RSS

5 of the best desktop search tools for Linux

07 Jul
Tool seperti grep, awk menemukan dan sering datang untuk menyelamatkan Bashmongers gembira mencari file terkubur di bawah gigabyte item lainnya. Tapi ketika sebuah distro Linux khas mengambil beberapa pertunjukan ruang disk, tidak sulit untuk membayangkan bahwa menemukan file Anda hanya akan menjadi lebih sulit dari waktu ke waktu.

Dibandingkan dengan saudara-saudara internet mereka, desktop saat ini alat-alat pencarian dapat digunakan tidak hanya untuk mencari nama-nama file pada disk anda, tetapi juga dapat melakukan pencarian konteks-sensitif dalam arsip email, gambar, video dan musik. Beberapa alat mengambil itu sedikit lebih jauh dan bahkan indeks sejarah browser dan bookmark. 

Alat pencarian desktop bekerja dengan membuat indeks dari semua file pada sistem Anda. Bila Anda mencari file, bukannya melihat melalui seluruh disk, alat hanya mencari indeks.

Karena alasan keberadaan alat pencarian desktop adalah untuk memungkinkan Anda untuk menemukan file lebih cepat dan lebih nyaman daripada alat konvensional seperti menemukan dan grep, mereka perlu cepat dan dapat diandalkan, dan menawarkan informasi sebanyak mungkin untuk membantu Anda mengidentifikasi item .

Oleh karena itu alat yang paling dapat membaca metadata pada file, menyediakan Anda dengan kutipan dari dokumen teks, menunjukkan resolusi gambar (bersama dengan thumbnail) dan memberikan rincian lainnya untuk setiap file. Berasal – yang berarti bahwa, misalnya, jika Anda mencari ‘mengalahkan’ alat ini juga akan cocok ‘The Beatles’, ‘pecundang’ dan sebagainya – adalah standar.

Antarmuka grafis yang nyaman merupakan fitur umum dari kebanyakan alat-alat pencarian desktop, tapi banyak juga datang dengan suite aplikasi baris perintah untuk membantu Anda indeks dan pencarian sistem anda untuk file.

Bagaimana kita diuji …

Instalasi cegukan dan jejak kaki memori yang besar ada kekhawatiran untuk alat pencarian desktop dalam daftar kami, dengan RAM 512MB sufficing untuk kebanyakan dari mereka. Karena ukuran indeks tumbuh dengan jumlah file, Anda ingin alat yang dapat menemukan item dengan cepat dan akurat.

Jadi, bagaimana kau bisa kabur dan masih berakhir dengan file yang Anda inginkan? Dan, di sisi lain, berapa banyak informasi yang bisa Anda mengisi untuk sejelas mungkin? Dapatkah Anda menggunakan wildcard?

Bonus poin pergi ke alat yang membuat ukuran indeks kecil dan menawarkan berbagai pilihan pencarian, seperti membatasi pencarian untuk jenis MIME tertentu.

Fitur seperti berasal, membaca metadata, melaporkan format eksotis dan mencari teks dalam file membuat untuk alat yang hebat.

1. Beagle

Setelah ada sejak zaman kejayaan Richard Burton, diskusi tentang memori-memonopoli kebiasaan Beagle harus benar-benar telah berakhir sekarang. Jika apa-apa, bagaimanapun, ini menjadi contoh utama dari sebuah aplikasi yang tidak bisa drop tag lama, namun tidak akurat.

Tidak mengherankan kemudian, sejumlah besar pengguna baru yang potensial takut jauh dari Beagle karena banyak forum dan posting blog mencemari untuk nafsu tak terpuaskan untuk memori. Versi terbaru, 0.3.9, tersedia dalam repositori dari hampir semua distro.

Mengendalikan apa yang direktori untuk indeks dan apa jalan untuk mengabaikan telah menjadi standar dalam sebagian besar alat-alat pencarian desktop, dan Beagle tidak mengecewakan.

Tidak seperti alat lainnya, bagaimanapun, juga memungkinkan Anda untuk indeks email Anda, IM, pembaca RSS, buku alamat dan banyak lagi, di samping sejarah browsing dan bookmark dari browser Anda. Dan, dengan built-in mendukung inotify nya, update Beagle indeks segera setelah mendeteksi setiap perubahan ke file atau direktori.

Secara default, semua indeks di direktori home Anda, tidak termasuk default * ~, ~ tmp dan jalan seperti lainnya.. Untuk mengubah perilaku ini, mulai Beagle, terdaftar sebagai Cari bawah Aplikasi> Aksesoris menu, dan klik Cari> Preferensi. Dari tab Pengindeksan dari jendela Preferensi Pencarian Anda dapat menentukan direktori untuk indeks, serta jalan untuk mengecualikan.

Selain antarmuka grafis, Beagle memiliki suite luas alat baris perintah yang dapat Anda gunakan untuk membuat indeks dan file pencarian. Beagle-perintah pencarian. Txt meluncurkan antarmuka grafis dan menunjukkan hasil pencarian Anda untuk. Txt. Alternatifnya adalah dengan menggunakan anjing beagle-query, yang mencetak hasil pencarian pada terminal itu sendiri.

Antarmuka browser

Beagle sama di rumah di Gnome dan KDE, tapi jika Anda lebih memilih lingkungan yang netral, dengan mudah dapat diatur. Untuk mengaktifkan antarmuka web, membuka jendela terminal dan ketik berikut:

/ Beagle-config Jaringan
Benar webinterface

Anda dapat mengakses antarmuka web eksperimental di http://localhost:4000. Hal ini seharusnya dapat diakses dari komputer lain di jaringan juga, tapi hei, itu masih eksperimental.

Bila menggunakan alat-alat pencarian desktop, ingat bahwa beberapa dari mereka dapat membedakan antara nama file dan jenis file, sehingga mencari “mp3” dan “. Mp3” memberikan anda hasil yang sangat berbeda.

Beagle dapat mengekstrak teks dan metadata dari sejumlah tipe file termasuk dokumen Office, teks biasa, HTML, DocBook, gambar berbagai format audio, dan banyak lagi. Ketika mencari file, Anda dapat memperbaiki pencarian Anda ke salah satu dari 14 kategori yang tersedia, seperti Pictures, Media, File, Arsip, Email dan sebagainya.

Pilih jenis dari Cari Dalam daftar drop-down untuk mempersempit kriteria. Beagle menampilkan hanya delapan item per halaman, jadi yang terbaik untuk memperbaiki pencarian sebanyak mungkin, atau Anda akan mengklik jauh di panah navigasi kecil biru hingga mouse anda menyerah.

Jika Anda tidak menentukan kategori ketika mencari, Beagle masih akan memecah hasil ke dalam kategori yang berbeda, misalnya Foto, Dokumen atau Folder. Anda kemudian dapat menelusuri beberapa halaman dari masing-masing jika ada banyak hasil.

Beagle juga bisa mencari istilah pencarian dalam file. Jika pencarian Anda mengembalikan file yang berisi istilah query, klik pada file tersebut akan mengungkapkan kalimat parsial atau teks yang cocok dalam file tersebut. Ini tidak benar untuk PDF, yang hanya memberi Anda Beagle thumbnail.

Antarmuka sangat tidak estetis, tetapi keindahan nyata Beagle terletak pada pilihan yang kompleks pencarian. Anda dapat, misalnya, awalan istilah dengan tanda minus untuk mengecualikan mereka dari pencarian Anda, atau menggunakan operator OR untuk mendefinisikan permintaan Anda, atau operator tanggal untuk membatasi pencarian dalam rentang tanggal.

Versi: 0.3.9
Website: http://beagle-project.org
Harga: Gratis lisensi GPL

2. Google Desktop

Rilis distro kebanyakan siklus untuk menjadi apa yang mereka, tampaknya ribuan tahun yang lalu bahwa Google Desktop tersedia melalui repositori perangkat lunak online. Saat ini, semua yang Anda harus lakukan adalah kepala ke homepage proyek dan men-download rilis terbaru. Bahkan ada versi 64-bit.

Poin tambahan pergi ke Google Desktop untuk memberikan RPM dan binari Deb. Setelah diinstal, Google Desktop duduk cantik di system tray dan mulai pengindeksan segera. Sementara pengindeksan disk tidak pajak apapun dari sumber daya sistem, tidak membutuhkan waktu manis sendiri.

Mengkonfigurasi sesuai dengan keinginan Anda dari get-pergi dan menentukan apa direktori ke indeks dan apa jenis file untuk mengabaikan. Google Desktop juga dapat mengawasi riwayat browsing Anda dan semua account email Anda, berkat dukungan Thunderbird luar biasa. Anda bisa mengkonfigurasinya untuk indeks account Gmail Anda juga, bahkan jika Anda hanya akses melalui browser.

Applet pencarian yang mudah digunakan dapat diakses dengan menekan tombol Ctrl dua kali – dan Anda dapat menyimpannya di suatu tempat di desktop Anda untuk akses cepat.

Ketika Anda mulai mengetik ke dalam applet pencarian, hasil yang cocok akan ditampilkan di sana. Anda kemudian dapat menggunakan tombol panah untuk bergerak turun ke file yang Anda cari dan tekan Enter untuk membukanya. Anda juga dapat mengklik Tampilkan Semua Hasil Dalam Sebuah Browser untuk membuka tab Firefox yang baru, jika itu berjalan. Jika tidak, Google Desktop meluncurkan Firefox untuk Anda.

Google menawarkan beragam layanan, seperti Grup, Peta dan Berita, dan Anda dapat mengkonfigurasi applet untuk mencari istilah yang ditentukan dalam salah satu dari mereka. Klik kanan tombol system tray dan memilih Jenis Pencarian default dari Web, Desktop,, Grup, Gambar dan bahkan Saya Merasa Beruntung.

Bila Anda mencari desktop Anda, hasilnya ditampilkan di browser, seperti pencarian Google tradisional. Sebuah ikon kecil di sebelah kiri setiap hasil mencerminkan jenis file, sehingga Anda tidak pernah dapat membingungkan MP3 Anda dengan email Anda.

Untuk file teks dan PDF, itu juga akan menunjukkan Anda sebuah kutipan kecil di bawah hasil. Mengklik pada file terbuka mereka dalam aplikasi yang terkait yang relevan. Email dibuka dalam browser itu sendiri, tetapi Anda mendapatkan Balas Dengan Gmail dan Baca Dalam opsi Gmail ketika berlaku.

Merasa beruntung

Untuk melakukan pencarian lanjutan, system tray klik kanan dan klik tombol Tampilkan Home Page. Selanjutnya, klik link Advanced Search. Anda sekarang dapat membatasi pencarian pada jenis file tertentu. Misalnya, jika Anda hanya ingin mencari file ODT, klik tombol radio dan pilih File OpenOffice.org Writer dari Jenis File daftar drop-down.

Meskipun desain pintar, Penelusuran Lanjutan memiliki satu masalah: Anda tidak dapat menggunakannya untuk melihat daftar semua file dari jenis tertentu. Meskipun semua kategori dan jenis file untuk memilih dari, Anda harus selalu menentukan istilah pencarian. Jadi, jika Anda ingin daftar semua file PNG atau MP3 pada mesin Anda, hanya mencari “mp3.” Tanpa masuk ke bagian Advanced.

Ada satu fitur Google Desktop yang tidak ditawarkan oleh kompetisi: Google menyebutnya versi berkas, dan kita menyebutnya sebagai ide cemerlang. Setiap kali Anda mengedit file, Google Desktop akan membuat dan menyimpan salinan cache yang dapat Anda akses nanti jika diperlukan.

Klik link Cached di bagian bawah-kanan item yang hasil salinan yang Anda ingin meninjau. Semua item cache ditampilkan, dengan yang paling terbaru di bagian atas. Anda dapat mengkonfigurasi Google Desktop untuk tidak lagi indeks file yang dihapus, tetapi jika Anda melakukan itu, Anda juga akan kehilangan kemampuan untuk menyelamatkan file yang telah dihapus tidak sengaja.

Karena Google Desktop juga tersedia pada Windows dan Mac, wajar untuk membandingkan fitur yang tersedia pada setiap platform. Sementara varian Linux bekerja dengan sempurna, memiliki antarmuka licin dan dapat mengindeks email Anda serta riwayat browsing, kita merasa ditipu untuk menemukan bahwa bling dari versi berpemilik yang hilang dari versi Linux, bahkan dua tahun setelah Google Desktop 1.0 dirilis.

Versi: 1.2.0
Website: http://desktop.google.com/linux/index.html
Harga: Gratis

3. Tracker

Berikut alat lain pencarian desktop dengan jimat untuk baki sistem Anda, tetapi hanya jika Anda menjalankan Gnome. Pengguna KDE dapat merasa bebas untuk berburu dalam menu K tercinta.

Tracker, seperti kebanyakan orang lain dalam tes ini, masih untuk mencapai rilis 1.0, namun penting juga adalah kuat, elegan dan efektif. Tersedia dari repositori perangkat lunak yang paling distro, Tracker adalah sedikit lebih rewel tentang memulai. Bagaimana lagi Anda menentukan file mana pengindeksan pengindeks dinonaktifkan secara default?

Gunakan perintah tracker-preferensi untuk meluncurkan jendela Preferences dan memungkinkan pengindeksan. Berbeda dengan alat-alat lain, Anda dapat mengkonfigurasi ke direktori tertentu Tracker indeks, tetapi tidak secara aktif mengawasi mereka. Artinya, jika Anda mengubah file dalam direktori yang Tracker adalah tidak menonton, perubahan tidak akan mencerminkan indeks.

Jendela Preferences terdiri dari beberapa tab, masing-masing yang berkaitan dengan berbagai aspek Tracker. Anda dapat menentukan jalur dan pola yang Anda ingin Tracker mengabaikan dari tab File Diabaikan dan memungkinkan pengindeksan Evolusi email dari tab Email.

Versi masa depan akan mendukung pengindeksan bookmark browser, sejarah, catatan, tugas dll Anda tidak dapat mengubah perilaku default Tracker menampilkan 10 hasil per halaman, sehingga mengawasi keluar untuk Next dan tombol Sebelumnya untuk menggulir melalui halaman.

Ketika Anda klik pada hasil, Tracker berisi rincian tentang file, seperti dimensi jika gambar. Tracker juga memungkinkan Anda menambahkan tag untuk setiap file yang diindeks. Anda dapat menggunakan tag yang sama untuk file yang berbeda dan dengan demikian membuat koleksi konten dikelompokkan yang dapat diakses dengan mudah.

Sayangnya, ini sangat tidak dapat diandalkan karena kadang-kadang gagal Tracker untuk menampilkan semua file ditugaskan tag yang sama.

Versi: 0.6.93
Website: projects.gnome.org / tracker
Harga: Gratis lisensi GPL

4. Strigi

Desktop tercepat dan terkecil alat cari (sebagai pengembang Strigi klaim) kecewa kita, tidak pernah mengembalikan hasil pencarian yang benar untuk query. Berikut ini berharap bahwa jarak tempuh Anda bervariasi …

Hal ini dapat diinstal dengan mudah cukup dari repositori perangkat lunak distribusi. Dirancang untuk menjadi pengganti grafis untuk grep dan menemukan, banyak kekurangan yang membuat alat Strigi kami paling favorit dalam daftar ini.

Anda dapat memulai Strigi menggunakan perintah strigiclient atau Alt + F2 peluncur cepat. Secara default, itu tidak membuat entri dalam setiap menu. Ini dimulai pengindeksan direktori yang terdaftar segera setelah Anda klik tombol Mulai Pengindeksan.

Tergantung pada jumlah file yang terlibat, ukuran indeks bisa sangat besar, sehingga Anda mungkin harus mengawasi hati-hati di nomor itu. Ketika Anda siap untuk digunakan Strigi, mulai mengetik ke dalam kotak teks di bagian bawah jendela.

Hasil yang cocok akan ditampilkan cukup banyak untuk setiap keystroke, sehingga tidak layak judul menjadi alat pencarian tercepat. Tapi sementara Strigi klaim untuk dapat mencari di dalam arsip, semua tes menunjukkan sebaliknya.

Masalah terbesar dengan Strigi adalah bahwa ia hanya akan menunjukkan 10 hasil pertama untuk permintaan Anda, bahkan jika menemukan 55 item yang cocok, Anda tidak dapat menelusuri daftar ini. Dipaksa untuk memperbaiki pencarian Anda sehingga file yang Anda inginkan adalah terdaftar dalam 10 item pertama cocok menentang premis seluruh alat pencarian desktop. Noobs baris perintah Bahkan mungkin akan lebih beruntung menggunakan find dan grep.

Untuk alat yang rak sebuah indeks 200MB dalam setengah jam tanpa berkeringat, fakta bahwa ia tidak dapat menemukan file yang Anda cari adalah di luar membingungkan.

Versi: 0.6.3
Website: http://strigi.sourceforge.net
Harga: Gratis lisensi GPL

5. Recoll

Dengan kekuatan dari mesin pencari Xapian pada command, yang Recoll ringan mungkin hanya menjadi alat untuk Anda, jika Anda bisa mendapatkannya dan berjalan.

Hampir tidak ada distro yang membawa Recoll dalam repositori perangkat lunak, dan daftar ketergantungan alat itu bisa menunda beberapa pengguna. Untuk memulai, Anda perlu xapian-inti, ditambah qmake dan Qt. Untungnya, ini adalah tersedia dari repositori perangkat lunak. Hal ini akan menerjemahkan dengan pidana 10-tempat di grid mulai kalau bukan karena binari paket untuk Ubuntu, Fedora, Mandriva dan distro lain.

Recoll pengindeksan dimulai segera setelah Anda klik File> Update. Ia menyimpan indeks di ~ / .recoll / xapiandb / direktori. Secara default, itu akan mulai mengindeks dari direktori home Anda, termasuk partisi mount atau saham SMB.

Distro gvfs menggunakan, alat pengganti Gnome Virtual File System, mount saham di bawah ~ /. Gvfs / direktori, jadi ketika pengindeksan dimulai pada direktori home user, juga menelan saham mount. Anda dapat mengkonfigurasi Recoll untuk menghindari jalan tertentu dan direktori di jendela Prefs.

Seiring dengan bar pencarian di bagian atas antarmuka, Anda dapat menggunakan Semua Istilah daftar drop-down untuk memilih salah satu dari Setiap Jangka, Semua Istilah, Nama File dan Query Language. Anda kemudian dapat membatasi pencarian Anda ke file teks, atau tipe MIME lain, dengan mengklik tombol radio yang relevan dari bawah bar pencarian. Sebagai contoh, ketika Anda mencari email, pilih Pesan. Anda dapat menggunakan * itu,? dan wildcard braket persegi ketika mencari file dalam indeks.

Ini, bersama dengan fitur auto-lengkap (diakses dengan menekan Esc + Spasi) memberikan Recoll sedikit tepi atas alat-alat lainnya. Sebagai contoh, mengetik “PYT” dan menekan Esc + Spasi menampilkan daftar istilah yang mungkin seperti Python, pytype dll

Mengambilkan

Tergantung pada istilah pencarian Anda, dan berapa banyak hasil muncul, Anda mungkin harus menelusuri beberapa halaman untuk menemukan apa yang Anda cari – cukup klik link Next Page di kanan atas panel hasil.

Ketika menampilkan hasil, Recoll mencetak kutipan kecil dengan masing-masing, namun ini mungkin tidak cukup untuk memutuskan apakah hasilnya adalah apa yang Anda cari. Membantu, Anda dapat mengklik link Pratinjau samping entri dalam daftar hasil untuk membaca isi file dalam penampil dokumen internal Recoll itu.

Untuk membantu Anda memperbaiki pencarian Anda, Recoll memungkinkan Anda untuk menentukan kata kunci dan kemudian menyaring mereka dengan semua ini, ada Dari ini, salah satu dan klausa lain seperti dari dialog Advanced Search. Anda juga dapat membatasi pencarian Anda ke jenis MIME tertentu, seperti PDF atau spreadsheet.

Akhirnya, jika Anda tahu lokasi umum dari file, Anda dapat berisi sub-pohon pencarian untuk didefinisikan. Sementara alat-alat lain yang paling menjaga mata konstan pada disk Anda dan menjaga mengikuti indeks dari setiap perubahan, Recoll secara default hanya menciptakan indeks statis. Ini berarti Anda harus secara manual mengupdate indeks dengan mengklik File> Perbarui jika Anda ingin untuk menemukan up-to-date hasil pencarian.

Anda bisa, bagaimanapun, menggunakan Cron untuk mengkonfigurasi pengindeksan periodik. Ini adalah kedua kutukan dan keuntungan: sumber daya sistem yang tidak terus-menerus menyeret dalam upaya untuk menjaga indeks up to date, tetapi membutuhkan pengguna untuk mengambil langkah ekstra dibandingkan dengan alat lainnya.

Tapi ada secercah harapan, setidaknya bagi mereka yang ingin mengkompilasi Recoll sendiri. Berkas Perubahan Monitor (Fam) dan inotify adalah dua alat yang memantau filesystem untuk setiap perubahan. Ketika mengkompilasi Recoll, Anda dapat mengaktifkan dukungan untuk salah satu dari kedua dengan – with-fam atau – dengan-inotify pilihan.

Recoll tidak dibangun untuk mengindeks semua jenis file. Untuk indeks PDF, MP3, RTF, MS Office dan beberapa format eksotis lainnya baik, Anda perlu menginstal paket tambahan, seperti Antiword (untuk MS Word), dan Catdoc (untuk MS Excel dan PowerPoint). Tanpa alat ini, hanya nama file akan diindeks dan Recoll tidak akan menawarkan abstrak atau fungsi Pratinjau.

Versi: 1.12.1
Website: lesbonscomptes.com / recoll
Harga: Gratis lisensi GPL

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2011 in Aplikasi, Best of The Best

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: