RSS

Wine (Wine Is Not Emulator)

06 Jul

WINE adalah gratis aplikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk memungkinkan komputer program yang ditulis untuk Microsoft Windows untuk berjalan di Unix-seperti sistem operasi . Anggur juga menyediakan perpustakaan perangkat lunak , yang dikenal sebagai Winelib, terhadap yang pengembang dapat mengkompilasi aplikasi Windows untuk membantu pelabuhan mereka untuk sistem Unix-like.

Wine bukanlah emulator , tetapi adalah bukan lapisan kompatibilitas , menyediakan implementasi alternatif dari DLL bahwa Windows program memanggil [ rujukan? ], dan proses untuk menggantikan Windows NT kernel . Anggur ini sebagian besar ditulis dengan menggunakan Black-kotak pengujian reverse-engineering, untuk menghindari hak cipta masalah.

Wine Nama awalnya singkatan untuk mulator E WIN dows. Maknanya kemudian bergeser ke rekursif backronym , W s U ine aku ot suatu mulator E.  Sementara nama kadang-kadang muncul dalam bentuk WINE dan anggur, pengembang proyek telah sepakat untuk standarisasi pada Wine bentuk.

Dalam sebuah survei tahun 2007 oleh desktoplinux.com dari 38.500 pengguna desktop Linux, 31,5% dari responden melaporkan menggunakan Wine untuk menjalankan aplikasi Windows. Pluralitas ini lebih besar daripada semua virtualisasi x86 program gabungan, serta lebih besar dari 27,8% yang melaporkan tidak menjalankan aplikasi Windows.

Download Wine di http://www.winehq.org/

Sejarah

Bob Amstadt (pemimpin proyek awal) dan Eric Youngdale memulai proyek Wine pada tahun 1993 sebagai cara untuk menjalankan Windows aplikasi pada Linux . Hal ini terinspirasi oleh dua Sun Microsystems ‘produk, Wabi untuk Solaris sistem operasi, dan Windows Publik Initiative (upaya untuk mendapatkan Windows API sepenuhnya reimplemented dalam domain publik sebagai ISO standar, namun ditolak oleh badan karena tekanan dari Microsoft tahun 1996).  Wine awalnya ditargetkan Windows 3.x ( 16-bit ) perangkat lunak aplikasi , tetapi sebagai tahun 2010 berfokus pada aplikasi 32-bit dan 64-bit. Proyek berasal dalam diskusi Usenet di comp.os.linux pada bulan Juni 1993. Alexandre Julliard telah memimpin proyek tersebut sejak tahun 1994.

Proyek ini telah terbukti memakan waktu dan sulit bagi para pengembang, terutama karena tidak lengkap dan tidak benar dokumentasi API Windows. Sementara Microsoft ekstensif dokumen yang paling Win32 fungsi , beberapa daerah seperti format file dan protokol tidak memiliki spesifikasi resmi Microsoft. Microsoft Windows juga mencakup tercatat tingkat rendah fungsi dan mengaburkan bug yang harus Anggur duplikat justru untuk memungkinkan beberapa aplikasi untuk bekerja dengan baik. Akibatnya, tim Anggur memiliki reverse-engineered panggilan banyak fungsi dan format file dalam bidang-bidang seperti thunking . Baru-baru ini beberapa pengembang telah menyarankan taktik ditingkatkan seperti memeriksa sumber perangkat lunak bebas dan open source yang masih ada.

Proyek Wine Anggur awalnya dirilis di bawah yang sama lisensi MIT sebagai Sistem X Window, tetapi karena kekhawatiran tentang kepemilikan versi Wine tidak memberikan kontribusi perubahan mereka kembali ke proyek inti, bekerja sebagai Maret 2002 telah menggunakan LGPL untuk yang lisensi.

Anggur resmi memasuki versi beta dengan 0.9 pada tanggal 25 Oktober 2005. Versi 1.0 dirilis pada tanggal 17 Juni 2008, setelah 15 tahun pembangunan. Versi 1.2 dirilis pada 16 Juli 2010. Versi Pembangunan yang dirilis kira-kira setiap dua minggu.

Sponsor Perusahaan

Sponsor perusahaan utama Wine adalah CodeWeavers , yang mempekerjakan Julliard dan banyak pengembang Wine lain untuk bekerja pada Wine dan CrossOver , versi CodeWeavers ‘didukung Wine. Crossover mencakup beberapa aplikasi-spesifik tweak tidak dianggap cocok untuk versi WineHQ, serta beberapa komponen proprietary tambahan.

Keterlibatan Corel untuk sementara waktu dibantu proyek, terutama dengan menggunakan Julliard dan orang lain untuk bekerja di dalamnya. Corel memiliki minat pada port WordPerfect Office , yang office suite , ke Linux (terutama Corel Linux ). Corel kemudian membatalkan semua yang berhubungan dengan Linux proyek setelah Microsoft membuat investasi besar dalam Corel, menghentikan upaya Anggur mereka.

Sponsor perusahaan lain termasuk Google , yang menyewa CodeWeavers untuk memperbaiki Anggur sehingga Picasa berlari cukup baik untuk porting langsung ke Linux menggunakan biner yang sama seperti pada Windows; Google kemudian dibayar untuk perbaikan dukungan Anggur untuk Adobe Photoshop CS2 . Anggur juga merupakan penerima reguler Google Summer of Code program.

Arsitektur

ClamWin GUI

Anggur mengimplementasikan Windows API sepenuhnya dalam ruang pengguna , bukan sebagai modul kernel. Layanan biasanya disediakan oleh kernel pada Windows disediakan oleh daemon dikenal sebagai wineserver tersebut. Wineserver mengimplementasikan fungsi dasar Windows, serta integrasi dengan Sistem X Window , dan terjemahan sinyal ke dalam pengecualian Windows asli.

Meskipun Anggur menerapkan beberapa aspek dari kernel Windows, tidak mungkin untuk menggunakan driver Windows asli dengan itu, karena arsitektur yang mendasari Anggur itu. Hal ini mencegah aplikasi tertentu dari bekerja, seperti beberapa copy-dilindungi judul.

Anggur terutama dikembangkan untuk Linux, tetapi Mac OS X , FreeBSD dan Solaris port saat ini (per Januari 2009) terawat dengan baik.  Anggur juga tersedia untuk OpenBSD dan NetBSD melalui Pelabuhan OpenBSD  dan NetBSD pkgsrc masing-masing . Sejak Oktober 2010, Anggur juga bekerja pada ARM platform yang bila digunakan sebagai Winelib (yang memungkinkan pengembang kompilasi kode Windows di Linux menggunakan Wine sebagai library).  Beberapa versi DLL Wine yang tersedia untuk Microsoft Windows,  namun Anggur tidak sepenuhnya kompilasi atau berjalan di Windows belum.

Fungsi

Sebuah animasi menunjukkan kemajuan dalam kompatibilitas aplikasi sesuai dengan hasil tes dari Anggur AppDB (klik pada gambar untuk melihat animasi).

  Software yang berjalan mulus (“Platinum”)
  Software yang berjalan mulus dengan konfigurasi (“Emas”)
  Perangkat lunak dengan Masalah kecil (“Perak”)
  Perangkat lunak dengan Masalah utama (“Perunggu”)
  Tidak dapat digunakan perangkat lunak (“Sampah”)

Pada 2011 , Anggur menjalankan banyak paket perangkat lunak dengan stabilitas yang baik dan banyak orang lain dengan masalah kecil.  Para pengembang dari Direct3D bagian Anggur terus untuk mengimplementasikan fitur baru seperti pixel shader untuk meningkatkan dukungan permainan.  Anggur juga dapat menggunakan DLL asli secara langsung, sehingga meningkatkan fungsi, tapi kemudian lisensi untuk Windows diperlukan kecuali DLL didistribusikan dengan aplikasi itu sendiri.

winecfg adalah sebuah utilitas konfigurasi GUI disertakan dengan Wine. Winecfg membuat mengkonfigurasi Wine mudah dengan membuatnya tidak perlu untuk mengedit registri secara langsung, meskipun, jika diperlukan, ini dapat dilakukan dengan registry editor disertakan (mirip dengan Windows regedit ). Anggur juga mencakup sendiri open source implementasi dari beberapa program Windows lainnya, seperti notepad , WordPad , kontrol , iexplore dan penjelajah .

AppDB adalah sebuah komunitas terawat database yang aplikasi Windows bekerja, dan seberapa baik mereka bekerja, dengan Wine.

Kompatibilitas

Wine berjalan tua 16-bit Windows disebut permainan Tantangan Chip pada x86-64 ( 64-bit ) komputer.

Sebuah screenshot menunjukkan bagaimana Anggur dapat dikonfigurasi untuk meniru berbagai versi Windows, akan sejauh kembali sebagai Windows 2.0 seperti yang ditunjukkan.

Anggur yang baik menjamin kompatibilitas dengan aplikasi warisan Windows, termasuk yang ditulis untuk Windows 3.1 .  Anggur dapat meniru versi berbeda Windows diperlukan untuk beberapa program, akan sejauh kembali sebagai Windows versi 2.0.

Kompatibilitas di Wine adalah lebih tinggi dari Windows, versi terbaru dari Windows dapat memaksa pengguna untuk meng-upgrade warisan aplikasi Windows. Dalam banyak kasus, Anggur dapat menawarkan dukungan warisan lebih baik daripada versi baru Windows dengan “Compatibility Mode”.

Anggur dapat menjalankan 16-bit program Windows pada sistem operasi 64-bit, yang menggunakan -64 x86 (64-bit) CPU (contoh screenshot di sebelah kiri). Versi 64-bit dari Microsoft Windows tidak akan berjalan 16-bit program Windows.

Anggur sebagian mendukung Windows aplikasi konsol , dan pengguna dapat memilih untuk menggunakan backend untuk mengelola konsol (pilihan meliputi  sungai baku, kutukan , dan user32 ). Bila menggunakan aliran mentah atau backends kutukan, aplikasi Windows akan berjalan dalam terminal Unix.

aplikasi 64-bit

Dukungan awal untuk 64-bit Windows aplikasi telah ditambahkan ke Wine 1.1.10, pada Desember 2008. [32] Hal ini saat ini membutuhkan setidaknya gccversi 4.4, dan pengembang Wine berharap bahwa itu akan memakan waktu yang signifikan sebelum dukungan stabil. Namun, karena hampir semua aplikasi Windows saat ini tersedia dalam versi 32-bit, dan versi 32-bit Anggur dapat berjalan di platform 64-bit, ini dipandang sebagai non-isu.

Port 64-bit Anggur juga memiliki awal WOW64 dukungan (per April 2010 ), yang memungkinkan 32-bit dan 64-bit untuk menjalankan aplikasi Windows di dalam contoh Anggur yang sama. [33]

Aplikasi pihak ketiga

Pegasus Mail berjalan melalui Wine, versi 1.1.42. (The merapikan font yang diaktifkan dengan menggunakan winetricks Anda dapat melihat font yang halus dalam gambar ketika itu dilihat dalam ukuran penuh..)

Beberapa aplikasi memerlukan tweaking lebih dari sekadar menginstal aplikasi untuk bekerja dengan baik, seperti secara manual mengkonfigurasi Wine untuk penggunaan tertentu Windows DLL. Proyek Wine tidak memadukan seperti workarounds ke dalam basis kode Anggur, bukannya memilih untuk fokus hanya pada peningkatan pelaksanaan Anggur dari Windows API. Meskipun pendekatan ini berfokus pembangunan Anggur jangka panjang kompatibilitas, itu membuat sulit bagi pengguna untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan workarounds. Akibatnya, banyak aplikasi pihak ketiga telah dibuat untuk kemudahan penggunaan aplikasi yang tidak bekerja di luar kotak dalam Anggur itu sendiri. Wiki Anggur mempertahankan halaman saat ini dan usang aplikasi pihak ketiga.

  • CrossOver , perangkat lunak berpemilik
  • Bordeaux adalah Anggur GUI konfigurasi kepemilikan manajer yang menjalankan aplikasi winelib. Ini juga mendukung instalasi utilitas pihak ketiga, pemasangan aplikasi dan permainan, dan kemampuan untuk menggunakan konfigurasi kustom. Bordeaux saat ini berjalan pada Linux, FreeBSD, PC-BSD, Solaris, OpenSolaris, OpenIndiana  dan Mac OS X komputer.
  • Winetricks adalah skrip untuk menginstal beberapa komponen dasar (biasanya Microsoft DLL dan font) yang diperlukan untuk beberapa aplikasi untuk berjalan dengan benar dengan Wine. Proyek Wine akan menerima laporan bug untuk pengguna Winetricks, tidak seperti kebanyakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini dipertahankan oleh pengembang Wine Dan Kegel.
  • Wine-Doors adalah alat aplikasi manajemen untuk GNOME desktop yang menambahkan fungsionalitas untuk Wine. Wine-Doors adalah sebuah alternatif untuk WineTools yang bertujuan untuk memperbaiki fitur WineTools ‘dan memperpanjang pada gagasan asli dengan pendekatan desain yang lebih modern.
  • IEs4Linux adalah utilitas untuk menginstal semua versi Internet Explorer, termasuk versi 4 sampai 6 dan versi 7 (dalam versi beta).
  • PlayOnLinux adalah aplikasi untuk memudahkan instalasi aplikasi Windows (terutama game)
  • Kulit anggur adalah utilitas untuk mengelola versi Wine mesin dan membuat pembungkus untuk Mac OSX .

Versi lain dari Anggur

Perkembangan Anggur inti bertujuan implementasi yang benar dari Windows API secara keseluruhan dan seringkali tertinggal di beberapa daerah kompatibilitas dengan aplikasi tertentu. Direct3D, misalnya, tetap diimplementasikan sampai 1998,  meskipun baru rilis memiliki sebuah implementasi yang semakin lengkap.

CodeWeavers pasar CrossOver khusus untuk menjalankan Microsoft Office dan lainnya utama aplikasi Windows termasuk beberapa game. CodeWeavers mempekerjakan Alexandre Julliard untuk bekerja pada Wine dan berkontribusi paling banyak kode untuk proyek Wine di bawah LGPL. CodeWeavers juga merilis versi baru yang disebut Crossover Mac berbasis Intel untuk Apple Macintosh komputer pada tanggal 10 Januari 2007.

CodeWeavers juga baru-baru merilis Game CrossOver , yang dioptimalkan untuk menjalankan Windows game komputer . Tidak seperti CrossOver, tidak fokus pada penyediaan versi paling stabil Wine. Sebaliknya, fitur eksperimental disediakan untuk mendukung permainan baru.

Teknologi TransGaming menghasilkan berpemilik Cedega perangkat lunak. Sebelumnya dikenal sebagai winex, Cedega mewakili garpu dari versi MIT-lisensi terakhir dari Wine pada tahun 2002. Sama seperti Permainan Crossover, Cedega TransGaming yang ditujukan terhadap menjalankan Windows game komputer . Pada tanggal 7 Januari 2011, Teknologi TransGaming mengumumkan pengembangan lanjutan dari Cedega Teknologi di bawah Program Pengembang GameTree . Anggota dapat tetap menggunakan mereka Cedega ID dan password hingga 28 Februari 2011.

TransGaming juga telah menghasilkan Cider , perpustakaan untuk Apple arsitektur Intel Macintoshes. Bukannya produk pengguna akhir, Cider (seperti Winelib) adalah wrapper yang memungkinkan pengembang untuk beradaptasi permainan mereka untuk berjalan secara native pada Intel Mac OS X tanpa perubahan apapun dalam kode sumber.

Para Rusia Perusahaan Etersoft telah mengembangkan versi berpemilik Wine sejak 2006. WINE @ Etersoft mendukung aplikasi Rusia populer untuk bisnis, akuntansi, perdagangan dll (misalnya, 1C: Enterprise oleh Perusahaan 1C ).  Pada tahun 2010, Etersoft akan masalah ANGGUR @ Etersoft CAD yang berorientasi pada sistem CAD seperti AutoCAD , Bricscad dan Kompas-3D (Rusia populer CAD-sistem).

Proyek-proyek lain menggunakan kode Anggur source termasuk:

  • ReactOS , sebuah proyek untuk menulis sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Windows NT turun ke device driver tingkat. ReactOS menggunakan kode sumber Anggur jauh, tetapi karena perbedaan arsitektur, ReactOS kode (seperti DLL ditulis secara khusus untuk itu, misalnya ntdll, user32, kernel32, gdi32, dan advapi) umumnya tidak digunakan kembali di Wine. Pada bulan Juli 2009, alex Bragin, memimpin proyek ReactOS, mulai  baru ReactOS cabang yang disebut Arwinss,  dan secara resmi diumumkan pada bulan Januari 2010.  Arwinss merupakan implementasi alternatif komponen inti Win32, dan menggunakan sebagian besar tidak berubah versi dari user32.dll Anggur dan gdi32.dll.
  • Unified Linux Kernel , proyek dimaksudkan untuk biner-kompatibel dengan perangkat lunak aplikasi dan driver perangkat yang dibuat untuk Microsoft Windows dan Linux. Kernel ini impor semua fitur kunci dari kernel sistem operasi Windows ke dalam kernel Linux untuk mendukung kedua Linux dan aplikasi Windows dan driver perangkat.
  • Darwine , port dari perpustakaan Wine untuk Darwin dan Mac OS X. Kronenberg. org menyatakan “Seperti beberapa mungkin telah membaca di Wine-Development, Darwine sudah mati untuk selamanya. OS X Port Wine sebelumnya dikenal sebagai Darwine sekarang Wine. ” Kronenberg terus bekerja pada versi Mac Intel disebut Winebottler
  • Kulit anggur , sebuah Anggur open source GUI konfigurasi manager untuk Mac OS X . kulit anggur menciptakan wrapper sekitar Anggur dalam bentuk Aplikasi Mac yang normal. Pembungkus juga dapat digunakan untuk membuat “port” yang disebarkan perangkat lunak.
  • Odin , sebuah proyek untuk menjalankan binari di Win32 OS / 2 atau mengkonversikannya ke format OS / 2 asli. Proyek ini juga menyediakan API untuk mengkompilasi program Odin32 Win32 untuk OS / 2.
  • E / OS , sebuah proyek mencoba untuk mengizinkan semua program yang dirancang untuk sistem operasi yang akan dijalankan tanpa perlu benar-benar menginstal sistem operasi lain.
  • Mundur , garpu MIT-lisensi mati dari versi MIT-lisensi terakhir dari Wine.
  • Parallels Desktop 3 untuk Mac , sebuah produk eksklusif yang menggunakan beberapa kode Anggur untuk penanganan DirectX nya.
  • VirtualBox v3.x, produk Open Source yang menggunakan beberapa kode Anggur untuk penanganan Direct3D nya.

Keamanan

Karena kemampuan Wine untuk menjalankan kode biner Windows, kekhawatiran telah dikemukakan di atas virus Windows asli dan malware yang mempengaruhi Unix-seperti sistem operasi. Wine dapat menjalankan malware banyak, tapi program yang berjalan di Wine terbatas pada hak pengguna saat ini, membatasi beberapa konsekuensi yang tidak diinginkan. Ini adalah salah satu alasan Anggur tidak harus dijalankan sebagai superuser . [53] Malware penelitian perangkat lunak seperti ZeroWine  berjalan Wine di Linux dalam mesin virtual , untuk menjaga malware benar-benar terisolasi dari sistem host.

Anggur vs asli Unix aplikasi

Sebuah keprihatinan bersama mengenai Wine adalah bahwa keberadaannya berarti bahwa vendor cenderung untuk menulis Linux, Mac OS X dan aplikasi BSD. Sebagai contoh dari hal ini, perlu mempertimbangkan operasi IBM 1994 sistem, OS / 2 Warp . Artikel menjelaskan kelemahan dari OS / 2 yang membunuh itu, yang pertama adalah:

OS / 2 yang ditawarkan kompatibilitas yang sangat baik dengan DOS dan Windows 3.1 aplikasi. Tidak, ini bukan kesalahan. Vendor Banyak aplikasi berpendapat bahwa dengan mengembangkan sebuah aplikasi DOS atau Windows, mereka akan mencapai pasar OS / 2 di samping ke DOS / Windows pasar dan mereka tidak mengembangkan OS asli / 2 aplikasi.
Bagi kebanyakan orang masih ada beberapa program mengunci mereka ke Windows. Ini jelas tidak akan pernah ada Microsoft Office porting ke Linux, namun versi yang lebih tua dari program-program seperti TurboTax tidak akan porting baik. Demikian pula, ada puluhan ribu game dan aplikasi internal perusahaan yang tidak akan pernah porting. Jika Anda ingin menggunakan Linux dan bergantung pada setiap warisan aplikasi Windows, sesuatu seperti Wine adalah penting … Wine membuat Linux lebih berguna dan memungkinkan bagi jutaan pengguna untuk beralih yang tidak bisa sebaliknya. Hal ini sangat meningkatkan pangsa pasar Linux, menarik lebih banyak pengembang komersial dan komunitas Linux.

Penggunaan Wine untuk gaming telah terbukti khusus kontroversial di komunitas Linux, karena beberapa merasa itu adalah mencegah, atau setidaknya menghambat, pertumbuhan lebih lanjut dari game asli pada platform.

Microsoft dan Anggur

Microsoft telah umumnya tidak membuat pernyataan publik mengenai Wine. Namun, Microsoft Update perangkat lunak akan memblokir update untuk aplikasi Microsoft yang berjalan di Wine. Pada tanggal 16 Februari 2005, Ivan Leo Puoti menemukan bahwa Microsoft telah mulai memeriksa registri Windows untuk kunci konfigurasi Wine dan akan memblokir Windows Update untuk komponen apapun. Puoti menulis, “Ini … pertama kalinya Microsoft telah mengakui adanya Wine.”

The Windows Genuine Advantage sistem (WGA) juga memeriksa keberadaan kunci registri Anggur. WGA FAQ menyatakan bahwa WGA tidak akan berjalan di Wine dengan desain, karena Wine tidak merupakan “Windows asli”. Ketika validasi WGA mendeteksi Wine berjalan pada sistem, ia akan memberitahu pengguna bahwa mereka menjalankan Windows non-asli dan melarang Windows asli download untuk sistem itu. Meskipun demikian, beberapa laporan telah beredar dari sistem WGA bekerja di Wine, meskipun celah ini kini telah ditutup dengan update komponen WGA berikutnya. Dalam kasus Internet Explorer 7 , Microsoft telah sejak dihapus persyaratan WGA.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Juli 2011 in Wine

 

One response to “Wine (Wine Is Not Emulator)

  1. louis vuitton outlet

    29 Juli 2013 at 8:03 AM

    Wine (Wine Is Not Emulator) | Gerakan Open Source

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: