OS ringan dan cepat untuk low-end netbook dan tablet.

9. ReactOS

Sumber Buka Windows klon yang bisa menyelamatkan bisnis uang
www.reactos.org

Jika Anda telah mencoba-coba di Linux, Anda mungkin pernah mendengar tentang WINE, sebuah lapisan kompatibilitas yang memungkinkan program-program tertentu Windows berjalan di Linux. Efektif, penyadapan panggilan ke Windows API, menggantinya dengan setara Linux. Ini mencakup bets sendiri DLL, tapi dapat menggunakan Windows asli DLL juga untuk kompatibilitas perangkat lunak ditingkatkan.

WINE yang berkisar dari kompatibilitas yang luar biasa untuk yang mengerikan, dengan fokus pada tiga-Sebuah aplikasi seperti Microsoft Office dan Photoshop. Umumnya, aplikasi yang lebih tua bekerja lebih baik, dan apa pun yang tidak menyodok di sekitar internal yang tak tercatat dari Windows memiliki kesempatan untuk berjalan.

Namun, WINE Mixes atas pendekatan Windows dan Unix untuk sistem operasi, dengan hasil akhir menjadi berantakan cukup jelek. Hal ini juga tidak dapat menggunakan driver Windows.

ReactOS bertujuan untuk memperbaiki semua ini. Bukannya lapisan di atas OS lain, ReactOS adalah sebuah proyek benar-benar mandiri, bootable dari menginstal atau live CD. Ini tidak menggunakan DLL WINE, tetapi memiliki bootloader sendiri, kernel dan lain tingkat rendah fasilitas yang seharusnya – secara teori – membuatnya kompatibel dengan driver Windows.

ReactOS bertujuan untuk menjadi open source, drop-in pengganti untuk Windows. Hal ini memberikan potensi untuk radikal mengguncang pasar. ReactOS, klon Windows, bisa satu hari Windows selanjutnya – setidaknya, untuk sepotong baik orang. Kedengarannya keterlaluan, tetapi mayoritas dari Windows kotak menjalankan rentang yang sangat kecil dari program-program: IE atau Firefox, MS Office dan beberapa permainan, dengan sedikit Photoshop atau Dreamweaver.

ReactOS tidak harus menjalankan aplikasi Windows 50.000 memadai; itu hanya perlu untuk menjalankan 10 besar dengan baik. Bayangkan Anda adalah produsen netbook di pasar yang ramai, dan anda ingin mendapatkan harga Anda ke serendah mungkin. Alih-alih membayar lisensi ke Microsoft untuk Windows, Anda dapat menginstal ReactOS pada komputer Anda secara gratis, menempatkan daftar kutu pada kotak yang mengatakan ‘Berjalan Microsoft Office, Internet Explorer, Photoshop dan World of Warcraft’ dan menyimpan banyak uang.

Atau bayangkan bahwa Anda seorang bisnis dengan 5.000 PC Windows yang perlu ditingkatkan karena XP adalah akhir kehidupan. Daripada membeli lisensi Windows 7 5.000, Anda bisa drop ReactOS setiap PC yang hanya menjalankan Office dan Outlook.

Skenario ini masih sementara off: ReactOS hanya pada versi 0.3.12, yang telah dikembangkan sejak tahun 90-an, dan masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Tapi kompatibilitas adalah meningkatkan dan Anda dapat melihat status program favorit Anda di http://www.reactos.org / compat.

10. Haiku

Kilat-cepat BeOS hidup dalam Haiku, cepat sederhana
www.haiku-os.org

Dan jadi kami datang ke proyek nomor satu – OS paling mungkin untuk menjadi hit besar desktop berikutnya. Mengapa kami memilih Haiku untuk slot ini?

Pertama, berniat untuk hanya menciptakan sistem operasi yang ada, BeOS, namun sumber sebagai terbuka. Tidak ada ruang untuk perubahan arah, fitur baru acak atau argumen tanpa akhir di milis tentang keputusan desain sepele.

Kedua, para pengembang bersemangat tentang pekerjaan mereka – mereka mencintai BeOS. Ketiga, banyak perhatian telah dibayarkan kepada presentasi, dokumentasi dan bit lainnya pengembang sering mengabaikan karena mereka lebih suka menjadi kode hacking.

Jika Anda aktif di dunia PC di akhir 1990-an, Anda mungkin ingat BeOS. Dirancang untuk PowerPC, itu porting ke arsitektur PC x86, menawarkan pengalaman unik yang dirancang dari atas tanah-untuk komputasi desktop.

BeOS demo biasanya menunjukkan teko OpenGL berjalan sempurna berputar beberapa di layar sebagai MP3 beberapa dimainkan di latar belakang. Pada hari-hari Windows 9x dan Mac OS 8 / 9, kinerja BeOS bintang itu, kesederhanaan dan kurangnya beban historis menang tentara penggemar hardcore.

Sistem file yang didukung atribut untuk menyimpan metadata, dengan fitur sehingga agak mirip database.

Namun, dari perspektif komersial, BeOS sangat menderita. Jadilah Inc, pembuat OS, menemukan sangat sulit untuk masuk ke pasar yang didominasi Windows PC. Pada akhirnya, Jadilah Inc menggugat Microsoft karena dituduh mencegah pembuat PC dari menjual BeOS mesin; Microsoft tidak pernah mengaku bersalah, tapi diselesaikan di luar pengadilan sebesar $ 23 juta. Namun, dengan titik ini sudah terlambat untuk BeOS untuk mendapatkan pijakan yang serius di pasar.

Haiku, sebelumnya dikenal sebagai OpenBeOS, mulai hidup pada tahun 2001 dan sekarang mampu menjalankan banyak program tua BeOS (bersama dengan port baru seperti Firefox). Ini mempertahankan arsitektur, bersih dan modern dan desain desktop BeOS, namun dengan menambahkan dukungan untuk perangkat keras yang lebih baru.

Para pengembang sangat besar BeOS penggemar – mereka terjebak oleh OS di masa sulit dan masih juara kekuatan hari ini. Mereka juga telah menempatkan banyak usaha dalam membuat website terlihat pintar dan memastikan dokumentasi yang menyeluruh.

Haiku menawarkan kesempatan untuk membawa kecepatan, kesederhanaan dan kembali kenikmatan untuk komputasi. Ini adalah sistem yang dirancang murni sebagai sistem, operasi desktop yang modern grafis tanpa membawa karung beban historis.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Juli 2011 in Best of The Best, Distro Terbaik 2011

 

Tag: ,

One response to “10 best alternative operating systems

  1. Michel Sow

    12 Maret 2012 at 5:58 AM

    Rattling nice design and great subject matter, nothing at all else we require :D.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: