RSS

6 best orthodox file managers for Linux

07 Jul
Tergantung pada saat Anda bisa mulai dengan komputer, Anda mungkin pernah menggunakan file manager ortodoks. Mereka bergairah, mereka sering disukai oleh mereka yang lebih nyaman pada baris perintah, dan memungkinkan Anda untuk melakukan lebih melalui keyboard dari beberapa dapat Anda lakukan dengan mouse.

Antarmuka terdiri dari dua panel, yang Anda dapat beralih antara dengan tombol Tab. Norton Commander mengilhami sejumlah besar manajer file ortodoks, banyak yang masih aktif dikembangkan saat ini.

Siapapun yang memulai dengan Linux di tahun 90-an akan digunakan Midnight Commander. Tapi apakah masuk akal untuk menggunakannya atau dari saudara-saudara di usia multi-core desktop? Jawaban untuk pertanyaan itu adalah ya yang paling pasti. 

Pada tahun 90-an GUI Linux jauh dari masa kini Compiz-laced lonceng dan peluit-interface grafis dan tidak ada Konqueror dan Nautilus. Tapi Anda tidak menggunakan file manager ortodoks hanya karena itu ringan. Anda menggunakannya karena bekerja, dan dengan beberapa penekanan tombol bisa memampatkan file, menghasilkan MD5, dan salin seluruh galaksi.

Para OFMs modern membangun itu, dan dapat melakukan lebih banyak. Mereka masih dapat digunakan dengan hanya masukan mouse minim, berkat jalan pintas yang luas keyboard. Dan hanya karena Anda menggunakan mereka dengan keyboard, tidak berarti mereka semua dijalankan dari konsol. Dan Anda dapat dengan mudah melihat suatu OFM, karena banyak kehormatan keturunan mereka dengan termasuk ‘Komandan’ kata di suatu tempat di nama mereka. Sepuluh-gubuk!

1. Krusader

Jika Anda tidak memilih ini dari nama, Anda belum menggunakan Linux cukup lama. Krusader adalah OFM dirancang untuk KDE. Krusader akan bekerja dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, tetapi bersikeras sedikit khusus KDE program, yang akan berjalan tanpa masalah pada kotak Gnome Anda.

 Krusader: Dirancang hanya untuk KDE, ini adalah file manager yang sangat serbaguna

Krename Krusader melengkapi dengan fasilitas rename massal; KDiff, atau Kompare, akan membandingkan file; KGPG memungkinkan Anda untuk mengenkripsi dan mendekripsi file, dan Anda dapat email mereka dengan KEmail. Para budak KIO membiarkan Anda menelusuri arsip terkompresi dan file di Samba, dan NFS saham serta FTP dan SSH.

Anda dapat menyinkronkan direktori melalui jaringan, atau menelusuri direktori (atau lokal) jauh di sync-mode, yang terus mengawasi perubahan yang Anda buat ke direktori dalam satu pane dan ulangan mereka pada panel lainnya secara otomatis. Krusader dapat membuka banyak tab pada panel baik.

Jika Anda mulai dari baris perintah Anda dapat memberikan daftar commaseparated direktori, yang terbuka di tab pada panel tertentu. Hal ini juga menggunakan KDE KParts kerangka komponen, yang mirip dengan Bonobo Gnome, untuk menanamkan klien eksternal ke jendela Krusader sendiri. Misalnya, jika Anda membuka dokumen ODF dengan Krusader akan memanggil KOffice dan menampilkan dokumen dalam jendela dalam dirinya sendiri.

Salah satu bit terbaik tentang Krusader adalah alat ActionMan nya. Ini membantu Anda mengatur, dan mengelola tindakan pengguna kustom, yang kemudian dapat dilakukan pada file dalam panel. Misalnya, Anda dapat mengatur tindakan pengguna untuk menambahkan sebuah file OGG ke pemutar musik playlist, atau kemasan sekelompok file ke ISO, atau menyalin file yang dipilih ke clipboard, atau mengedit sebuah file dengan hak akses superuser, atau hanya menampilkan uptime.

Anda dapat ekspor dan impor tindakan pengguna, dan ada keseluruhan forum di website Krusader didedikasikan untuk ActionMan mana pengguna berbagi tindakan kustom mereka pengguna.

Pesta fitur

Ketika menyalin file lokal, Krusader tidak akan mengubah atribut aslinya (user, grup, timestamp). Ini dapat membandingkan file dalam dua direktori, dan tergantung pada tindakan Anda, file yang hilang dipilih.

Seleksi kemudian dapat disalin ke tujuan tertentu atau ke clipboard dan mereka disisipkan ke setiap tempat yang dapat mengakses clipboard. Ini juga memiliki file splitter, yang dapat menggabungkan file juga. Untuk memverifikasi bahwa file split dipasang kembali, Anda juga dapat menggunakan Krusader untuk membuat dan memverifikasi MD5, SHA1, Tiger dan checksum lainnya.

Banyak komponen dalam Krusader begitu maju mereka memiliki nama mereka sendiri. File-nya canggih pencarian, yang disebut KruSearcher dapat mencari file di dalam arsip berdasarkan tanggal modifikasi mereka dan bahkan kepemilikan dan perizinan.

Penampil internal / editor, KrViewer dapat membuka beberapa file dalam tab, dapat mengekspor dokumen sebagai HTML, memiliki pemeriksa ejaan dan penyorotan sintaks untuk file konfigurasi berbagai database, dan scripting beberapa, dan bahasa pemrograman, dan bahkan menampilkan gambar.

Krusader juga memiliki front-end untuk perintah mencari, yang bergantung pada database untuk berburu file. Untuk mengelola mount file sistem Krusader MountMan bundel, bersama dengan alat penggunaan disk grafis berdasarkan analisa disk yang filelight ruang. Lalu ada Bookman untuk bookmark mengorganisir folder lokal dan sambungan jarak jauh.

Hal ini juga trek URL yang populer dan sejak Krusader baik terintegrasi ke KDE, bookmark manager dapat membiarkan dompet KDE menangani password untuk koneksi remote.

Seperti semua OFMs baik, Krusader kapal dengan terminal emulator sendiri dengan autocompletion. Untuk puritan, bit terbaik adalah bahwa Krusader dapat dikendalikan sepenuhnya dari keyboard.

Versi: 1.90
Website: www.krusader.org
Harga: Gratis lisensi GPL

2. EmelFM2

Untuk sebuah aplikasi yang masih baru separuh jalan untuk melepaskan 1.x pertama, EmelFM2 memiliki bundel seluruh fitur berguna. Ia bekerja pada apa pun yang dapat menjalankan GTK +2, dan port tersedia untuk platform Maemo Nokia. EmelFM2 olahraga mouse ramah antarmuka pengguna dengan banyak fungsi yang tersedia melalui menu konteks klik kanan.

 EMELFM2: Dengan antarmuka tikus ramah, ini adalah salah satu dari file manajer termudah untuk mendapatkan untuk mengatasi dengan

Antarmuka juga memiliki panel output, yang menunjukkan hasil perintah dan beberapa tombol untuk fungsi-fungsi yang paling umum seperti memindahkan, menyalin, mengubah nama item, menciptakan Salah symlink dll dari fitur terbaik dari EmelFM2 adalah kemampuannya untuk memangkas daftar file dalam panel.

Anda dapat mengatur filter untuk menampilkan file dan direktori yang cocok dengan nama tertentu, tanggal, dan kriteria bahkan perizinan. Untuk membantu Anda dengan penyaringan, EmelFM2 memungkinkan Anda menggunakan wildcard (* dan?) Dan memungkinkan penggunaan beberapa filter pada waktu yang sama. Anda juga dapat membalikkan efek filter untuk menampilkan semua file yang tidak cocok dengan filter.

Selain keyboard bindings untuk power user, EmelFM2 memungkinkan pengguna GUIed drag dan drop file dari satu panel yang lain. Jika Anda menekan tombol Shift sementara menjatuhkan, seleksi tersebut akan dipindahkan, dan jika kedua Shift dan Control ditekan, pemilihan ini terkait. Atau cukup tekan tombol Alt, dan bila kamu menjatuhkan pilihan menu akan meminta Anda untuk operasi Anda ingin melakukan (copy / memindahkan / link / membatalkan).

Item yang dihapus tidak merangsang dari disk, tapi berakhir dalam folder Sampah, yang berarti mereka dapat diambil.. EmelFM2 cukup bermanfaat bagi orang yang memindahkan file besar secara rutin. Itu karena tidak tahan dengan antarmuka saat melakukan tugas yang panjang seperti menyalin beberapa file, dan memungkinkan Anda untuk melihat dan mengedit file lainnya.

Lebih kekuatan untuk Anda

Hal yang besar berikutnya dalam EmelFM2 bagi pengguna listrik adalah output panel, yang dapat memiliki beberapa tab. Anda dapat memilih, mengedit dan menyimpan teks melalui menu konten. Hal ini mungkin terdengar gila untuk membuang output, tapi itu karena Anda tidak tahu tentang kekuatan yang luar biasa dari teks panel output.

Ajaib teks dalam panel output dapat dieksekusi. Jadi, jika Anda memilih nama file dalam pane output dan klik kanan di atasnya, akan menunjukkan operasi EmelFM2 submenu daftar untuk jenis file tertentu. Jika Anda memilih perintah, menu konteks menunjukkan hasilnya, dan klik ganda akan kembali mengeksekusi operasi. Melengkapi ini dengan built-in CLI dan Anda punya file manager yang menyadari akar-akarnya.

EmelFM2 memiliki plugin yang memungkinkan Anda pak dan membongkar pilihan file ke banyak (termasuk. Tar.gz, tar.bz2. .7 Z,. Zip,. Arj dan. Kebun binatang) dari arsip terkompresi, file clone, mengenkripsi dan mendekripsi mereka oleh rekursif melihat ke dalam direktori dan opsional mengompresi mereka juga. Dengan plugin enkripsi, file asli dipertahankan, atau Anda dapat memilih untuk menghapusnya.

Lalu ada plugin yang meningkatkan kemampuan EmelFM2 yang disertakan. Anda mendapatkan file finder canggih yang dapat mencari melalui jenis MIME, modifikasi, dan akses cap waktu file, ukuran, pemilik, dan atribut lainnya.

Ada juga sebuah plugin mengubah nama canggih yang mendukung ekspresi reguler, dan plugin untuk membandingkan isi dari dua direktori, yang menggunakan md5sum untuk perbandingan yang akurat. Ada juga plugin yang ekstrak isi dari suatu arsip terkompresi ke suatu direktori sementara memungkinkan Anda untuk menelusuri isi.

Ketika Anda pergi, EmelFM2 dapat membungkus kembali arsip untuk Anda, yang berguna jika Anda telah membuat modifikasi. Fitur hilang terbesar di EmelFM2 adalah bahwa ia tidak memiliki dukungan jaringan. Sebelum Anda mengerang dan bergerak, berpikir tentang hal ini sejenak. Jika Anda memiliki pangsa Samba atau NFS yang Anda butuhkan untuk melakukan sinkronisasi file dengan, Anda bisa dengan mudah me-mount beberapa tempat di filesystem anda dan EmelFM2 akan melihatnya seperti direktori lainnya.

Versi: 0.5.1
Website: www.emelfm2.net
Harga: Gratis lisensi GPL

3. Gnome Commander

Satu-satunya hal Gnome Gnome sekitar Komandan (GCMD) adalah bahwa hal ini didasarkan pada virtual filesystem GnomeVFS. Bahkan yang telah usang sejak Gnome 2.22, tapi itu tidak membuat GCMD pun kurang memerintah. Bahkan rilis terbaru meremas jus lebih dari GnomeVFS dan membuat GCMD menyenangkan untuk bekerja dengan lebih dari jaringan.

 GNOME KOMANDAN: utilitas mengubah nama massal adalah fitur yang sangat berguna untuk mengelola file Anda

Berkat GnomeVFS filesystem maya, GCMD dapat terhubung ke saham Samba dan NFS, dan mentransfer file melalui FTP dan SSH. Juga membantu adalah tombol akses cepat perangkat. GCMD tampaknya menjadi besar menggunakan metadata terpasang dengan file. Ia memiliki utilitas mengubah nama file massal yang komprehensif yang dapat menggunakan metadata terpasang dengan file tersebut.

Sebagai contoh Anda dapat menggunakan tanggal / waktu info dari data Exif JPEG atau album / artis info dari metadata MP3 untuk mengubah nama file dengan rincian tersebut. Utilitas mengubah nama canggih juga mendukung ekspresi reguler dan memberikan preview dari nama file karena mereka akan muncul setelah operasi batch mengubah nama selesai. Ini benar-benar mengesankan dan menawarkan sejumlah besar fleksibilitas dan kontrol.

GCMD saat ini kapal dengan dua plugin – File Roller dan CVS. Karena GCMD tidak dapat menangani arsip dikompresi, plugin Roller Berkas colokan lubang itu, yang memungkinkan untuk membuat dan mengekstrak Zip, Tar, 7z, bz2, Rar, RPM, Deb, dan jenis arsip lainnya. Tapi GCMD bergantung pada alat Meld grafis untuk membantu pengguna melihat perbedaan dan menggabungkan file antara dua file.

Jika Anda punya Meld pada kotak Anda, GCMD akan membiarkan Anda membandingkan dua file dan direktori sinkronisasi. Namun, baris perintah tidak memiliki autocompletion dan kesenjangan dalam dokumentasi tidak membantu.

Versi: 1.2.7
Website: www.nongnu.org / gcmd
Harga: Gratis lisensi GPL

4. MuCommander

Hal pertama yang pertama: MuCommander didasarkan pada Jawa dan akan berjalan pada apa-apa tapi lingkungan sendiri Sun Java runtime. Jika Anda menggunakan GIJ (Interpreter GNU untuk Java), Anda beruntung. Selama sisa kita, MuCommander menawarkan beberapa fitur yang indah. Dengan itu Anda dapat menelusuri, kompres dan uncompress arsip dalam berbagai format termasuk Zip, Rar, Tar, Gzip, bz2, ISO / NRG dll

 MUCOMMANDER: Anda dapat kompres dan uncompress untuk berbagai jenis file dengan file manager

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi isi dari arsip Zip. MuCommander memiliki switch yang berguna, dan ketika meluncurkan dari baris perintah Anda dapat menentukan apa yang ingin Anda beban di panel nya. Misalnya, mucommander smb: / / 192.168.2.2 ~ / Download akan menampilkan isi dari saham Samba di panel pertama, dan daftar ~ / Download yang lain. Ingat juga bahwa Anda harus menatap layar splash lebih lama dari biasanya karena MuCommander mencoba terhubung ke mesin remote.

MuCommander mendukung filesystem virtual dan dapat melihat file pada Samba, NFS saham dan pada FTP. Anda dapat menggunakannya untuk membandingkan file di dua panel. MuCommander memiliki alat mengubah nama massal dan akan membiarkan Anda email file tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ini bagus, tetapi tidak bekerja dengan pengaturan SMTP Gmail. MuCommander tidak dapat mengenkripsi / mendekripsi file, built-in baris perintah tidak memiliki autocompletion, tidak ada manajer mount dan tidak memiliki dokumentasi, yang terutama keras mengingat bahwa satu-satunya cara untuk menyesuaikan dan mengubah pemetaan keyboard tombol pada toolbar untuk mengedit tiga file XML – action_keymap.xml, bar.xml, command_ dan toolbar.xml.

Versi: 0.8.3
Website: www.mucommander.com
Harga: Gratis lisensi GPL

5. Midnight Commander

apak dari OFMs. Jika Anda bekerja dengan Linux di tahun 90-an Anda tidak bisa melewatkan menggunakannya, bukan hanya karena itu manajer default dari lingkungan desktop Gnome tetapi juga karena bisa melakukan begitu banyak bahwa Anda bisa menulis sebuah buku Alkitab ukuran di atasnya .

 Midnight Commander: OFM ini memiliki shortcut keyboard yang luas untuk meningkatkan produktivitas

Midnight Commander juga file manager hanya di Roundup ini yang dapat bekerja di konsol biasa, melalui koneksi SSH, dan di dalam sebuah emulator jendela terminal X. Anda dapat menggunakan mouse untuk memilih file, direktori terbuka dan seterusnya, tetapi jika Anda ingin meningkatkan produktivitas Anda dengan Midnight Commander Anda perlu mengetahui pemetaan keyboard. Dan mereka hanya terus menambahkan.

Misalnya, ketika menggunakan Midnight Commander dalam sebuah terminal emulator, Anda akan mengalami kesulitan menggunakan tombol fungsi, yang akan dicegat oleh terminal itu sendiri. Sebaliknya tekan tombol Escape dan menggunakan Numpad – jadi bukan F1 yang Luput 1.

Dengan Midnight Commander Anda dapat melihat isi dari arsip dan RPM, dan menyalin file melalui FTP dan SSH. Bahkan, protokol Ikan populer (File yang ditransfer melalui Shell) awalnya ditulis untuk MC.

Banyak orang menggunakan MC untuk editor file MCedit, yang memiliki sintaks untuk berbagai bahasa dan utilitas mengubah nama massal yang mendukung ekspresi reguler. Jika Anda memiliki tugas yang akan mengambil beberapa waktu untuk menyelesaikan, mengatakan ratusan mengubah nama batch file melalui jaringan, Anda dapat meminta MC untuk bekerja di di latar belakang. Hal ini membebaskan antarmuka untuk membiarkan Anda terus menggunakan file manager untuk bekerja pada file lain.

Ada latar belakang pekerjaan manajer yang memungkinkan Anda memantau tugas-tugas ini, dan juga akan membunuh pekerjaan jika Anda meminta untuk.

Versi: 4.6.2
Website: www.midnight-commander.org
Harga: Gratis lisensi GPL

6. Beesoft Commander

Beesoft Komandan didasarkan pada Qt dan berperilaku baik di Gnome dan KDE, akan melakukan sebagian tugas umum manajemen file Anda, dan bekerja dengan baik dalam keterbatasan. Yang menyenangkan tentang antarmuka SM adalah bahwa daftar ekstensi file dalam kolom terpisah, yang memberikan Anda kemampuan tambahan file yang mengatur.

 BEESOFT KOMANDAN: ekstensi file tersebut diatur dalam kolom terpisah untuk menyortir mudah

SM dapat membandingkan isi dan konten sinkronisasi antara dua direktori. Ini akan terhubung ke sumber daya remote melalui FTP, tapi tidak ada dukungan VFS untuk menyambung ke saham SMB atau NFS. Para file finder mendukung ekspresi reguler, dan memiliki ‘Goto’ tombol yang akan membuka direktori dari file yang dipilih dalam pane aktif.

Setelah Anda menemukan file yang Anda cari, SM dapat membantu Anda mengubah hak akses. Ia memiliki penampil file minimal yang dapat menampilkan teks dan gambar, serta editor teks. Penampil menampilkan nomor baris dalam kolom, tapi editor, yang mana penomoran garis akan lebih membantu, tidak.

Secara default, SM dirancang untuk menggunakan aplikasi sendiri BeeDiff untuk membandingkan file, tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi lain yang Anda suka. Karena tidak ada dokumentasi, tidak mungkin untuk mengetahui bagaimana Anda melewati file ke aplikasi lain sebagai argumen dan Anda akan mengalami banyak ‘QString:: arg: Argumen yang hilang:’ kesalahan.

Seperti Midnight Commander, Beesoft Komandan bergantung pada tombol ‘Insert’ untuk memilih beberapa file, dan Anda juga dapat membalikkan pilihan. Hal ini kemudian dapat bergabung beberapa file yang dipilih ke dalam satu potongan besar, yang bekerja hebat di file teks biasa. Anda juga dapat memampatkan pilihan file ke Zip, Tar atau bzip, tetapi tidak ada built-in mekanisme untuk melihat atau Uncompressing mereka.

Versi: 4.1.0
Website: www.beesoft.pl/index.php?id=bsc
Harga: Gratis lisensi GPL

Putusan – EmelFM2

Manajer file Ortodoks telah ada selamanya, dan telah berkembang dari utilitas sederhana CLI-hanya untuk bergerak dan mengubah nama file ke file yang komprehensif menyita alat-alat yang akan memberikan banyak modern GUI manajer file kabur uang mereka.

Dua pesaing atas mencerminkan transisi ini, namun ironisnya tidak membawa moniker ‘Komandan’ merek dagang. Dengan mengorbankan yang krucified oleh pengguna Krusader, kami akan menawarkan posisi teratas untuk EmelFM2.

Fitur-untuk-fitur yang dapat Anda berbuat lebih banyak dengan Krusader, tapi sepenuhnya-loaded aplikasi tidak selalu yang terbaik. Krusader adalah sangat terintegrasi ke KDE, yang baik bagi pengguna KDE, tapi bagaimana dengan sisanya?

Di sisi lain, EmelFM2 hanya perlu GTK, dan bekerja baik baik di Gnome dan KDE. Masalah terbesar dengan EmelFM2 adalah bahwa ia tidak memiliki filesystem virtual untuk menyambung ke saham Samba dan NFS, tapi di sisi terang ini membantu menjaga daftar dependensi untuk minimum.

Midnight Commander adalah seperti Slackware – Anda tidak merekomendasikan hal ini kepada pengguna baru, dan mereka yang menggunakannya, tidak akan pernah menggunakan hal lain.

Komandan gnome adalah pilihan yang baik bagi pengguna Gnome, tetapi bergantung pada sepotong teknologi usang. Gnome Komandan pengembang juga memiliki beberapa masalah pipa untuk memperbaiki dalam dokumentasi mereka dan menawarkan kontrol yang lebih untuk keyboardies. Jika Anda menggunakan Gnome (atau tidak) dan perlu untuk mengubah nama banyak file meminjam data dari metadata mereka, tidak ada cara yang lebih baik untuk pergi tentang itu daripada dengan Gnome Komandan.

Lalu ada Beesoft Komandan, yang ringan baik dalam ukuran dan fitur. Jika tidak semua yang perlu Anda lakukan, Anda tidak melakukan cukup!

Terakhir kita memiliki MuCommander, yang bergantung pada Java untuk dukungan cross-platform dan berjalan pada Linux, Mac, dan Windows, dan bahkan browser web Anda. Ini adalah alat yang baik bagi para pendatang baru Linux, tetapi tidak memiliki dokumentasi, dan memaksa pengguna untuk memodifikasi file XML untuk mengedit keyboard bindings dan menu perubahan. Apa yang terjadi di sini?

Jadi di sana Anda memilikinya. KDE-hanya pengguna harus menggunakan Krusader. Jika Anda hop distro, atau tidak peduli yang desktop yang Anda gunakan, pergi untuk EmelFM2.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2011 in Aplikasi, Best of The Best

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: