RSS

8 of the Best Linux compression tool

07 Jul
Pada ’80-an dan awal 90-an, kompresi adalah raja. Ketika Anda berjuang untuk terhubung ke BBS (buletin board sistem) dengan utilitas Amiga terbaru, Anda bermimpi ketika hal-hal akan lebih cepat dan tidak harus menghabiskan selama dekompresi file seperti mereka mengambil untuk men-download.

Cepat maju beberapa dekade dan ukuran tipis dari file data yang kita menyulap sekitar cukup membingungkan. Banyak telah dibangun di kompresi dari beberapa jenis. Bandwidth tidak seperti masalah lagi, dan dalam beberapa hal tidak adalah ruang disk, tetapi masih akan menyenangkan jika ada cara yang cepat dan nyaman reklamasi beberapa GB sini atau di sana, atau tidak harus menunggu begitu lama ketika upload lampiran email. 

Teknologi kompresi telah pindah untuk sementara, tapi mungkin tidak sebanyak yang Anda harapkan, karena kita melawan kurva eksponensial hanya bagaimana hal-hal yang jauh dapat dipadatkan. Banyak format data yang dekat pada mampat, karena mereka sudah meremas redudansi keluar.

Namun demikian, ada beberapa alat yang tersedia yang memanfaatkan CPU supercepat dan cadangan memori raksasa untuk mencoba beberapa trik baru. Dalam tes ini, kita sedang melihat pilihan alat-alat lama dan baru saat ini tersedia.

Beberapa tidak mendapatkan review, tetapi termasuk dalam data kami ditabulasikan, yang Anda akan menemukan keduanya dalam memotong-down formulir di sini dan versi lengkap online – gzip ada untuk tujuan perbandingan, misalnya.

1. RAR 4.00

Awalnya dirilis perjalanan kembali pada tahun 1993, format RAR telah melalui beberapa revisi cukup dan tweaks untuk sementara. Penulis asli, Eugene Roshal, lisensi perangkat lunak untuk sebuah perusahaan software Jerman yang kini memproduksi varian WinRAR dan opsi baris perintah untuk non-Windows platform.

Di sisi dekompresi, RAR mendukung banyak format, termasuk yang tidak biasa, seperti file ISO dan arsip CAB. Formatnya adalah jauh lebih populer pada platform Windows, dan umumnya digunakan untuk file besar membelah menjadi potongan-potongan yang dapat digunakan. Hal ini membuat populer untuk posting file besar untuk grup usenet, dan utilitas WinRAR untuk Windows sangat baik digunakan memang.

Generasi file paritas dan volume di samping potongan memudahkan untuk mengoreksi kesalahan transmisi kecil dan pastikan Anda punya salinan sempurna dari apa pun yang dikirim. Pada sistem Unix meskipun, format RAR asli cukup banyak tidak ada.

Dalam hal kinerja, itu tidak lebih baik dari yang diharapkan. Meskipun lebih lambat dari sebagian besar alat pada uji, itu tidak benar-benar mengelola beberapa penghematan ruang yang wajar di seluruh tipe file yang berbeda. Algoritma kompresi biasanya difokuskan pada beberapa jenis tertentu dari data, dan juga mungkin bahwa penghematan ruang yang lebih baik akan dicatat dengan pengujian terhadap jenis file biasanya ditemukan pada sistem Windows.

Itu tidak terlalu terganggu oleh file gambar praktis mampat, dan itu cukup baik dengan gambar disk yang besar dan pemilihan filesystem generik.

Sebagai alat baris perintah eksklusif untuk Linux, meskipun, penggunaannya terbatas, dan mungkin lebih baik disimpan untuk saat-saat interoperabilitas dengan Windows platform diperlukan.

RAR
Versi: 4.00
Web: www.rarlab.com
Harga: 29 Euro

2. Bzip2

Julian Seward merilis bzip2 asli pada tahun 1997 di bawah lisensi BSD. Dalam kasus Anda bertanya-tanya, memang ada bzip sebelum itu, tapi ditarik oleh penulis setelah kekhawatiran paten mungkin tampak mengancam (ah, paten perangkat lunak, jangan kita semua mencintai mereka?).

Tidak perlu khawatir meskipun, karena bzip2 lebih baik daripada tetap. Menggunakan kombinasi dari algoritma yang berbeda – seperti run-length encoding (RLE), Burrows-Wheeler yang mengubah, dan tipu daya licik lainnya seperti – segera menjadi penting di kalangan Unix karena kompresi mengesankan yang dicapai dibandingkan dengan utilitas standar hari , gzip.

Licik kode untuk menjadi hampir identik dalam hal penggunaan, bzip2 segera menjadi pengganti kemenangan yg mudah untuk semua jenis tujuan pengarsipan. Terutama, source code banyak yang dikirim menggunakan kombinasi tar/bzip2 bukan kombinasi tar / gzip biasa waktu.

Ini agak mengecewakan bahwa dalam 14 tahun sehingga intervensi atau bzip2 gzip belum diganti seluruhnya – mengubah kebiasaan pengguna Unix jelas seperti mencoba mengarahkan landas kontinen terutama lemak atau sesuatu.

Namun, untuk volume besar pengarsipan, tampaknya trade-off antara penghematan ruang dan waktu menghitung tidak selalu layak. Angka-angka kami menghasilkan Uji 3 menunjukkan bahwa bzip2 berjalan pada kompresi maksimum tidak mencukur beberapa persen dari ukuran file, tapi dengan mengorbankan mengambil sekitar empat kali lebih lama.

Jadi jika kecepatan adalah penting bagi Anda, gzip masih merupakan pilihan yang lebih baik … Tunggu, sebelum kita mengatakan bahwa, Anda harus memeriksa ulasan untuk lbzip2.

bzip2
Versi: 1.0.6
Web: http://bzip.org
Harga: Bebas (GPL)

3. lbzip2

Ini merupakan pesaing menarik untuk zaman modern. Menggunakan benang POSIX, alat ini parallelises rutinitas kompresi sehingga mereka dapat dijalankan di lebih dari satu proses dan kemudian digabungkan. Kami peduli tentang hal ini karena banyak mesin sekarang memiliki prosesor multi-core.

Standar bzip dan memang banyak dari alat-alat lain pada tes hanya mampu berjalan dalam thread tunggal. Itu berarti jika Anda memiliki prosesor dual-core, seperti yang kita digunakan untuk pengujian, hanya satu yang sedang digunakan untuk kerja keras mengompresi, sementara yang lain menganggur. Tentu saja, core lain dapat mengurus overhead sistem, tetapi sedikit limbah.

Parallelising tugas tidak termasuk sedikit overhead dalam hal waktu prosesor, karena harus ada sebuah ‘operator’ komponen yang mengalokasikan tugas kepada benang dan menggabungkan hasil mereka di akhir. Meskipun demikian, pada mesin dual-core Anda akan melihat penurunan dalam waktu yang diambil oleh sekitar 40%, tergantung pada tugas yang sebenarnya.

Hal ini ditanggung oleh hasil kami – dengan pengaturan yang sama, waktu yang diambil oleh lbzip adalah antara 35 dan 45% lebih cepat. Yang signifikan adalah bahwa hal itu adalah dengan dan besar proses yang sama, dan Anda harus berakhir dengan cukup banyak file yang sama persis. Dalam pengujian kami, Namun, filesizes dihasilkan adalah beberapa byte off di kedua arah, yang hanya mungkin karena aplikasi yang sedikit berbeda dari algoritma.

Yang penting, file yang dibuat dengan lbzip2 berlaku bzip2 arsip – format tidak berubah, sehingga mereka dapat didistribusikan dan terkompresi oleh orang-orang menggunakan bzip2. Lbzip2 tersedia di beberapa repo, dan beberapa tempat menunjukkan bahwa hanya harus alias untuk perintah bzip2 standar – tidak ada kelemahan nyata untuk itu bahkan pada satu inti.

lbzip2
Versi: 0,23
Web: http://lacos.hu
Harga: Bebas (GPL)

4. 7zip

Dirilis pada tahun 1999, 7zip (alias 7z atau 7za) adalah pendatang baru relatif terhadap kompresi. Itu ditulis oleh Igor Pavlov, yang juga merancang algoritma LZMA yang membentuk modus kompresi standar.

Kode 7zip juga mencakup metode kompresi lain, seperti bzip2, sehingga dapat mendukung format selain default .7 z.

Meskipun open source itu, fokus pembangunan utama adalah pada platform Windows, di mana 7z menikmati banyak popularitas, dan kode yang dilengkapi dengan front-end rapi. Kode sumber dasar telah tweak oleh beberapa, sedangkan proyek lainnya telah memanfaatkan SDK LZMA untuk menghasilkan varian sangat mirip. Salah satunya adalah xz, dan lain-lain termasuk p7zip. Untuk tes ini kita dikompilasi dari kode sumber asli.

Melihat hasil tes, mudah untuk berpikir bahwa 7z tidak memanfaatkan beberapa core yang ditawarkan. Bahkan, itu adalah aplikasi threaded, tetapi meskipun demikian membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari Pengarsip bzip2 single-threaded, dan dua kali selama lbzip2. Kita bisa membuat beberapa tunjangan untuk kode ini, karena ini dikompilasi dari sumber generik bukannya diarahkan untuk bekerja di Linux, tapi harga lebih baik daripada pxz, versi parallelised kompresor xz derivatif.

Satu area di mana algoritma ini tidak tampil baik adalah dekompresi, karena hal ini dan utilitas xz konsisten melakukan lebih baik daripada sisa pak (terlepas dari gzip, yang tidak dikompresi untuk memulai dengan).

7z tentu alat yang berguna, dan salah satu yang mungkin menjadi lebih berharga pada mesin lebih cepat, atau dalam kasus di mana Anda ingin kompresi untuk menjadi baik, tetapi dekompresi yang akan cepat (seperti aplikasi mendistribusikan dan data).

7zip
Versi: 9.13 beta
Web: www.7-zip.org
Harga: Bebas (GPL)

5. xz

Xz adalah sepotong software yang bertujuan untuk menggantikan gzip dengan menawarkan pilihan yang sama dan sintaks. Ia bekerja menggunakan algoritma LZMA, seperti yang juga digunakan dalam 7z, sehingga hasilnya harus agak mirip.

Yang membingungkan adalah bahwa algoritma LZMA harus makan semua file tes yang kita miliki dan menghasilkan penghematan ruang yang baik tanpa terlalu banyak peningkatan dalam waktu. Angka-angka, meskipun, cenderung menunjukkan sebaliknya.

Hasil kompresi yang baik dan, dalam modus standar, xz tampaknya tweak untuk mengekstrak kompresi lebih dari 7z, tetapi biaya yang merupakan jumlah besar waktu. Bahkan jika kita mengabaikan angka-angka untuk tes pertama, yang menghukum alat yang mencoba untuk melakukan pekerjaan yang baik dalam hal waktu, xz gagal untuk menginspirasi dalam tes lain juga. Dibutuhkan lebih dari dua kali selama bzip2, misalnya, untuk menghasilkan beberapa persen sangat sedikit lebih dari penghematan ruang.

Karena single-threaded sifatnya, juga membutuhkan hampir dua kali panjang 7z untuk menghasilkan file dengan ukuran hampir sama. Ada versi parallelised dari xz juga, pxz, yang kita telah memasukkan data yang terpisah dalam tabel di akhir.

Hal ini menghasilkan beberapa penghematan waktu yang signifikan, tetapi tidak pada tingkat yang sama yang mengelola lbzip2 untuk algoritma bzip2. Ia mengatur sekitar 35% menghemat waktu, yang menyambut dan mendorong itu menjelang tunggal-benang archivers dalam hal kecepatan, tetapi tidak membantu mengejar alat threadaware lain, atau bahkan 7z.

Seperti disebutkan dalam tinjauan 7z kami, keuntungan dari aplikasi ini adalah bahwa ia menawarkan kompresi yang baik dan waktu dekompresi cepat, itulah sebabnya mengapa Slackware mulai menggunakannya untuk membuat paket. Yang mungkin panggilan yang baik untuk mendistribusikan paket, tetapi tidak pilihan bagus jika Anda melakukan pengarsipan.

xz
Versi: 5.0
Web: http://tukaani.org/xz
Harga: Bebas (GPL)

6. lrzip

Lrzip relatif baru di dunia utilitas kompresi, dan berasal dari utilitas rzip. Fokus di sini adalah pada mengompresi file besar, dan lrzip bekerja terbaik di sistem yang memiliki sejumlah besar memori yang tersedia dan file besar (lebih besar dari 100MB) untuk krisis.

Hal ini karena menggunakan beberapa jarak jauh cek redundansi untuk membandingkan area data dengan harapan bisa menyimpan beberapa ruang. Metode standar untuk kompresi yang sebenarnya adalah dengan menggunakan algoritma LZMA yang seperti yang digunakan oleh 7z asli dan juga xz dan pxz archivers dalam tes ini.

LZMA adalah algoritma cepat menjadi standar, meskipun kinerja merata dengan utilitas lain yang telah diadopsi. Apapun saus rahasia ditambahkan ke lrzip, tampaknya bekerja seperti itu berhasil menjadi jauh lebih cepat daripada berbasis LZMA utilitas lain pada file yang besar.

Seperti halnya LZMA, Anda dapat memilih untuk menggunakan algoritma LZO, yang gila-gilaan cepat, tetapi tidak memberikan rasio kompresi yang besar, atau ZPAQ glacially lambat, yang memberikan rasio kompresi maksimum.

Perangkat lunak ZPAQ tersedia sebagai mandiri juga, tapi berantakan untuk membangun diri sendiri. Namun demikian, kami menyertakan angka kemudian untuk perbandingan.

Dengan menggunakan langkah-langkah ekstrim, tampaknya akan mampu menghasilkan arsip yang paling kompak. Ini benar-benar lebih dari suatu bukti dari konsep daripada utilitas kompresi sehari-hari, karena jumlah besar waktu dan sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan file. Throughput rata-rata hanya sekitar 170k/second!

Pembunuh yang sebenarnya adalah dibutuhkan sekitar lebih lama untuk dekompresi. Lrzip mengelola beberapa kali wajar, kompresi yang baik dan berbagai pilihan, yang membuat salah satu untuk menonton.

lrzip
Versi: 0.46
Web: http://ck.kolivas.org/apps/lrzip
Harga: Bebas (GPL)

7. PeaZip

PeaZip adalah sedikit tidak biasa di antara pilihan kami archivers. Tidak seperti yang lain, itu aplikasi GUI-driven yang mencakup sejumlah format arsip dan menawarkan fitur lain selain. Ada, tentu saja, alat-alat seperti Roller File dan Ark di Linux yang akan melakukan pekerjaan yang serupa dan bertindak sebagai front untuk sebagian besar alat-alat pengarsipan lain yang dicakup di sini, tapi PeaZip pantas berada di sini karena juga menciptakan format arsip sendiri.

File PEA bertujuan untuk menjadi reinterpretasi modern format RAR – wadah untuk berbagai jenis kompresi yang juga dapat memiliki lapisan yang berbeda ditambahkan, seperti berbagai jenis kompresi, atau dipecah menjadi potongan dikelola rapi untuk distribusi.

Format asli dari arsip hanyalah sebuah variasi dari algoritma Zip. Di luar dunia Linux, Zip masih merupakan format arsip yang paling banyak digunakan, terutama untuk alasan kompatibilitas. Meskipun tidak menangani format PeaZip lain, kita telah dinilai kinerjanya dalam tabel didasarkan pada menciptakan file Zip PEA asli dengan gaya algoritma. Akibatnya, kinerja tidak terlalu bagus.

Hal ini berhasil bersarang dalam kelompok teratas untuk kecepatan, tetapi rasio kompresi yang miskin, dan sering mengungguli kedua jumlah oleh lbzip2. Namun, PeaZip berperilaku baik dan tidak menyedot seluruh RAM Anda secara default, dan oleh karena itu pada sistem resourcechallenged lebih, kinerjanya mungkin terlihat lebih baik.

Bila menggunakan mode kompresi yang lebih baik tersedia, ini tentang setara dengan 7z. Serta hanya pengarsipan, PeaZip dapat digunakan sebagai file manager umum, dan tersedia untuk kedua GTK berkulit / Gnome dan KDE desktop. Ini mungkin lebih ditujukan untuk pengguna Windows, tapi open source dan memiliki banyak cinta Linux.

PeaZip
Versi: 3.6
Web: www.peazip.org
Harga: Gratis (LGPL)

8. arj

Dikandung dalam 90-an, format arj butuh waktu untuk menangkap, tetapi menjadi satu utama untuk beberapa jenis pengarsipan. Seperti RAR, mendukung memecah file yang mudah untuk pengarsipan ke disk atau, lebih sering, untuk file berpisah untuk kemudahan penggunaan mentransfer atau mendistribusikan mereka.

Perangkat lunak arj asli ditulis untuk DOS, tetapi segera menjadi aplikasi desktop penuh untuk sistem Windows, dan sebagian besar penggunaannya adalah pada platform tersebut. Sebuah versi open source dari software diciptakan, yang secara alami menemukan jalan untuk Linux, dan meskipun format tidak pernah sangat populer untuk menggunakan Linux murni, ia memiliki keuntungan untuk cross-platform transfer file.

Hasil kami menunjukkan bahwa perangkat lunak ini duduk tegas di kamp mendapatkan pekerjaan dengan cepat, tetapi ini datang pada biaya tidak melakukan banyak kompresi. Pada tes kedua itu hanya sedikit lebih lambat yang gzip superspeedy, tetapi juga mencatat penghematan ruang terburuk bagi dua tes terakhir.

Bahwa itu tidak dimasukkan ke dalam kinerja yang lebih baik dari perangkat lunak gzip standar pada sistem Unix mungkin salah satu alasan Anda akan jarang menemukan orang menggunakannya pada mesin Linux, meskipun tetap masih dipertahankan dan tersedia di distro Linux hampir setiap.

Dalam pertempuran dengan format RAR, arj diadakan sendiri untuk waktu yang lama, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, bahkan versi komersial memiliki sedikit pembaruan, dan aman untuk mengatakan bahwa format ini tentu pada daftar terancam punah.

Sangat menyenangkan untuk mengetahui bahwa itu ada, tetapi tidak untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan untuk membelah dan distribusi file ke Windows, format RAR adalah jauh lebih baik bertaruh.

arj
Versi: 3.10.22
Web: http://arj.sourceforge.net
Harga: Bebas (GPL)

Alat kompresi terbaik Linux adalah … lrzip

Kesimpulan pertama kami dari semua data yang dikumpulkan untuk tes ini adalah bahwa jika Anda memiliki beberapa core dalam kotak Linux Anda, Anda benar-benar harus memeriksa salah satu alat berulir yang tersedia. Pada mesin dua-inti itu akan membuat perbedaan yang signifikan. Dengan lebih dari dua, itu bisa mengubah pandangan dunia Anda.

Sejauh tes sendiri pergi, yang pertama adalah sedikit menyebalkan, karena tidak peduli apa algoritma yang Anda gunakan, itu tidak akan pernah mampu untuk kompres banyak dari apa yang sudah data yang sangat dikompresi. Satu-satunya hal sulit untuk kompres adalah data acak murni, itulah sebabnya kami menghindari itu di sini.

Para arj dan utilitas RAR, segera menjadi jelas, benar-benar hanya berguna untuk sepupu kami Windows, atau untuk bertukar file dengan mereka melalui email. Adapun alat yang lebih Linux-y, salah satu kejutan adalah seberapa baik timer tua-alat yang.

Bzip2 (bersama dengan varian lbzip2 thread-sadar) dan gzip melakukan pekerjaan yang cukup baik pengarsipan, dan mereka berhasil melakukannya sangat cepat – tidak ada banyak perbedaan antara pengarsipan file dengan mereka atau hanya menyalin, yang dapat berguna untuk semua macam alasan.

PeaZip pantas menyebutkan terhormat karena mudah digunakan dan untuk menyediakan sebuah front-end untuk banyak utilitas ini.

Lalu ada alat berbasis LZMA, yang mungkin tampak masa depan. Itu sedikit mengejutkan bahwa alat 7z generik tampaknya melakukan lebih baik daripada xz Slackwarefavoured / pxz. Untuk aplikasi di mana kecepatan dekompresi output adalah yang terpenting, mereka jelas di depan.

Dalam hal ini, tidak ada yang mengalahkan pxz, selain dari gzip sendiri. Untuk serba kinerja, pemenang harus lrzip, meskipun, yang menggabungkan algoritma LZMA populer ke cepat dan ruang-savingly terlalu besar, itulah sebabnya mengapa keluar atas sini.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2011 in Aplikasi, Best of The Best

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: