RSS

Membuat Linux lebih cepat, lebih ringan dan lebih kuat (1)

07 Jul
opera

1. Membuat Booting dengan cepat

Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda bisa membuat secangkir teh dan meminumnya dalam waktu yang dibutuhkan sistem operasi komputer Anda untuk boot (dengan satu pengecualian). Atas dasar itu, Anda mungkin berpikir bahwa mesin Linux Anda sudah tampil di kecepatan tercepat mungkin, kan?

Sayangnya, hal ini tidak selalu terjadi. Masyarakat mengembangkan distribusi utama Linux memiliki untuk menarik khalayak seluas mungkin dan memastikan kompatibilitas dengan jangkauan terluas perangkat keras.

Ini berarti bahwa seseorang yang menjalankan sebuah distro utama pada netbook atau PC low-end juga mungkin menggunakan banyak pengaturan yang sama seperti seseorang dengan mesin game high-end. Tapi itu tidak harus seperti ini!

Dengan hanya beberapa tweak dan beberapa percobaan, sistem Linux Anda dapat menyadari potensi yang belum dimanfaatkan mesin anda.

Apakah Anda memiliki prosesor dual-core? Manfaatkan ini dengan menjalankan proses boot secara paralel. Apakah Anda memiliki memori lebih dari yang Anda tahu apa yang harus dilakukan dengan? Anda bisa mencoba cache data dalam memori daripada bertukar ruang untuk akses lebih cepat.

Kekuatan besar favorit semua orang gratis OS yang dapat disesuaikan dari bawah ke atas, sehingga Linux adalah alat yang ideal untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tapi begitu Anda memiliki sistem ultrafast, bagaimana Anda bisa menjadi lebih produktif?

Cara membuat boot Linux lebih cepat

Setiap mesin produktif perlu berdiri dan berjalan secepat mungkin, dan boot lambat dapat menghambat usaha Anda – yang mengapa waktu boot adalah hal pertama yang kami pikir tentang meningkatkan.

Satu kata peringatan sebelum Anda mulai: kami sarankan Anda membuat cadangan sebelum Anda membuat perubahan, sebagai bug di bootloader Anda dapat membuat kotak Linux Anda unbootable!

Hapus timeout

Anda mungkin memperhatikan bahwa setiap kali Anda boot ada hitungan mundur kecil dari tiga menjadi nol. Ini awalnya diperkenalkan untuk memastikan bahwa perangkat keras lama dimuat modul pada saat kernel untuk boot.

Hal ini tidak diperlukan untuk sistem modern, dan dapat dihapus dengan membuka / boot / grub / menu.lst dalam editor teks dengan hak akses root dan menemukan garis yang menunjukkan:

timeout = 3

Setelah Anda telah menemukan itu, mengubah nilai menjadi nol. Simpan dan keluar kemudian reboot dan Anda harus melihat Anda memiliki hanya mengetuk tiga detik dari waktu boot Anda.

Meningkatkan kinerja disk

Jika Anda memiliki DMA-kompatibel (Direct Memory Access) hard drive, Anda dapat meningkatkan throughput data tiga kali lipat dengan tweak sederhana. Ini akan meningkatkan waktu boot karena kali membaca akan berkurang, dan kinerja secara keseluruhan akan meningkatkan setiap kali hard disk diakses.

Mulailah dengan menginstal hdparm melalui manajer paket Anda, kemudian jalankan terminal root dan ketik:

hdparm-d1 / dev/hda1

mengganti / dev/hda1 dengan lokasi partisi boot Anda untuk meningkatkan waktu startup atau partisi root untuk meningkatkan kinerja umum.

Pengguna Gnome dapat memiliki ini dijalankan secara otomatis setiap startup dengan menuju ke Sistem>> Administrasi Layanan. Anda kemudian dapat menambahkan baris ini sebagai entri dengan gksudo di awal untuk memastikan berjalan dengan hak akses root tanpa memerlukan otentikasi tambahan.

Terminal

CEPAT BOOTS: Anda bisa mengedit file teks dan restart komputer Anda ke profil sistem anda, atau hanya klik beberapa tombol di Grub

Jalankan proses boot secara paralel

Paralelisme dapat menyebabkan meningkatkan kinerja besar, karena menjalankan dua proses sekaligus akan mengambil setengah waktu mereka berjalan berurutan (setidaknya dalam teori). Anda dapat mengambil keuntungan dari teknik ini dalam Grub dengan menembakkan file / etc / init.d / rc dalam editor teks dengan hak akses root dan menemukan baris berikut:

Concurrency = none

Anda kemudian akan menggantikan tidak dengan shell sebelum menyimpan dan menutup editor teks anda. Ketika Anda reboot Anda akan melihat penurunan yang nyata pada saat boot anda (sekitar satu atau dua detik dalam banyak kasus).

Jika Anda tidak melihat peningkatan, hal ini karena tweak ini ditujukan terutama pada sistem dengan multi-core. Jika Anda memiliki prosesor inti solo Anda benar-benar dapat meningkatkan waktu boot Anda jika Anda menggunakan tweak ini, yang terjadi dengan sistem pengujian kami di mana kami melihat peningkatan 2,4 detik.

Optimalkan memori

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja adalah untuk menentukan bagaimana ruang swap digunakan. Partisi swap adalah tempat kernel Linux cache data dalam memori virtual dengan cepat bertukar ke dalam RAM dan ketika diperlukan.

Sebuah partisi khusus tidak wajib, tapi ruang ini juga digunakan untuk menyimpan mesin negara Anda jika Anda memilih untuk hibernasi. Efek dari tip ini tergantung pada sistem Anda dan apakah Anda memiliki partisi swap, tapi jika Anda memiliki banyak RAM yang Anda akan menemukan bahwa mengurangi swappiness akan memberikan dorongan kinerja yang nyata.

Hal ini akan memungkinkan kernel untuk cache data dalam memori untuk akses lebih cepat dan mengurangi jumlah data yang swapped in dan out dari ruang swap pada waktu tertentu. Cukup buka / etc / sysctl.conf dalam editor teks dengan hak akses root, kemudian tambahkan baris berikut ke bagian bawah file:

vm.swappiness = 10

(Anda akan perlu restart sesi agar perubahan berlaku.)

Anda dapat men-tweak nilai ini untuk melihat bagaimana meningkatkan kinerja. Semakin rendah nilai, semakin sedikit Anda menggunakan ruang swap dan lebih banyak data cache ke memori. Ini adalah nilai yang tampaknya bekerja dengan baik dengan sistem pengujian kami menggunakan RAM 512MB.

Namun, tip ini tidak hanya terbatas pada sistem dengan jumlah besar memori – sistem dengan RAM 256MB atau kurang dapat melihat dorongan kinerja jika swappiness meningkat, karena hal ini akan cache lebih banyak data untuk swap ruang dan membebaskan memori lebih untuk hari -hari aplikasi.

Nilai-nilai yang tepat bervariasi dari sistem ke sistem jadi ini akan membutuhkan beberapa trial and error, terutama karena membaca data dari ruang swap masih membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan membaca dari memori, tetapi hasil akhir biasanya layak usaha.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2011 in Tips and Trick

 

2 responses to “Membuat Linux lebih cepat, lebih ringan dan lebih kuat (1)

  1. Anandia Muhammad Yudhistira

    18 Mei 2014 at 8:53 AM

    terjemahannya agak rancu om, but thank you 😀

     
  2. Al fahri

    26 Juni 2014 at 10:02 PM

    boleh tanya mas… tentang linux ini alamat email sya mas, saya mau belajar mas,,

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: