RSS

7 of The best Linux file manager

06 Jul
Jumlah file yang tersimpan pada PC desktop rata-rata terus meningkat. Kebutuhan kita berubah seperti yang kita lakukan, dan setiap tahun kita lebih bergantung pada dokumen digital sedangkan perangkat penyimpanan kami mendapatkan lebih besar untuk mengikuti. Singkatnya, cara kita mengatur file kita bangga hanya beberapa tahun yang lalu telah menjadi usang.

Hasilnya adalah bahwa Anda tidak hanya perlu asisten efisien untuk tugas umum berurusan dengan file Anda, tetapi juga pekerja keras untuk waktu berikutnya Anda ingin melakukan pembersihan serius.

Inilah sebabnya, bahkan di masa-masa desktop sosial dan komputasi awan, file manajer tetap relevan. 

Tes lakmus untuk setiap manajer file, kemudian, adalah kemampuan untuk mengelola sejumlah besar file secara efisien, dan ini adalah salah satu dari dua kriteria utama untuk aplikasi di Roundup ini. Perhatian lainnya utama kami adalah advokasi. Bisakah setiap manajer file di sini membantu meyakinkan pengguna Linux yang belum berpengalaman bahwa OS dapat berupa akrab dan mudah digunakan, atau berbeda dalam hal jauh lebih fleksibel daripada apa yang telah mereka alami sebelumnya?

Dengan demikian, kami telah memberikan banyak ruang untuk file manajer lingkungan desktop populer dan pemula-friendly. Namun, kami juga termasuk aplikasi yang di sebagian Linux live CD untuk low-end sistem, ditambah beberapa orang luar untuk mencakup kekayaan ekosistem Linux.

Tentu saja, kita bisa memiliki lebih menunjukkan hal ini dengan termasuk program yang sama berlaku seperti Midnight Commander atau EmelFM2, tapi ini semua sudah dibahas dalam artikel LXF relatif baru dan kami telah memilih untuk melewati mereka di sini.

1. Nautilus

Jalankan Nautilus di Fedora 14 dan secara default Anda akan melihat urusan yang multi-pane dengan pohon di sebelah kiri, beberapa ikon di bagian atas dan banyak ruang dicadangkan untuk melihat file. Ini dikenal sebagai mode Browser.

Pandangan alternatif adalah mode Spatial, yang membuka jendela untuk setiap folder yang Anda akses – seolah-olah masing-masing file fisik. Anda dapat mengatur mana yang Anda inginkan sebagai default menggunakan menu Preferensi app.

Pilihan Anda tidak berhenti di situ, meskipun – Nautilus dapat menampilkan isi direktori di List, Ikon atau melihat Compact, dapat diakses melalui menu drop-down. Anda juga dapat memilih antara tunggal atau double klik untuk membuka file, sedangkan thumbnail dapat toggled mati atau pada, dan diperbesar.

Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan, klik pada dua tombol kecil di sisi tingkat zoom saat ini. Setiap klik sesuai dengan variasi 50%, tapi kami lebih suka tingkat granularity halus.

Apa lagi, Anda dapat memiliki pandangan tambahan beberapa folder semua dalam satu jendela Nautilus. Untuk membuka jendela baru hanya pilih Pane> Ekstra. Dalam pandangan kami Browser default, Nautilus menunjukkan direktori saat ini dengan remah roti – yaitu, daftar path ke direktori saat ini dapat Anda gunakan untuk menelusuri kembali langkah Anda. Mengklik kanan Nautilus ini memungkinkan Anda untuk memilih apakah akan pindah ke sana atau membuka folder yang di jendela atau tab terpisah.

Tombol lain di bar bagian atas memungkinkan Anda untuk bergerak melalui folder yang terakhir dikunjungi, atau naik satu tingkat dalam filesystem. Khususnya, apakah file lokal atau remote membuat sedikit perbedaan, karena Nautilus dapat terhubung ke FTP, WebDAV, SSH server dan Windows saham. Anda juga dapat menyimpan folder yang sering dikunjungi sebagai penanda.

Panah kecil seperti simbol di ujung kanan toolbar mengaktifkan fungsi pencarian Nautilus itu. Dengan ini, Anda dapat menentukan jenis file itu harus dicari, dan di mana. Anda bahkan dapat nama dan bookmark pencarian seolah-olah itu folder normal.

Untuk membantu Anda dalam menemukan file sekilas, Nautilus dapat melampirkan Catatan dan lencana – gambar-gambar kecil ditambahkan ke ikon file – untuk file Anda. Untuk menambahkan catatan, klik kanan file, pilih Properties, masuk ke jenis tab Notes, apa pun yang Anda inginkan dan klik Simpan. Teks yang kemudian akan terlihat di sebelah kiri setiap kali Anda berada dalam modus Tampilan Catatan.

Dalam kasus Emblems, Anda dapat menggunakannya sebagai pengingat visual dari tujuan atau sifat dari setiap file. Misalnya, Anda dapat menambahkan Emblem Penting untuk file penting. Jika pilihan telah ditetapkan di sini tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat membuat Anda sendiri: pergi ke Edit Latar Belakang> Dan Emblems, kemudian klik lencana dan Tambah Sebuah Emblem Baru. Sayangnya, tidak ada cara yang jelas untuk menggunakan lencana sebagai kriteria pencarian.

Akhirnya, Nautilus akan membuka menu konteks-sensitif saat Anda memilih file atau folder. Menu ini selalu memiliki Kirim Untuk entri, yang dapat Anda gunakan untuk mengirim file melalui pesan instan atau email, ke DVD, atau program kompresi.

Sebuah cara sederhana untuk memperluas kemampuan Nautilus adalah untuk menambahkan tindakan Anda sendiri untuk menu ini. Sebuah tindakan Nautilus hanyalah sebuah shell skrip dieksekusi ditempatkan di sebuah direktori khusus, biasanya $ HOME/.gnome2/nautilusscripts /. Isinya ditampilkan dalam submenu Script. Bila Anda memilih salah satu, Nautilus akan menjalankannya dengan file yang dipilih sebagai parameter.

Sudah ada banyak skrip ini online: menemukan mereka di http://g-scripts.sourceforge.net .

Versi: 2.32.2.1
Web: http://live.gnome.org/Nautilus
Harga: Gratis lisensi GPL

2. Dolphin

Dolphin file manager resmi dari desktop KDE. Konfigurasi standar memberikan pengguna Tempat panel sebelah kiri daftar, dengan Home, Root Jaringan, dan Sampah sebagai default. Sementara itu, area utama menunjukkan isi dari direktori saat ini sebagai Ikon, Kolom, atau Rincian.

Yang terakhir ini menyerupai daftar Anda akan mendapatkan di jendela terminal. Bila Anda menggunakannya, Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan hirarki pohon direktori Anda dengan pilihan Folder diperluas. Tombol split menyalakan atau mematikan tata letak dua-pane, atau Anda dapat membuka beberapa tab.

Jika Anda pernah terjebak untuk apa tombol tidak, menekan Shift + F1 ketika kursor berada di atasnya memberikan tooltip berguna.

Seperti standar, thumbnail yang tersedia. Fungsi zoom lumba-lumba lebih sulit untuk melihat dari itu Nautilus: itu hanya slider kecil di sudut kanan bawah. Namun, juga bekerja lebih baik, karena Anda dapat mengaturnya ke nilai apapun yang Anda inginkan dalam kisaran yang telah ditentukan.

Dengan Lokasi> View, Anda dapat mengatur bar lokasi dalam mode Kotak breadcrumb atau Editable. Hampir semua jalan pintas di Dolphin dikonfigurasi, seperti prioritas menyortir file-kriteria.

Lumba-lumba juga memiliki panel untuk Informasi dan Folder, dan terminal terpadu. Panel dapat dimaksimalkan, diminimalkan atau terpisah dari jendela utama dengan Dolphin mengklik tombol berlian kecil di sudut mereka.

Panel Informasi menunjukkan preview dari apa pun yang telah Anda pilih di area utama. Ini juga mungkin merupakan bagian paling kuat dari Dolphin, karena memungkinkan Anda untuk mengasosiasikan komentar, rating dan tag untuk setiap file atau folder dalam manajer (atau, lebih tepatnya, Nepomuk) dan menampilkan apa pun yang Anda telah dimasukkan sebelumnya.

Mekanisme ini mirip dengan manajer gambar Digikam. Dolphin hanya generalises bahwa pendekatan dan antarmuka. Hal ini dapat memakan waktu, tapi imbalannya adalah layak jika Anda memiliki banyak file.

Ketika datang untuk mencari file, kemampuan pencarian Dolphin adalah kuat, tetapi cara mereka disajikan dapat membingungkan pengguna pertama kali.

Ada dua fungsi pencarian yang berbeda, namun perbedaan ini tidak seperti terlihat sebagaimana mestinya. Antarmuka pertama adalah kotak yang Anda dapatkan ketika Anda tekan Ctrl + F atau pilih Peralatan> Cari file. Yang lainnya adalah kolom input kecil yang muncul di ujung kanan toolbar jika Anda memilih Pengaturan> Toolbars Tampil.

Kotak File Cari memungkinkan Anda untuk mencari dalam arti Unix tradisional: menurut nama file, isi jika mereka teks, atau properti seperti ukuran atau tanggal modifikasi.

Antarmuka lain melakukan sesuatu yang sangat berbeda. Anda masih dapat memperbaiki hasil dengan menetapkan batas ukuran file atau tanggal modifikasi. Namun, toolbar ini query database Nepomuk. Jika anda mengaktifkan indexer, ia juga melihat isi file, tetapi sebaliknya hanya mengembalikan file yang tag atau komentar sesuai dengan apa yang telah Anda ketik di kotak Informasi mereka.

Seperti dengan Nautilus, Anda dapat menyimpan permintaan pencarian sebagai penanda dan Dolphin juga memiliki menu kontekstual dikonfigurasi.

Selain dukungan untuk informasi file, kekuatan lain dari Dolphin adalah bahwa ada yang menarik pengaya semua varietas, termasuk antarmuka Dropbox, membuat DVD dari galeri gambar dengan Kdenlive dan mengkonversi teks dipindai ke format teks biasa dengan Tesseract.

Versi: 1.5
Web: http://dolphin.kde.org
Harga: Gratis lisensi GPL

3. 4Pane

Ini multi-pane, daftar file manager berbasis dirancang untuk menempatkan kecepatan sebelum efek visual. Namanya berasal dari kenyataan bahwa konfigurasi default menampilkan dua pasang identik panel. Masing-masing pasangan terdiri dari tampilan pohon direktori dan daftar rinci file.

Anda bisa, bagaimanapun, menambah atau menghapus panel yang Anda inginkan, menggunakan tab dan bookmark toko juga.

Pertama kali Anda memulai 4Pane, wizard melihat sistem anda untuk membuat konfigurasi dasar, atau memungkinkan Anda untuk mengimpor yang sudah ada. Setelah Anda sudah mengatur 4Pane sesukamu, Anda dapat menyimpan bahwa setup sebagai template.

Cara pintas ini tersedia dan dikonfigurasi untuk fungsi yang paling. Memang, sebagai ‘Bantuan bagi orang yang tidak membaca manual “4Pane mengatakan:” Hampir semuanya dikonfigurasi, terutama dari Pilihan> Konfigurasikan menu 4Pane dan [dengan] F1 menekan Anda akan mendapatkan bantuan konteks-sensitif … ”

Antarmuka berisi tombol-tombol atau menu untuk me-mount dan unmount drive atau partisi, mengelola arsip dan kembali ke folder yang terakhir dikunjungi. Selain itu, 4Pane mendukung mengubah nama massa atau duplikasi file, dan dapat menangani removable drive, NFS atau Samba saham.

Mengikuti petunjuk rinci dalam manual user penuh, 4Pane juga dapat diperpanjang dengan user-defined alat. Untuk mendapatkan ide dari apa yang tersedia, mencari di menu Tools menampilkan yang disertakan dengan 4Pane: menemukan, grep dan mencari.

4Pane bahkan fitur terminal terintegrasi. Memilih View> Terminal Tampilkan Emulator membukanya. Hal ini tidak sepenuhnya fitur, karena Anda tidak dapat menggunakan su, sudo atau escape sequence. Namun, pipa, pengalihan dan perintah sejarah yang didukung, sehingga dapat menghemat waktu, terutama jika Anda ingin bekerja setengah dengan mouse dan setengah pada prompt.

Versi: 0.8.0
Web: www.4pane.co.uk
Harga: Gratis lisensi GPL

4. Thunar

Thunar adalah file standar manajer lingkungan desktop Xfce4. Ini sederhana, tapi dirancang dengan baik, cepat dan mudah digunakan.

Menu paling atas berisi tidak lebih dari File, Edit, View dan Go entri. Bookmark dan drive dipasang akan ditampilkan di sebelah kiri sebagai ikon atau dalam tampilan struktur pohon, sedangkan direktori saat ini ditampilkan baik dengan remah roti dalam gaya pathbar Thunar, atau dalam kotak teks yang dapat diedit dalam gaya Toolbar nya. Yang terakhir juga menambahkan Up, tombol Back dan Home, yang bekerja sama seperti yang di Nautilus.

Kesamaan lain antara keduanya adalah pilihan antara ikon rinci, daftar kompak atau daftar rinci sebagai pandangan. Sebuah perintah Buka Terminal Berikut adalah selalu tersedia di menu kontekstual utama. Kirim Untuk pilihan dalam menu yang sama dapat membuat link desktop untuk file yang dipilih, lampirkan ke email, atau salin ke drive lain atau perangkat Bluetooth.

Opsi terakhir dalam menu pop-up adalah Renamer massal, yang Anda juga dapat mengaktifkan dengan menekan F2 atau memilih Edit> Ubah nama … dari menu utama. Dengan ini, Anda dapat menambahkan, menghapus atau mengganti karakter dalam nama file yang telah dipilih sebelumnya, atau menambahkan tanggal atau angka progresif kepada mereka. Mengubah nama pilihan tambahan yang tersedia untuk tipe file tertentu dengan plugin benar – Anda akan menemukan daftar Aksi pengaya di sini .

Membuat Anda sendiri juga mudah. Jika Anda pilih Edit> Konfigurasikan Tindakan Custom dan kemudian klik tanda plus, Anda akan mendapatkan panel dengan dua tab. Yang pertama menceritakan Thunar bagaimana mengasosiasikan program generik untuk entri menu baru. Kedua mendefinisikan Kondisi Penampilan: jenis file yang harus Thunar mengasosiasikan bahwa entri menu.

Versi: 1.0.2
Web: http://thunar.xfce.org
Harga: Gratis lisensi GPL

5. Rox-Filer

The Rox-Filer hanya bagian dari Rox, sebuah lingkungan desktop terinspirasi oleh strategi (dikurangi instruksi komputasi diatur) RISC.

Jendela Filer hanya memiliki beberapa tombol. Tiga adalah jalan pintas untuk bookmark, direktori home Anda dan direktori induk. Lainnya semacam, menyembunyikan atau menampilkan file atau tampilan thumbnail bukan ikon. Anda juga dapat file warna berdasarkan jenis mereka.

Rox-Filer memiliki hampir semua fungsi manajer file lain, itu hanya menempatkan mereka di tempat yang berbeda: yaitu, menu pop-up diaktifkan dengan tombol mouse sebelah kanan. Dari itu, Anda dapat membuka terminal atau bar lokasi, mencari file (dengan ekspresi reguler), aktifkan pandangan Daftar atau Icon dan lebih.

Sebuah submenu Klik Next bahkan memungkinkan Anda untuk memutuskan apa tindakan berikutnya akan sebelum memberitahu Filer file atau folder yang harus menjadi obyek dari kata tindakan.

Terminal standar di sini adalah Xterm, tetapi Anda dapat mengubahnya jika Anda inginkan. Desktop Rox menggunakan sistem 0install, yang menempatkan program di direktori mandiri aplikasi. Instalasi program-program tersebut adalah sebagai sederhana seperti menyalin folder mana pun Anda inginkan, yang adalah apa yang kita lakukan dengan Filer.

Sebuah manual penuh juga disediakan dalam format HTML dan tersedia secara online. Namun, ketika Anda mengklik ikon penyelamat (setidaknya di Fedora 14), Filer tidak membuka halaman manual di browser, hanya folder di mana mereka disalin.

Menggunakan Filer adalah pengalaman menarik. Ini cepat dan fleksibel, dengan tampilan yang menyegarkan yang berbeda. Kadang-kadang Anda merasa seperti Anda sudah kembali 10 tahun, tetapi dalam cara yang baik – menawarkan sekilas tentang apa Linux mungkin telah menjadi jika telah mengambil jalan yang berbeda.

Meskipun memiliki semua fungsi yang diperlukan, meskipun, memperingatkan bahwa tidak mengambil beberapa usaha pada bagian Anda untuk membuat mereka semua dapat digunakan.

Versi: 1.5
Web: http://roscidus.com/desktop/ROX-Filer
Harga: Gratis lisensi GPL

7. PCManFM

PCManFM mungkin dapat dianggap sebagai file manager sederhana dan paling menakutkan di halaman ini. Toolbar di bawah menu utama hanya memiliki lima tombol: yang untuk folder sebelumnya dan berikutnya, link ke direktori induk dan rumah, dan satu untuk membuka tab baru.

Selain itu, ada bar lokasi dan panah kecil yang akan membuka daftar folder yang terakhir dikunjungi. Pane kiri dibagi dalam dua bagian: versi grafis dari Go dan menu Bookmark atas.

Bagian Pergi dari panel ini berisi cara pintas ke beberapa lokasi yang telah ditetapkan. Yang default adalah direktori home Anda, folder Desktop, Sampah dan folder Aplikasi, yang memungkinkan Anda memulai semua aplikasi yang digunakan untuk mengelola pengaturan Sistem Gnome.

Secara umum, tampilan dan nuansa PCManFM mengingatkan kita pada sebuah versi sederhana banyak Nautilus, dengan gaya seperti Thunar, dan itu pujian. Ini hanya beberapa alasan mengapa PCManFM digunakan di LXDE, Desktop Environment Cahaya.

Program ini cepat dan ringan, tapi masih memberikan pengguna browsing tab, dan mode empat tampilan: Icon, Miniatur, Daftar atau Compact. Ini juga mampu manajemen volume dan Anda dapat drag dan drop tab ke tab lain.

Thumbnail hadir untuk file gambar, plus ada penanda dan penanganan nama file dengan pengkodean selain UTF-8.

Keterbatasan utama dari aplikasi ini adalah bahwa tidak ada antarmuka pencarian dan menu Tools hanya menyediakan dua pilihan: buka terminal di folder saat ini (F4) atau sebagai user root. Tidak ada link langsung ke dokumentasi apapun, tetapi antarmuka sangat sederhana bahwa ini tidak banyak masalah.

Versi: 0.9.9
Web: http://pcmanfm.sourceforge.net
Harga: Gratis lisensi GPL

Manajer file terbaik Linux adalah … Dolphin

Semua file manajer yang disajikan di sini tampil dengan baik pada media-high-end komputer desktop yang umum hari ini.

Jika Anda sedang mencari sesuatu yang sederhana untuk digunakan pada mesin dengan kemampuan yang terbatas, meskipun, baik Thunar dan PCManFM adalah pilihan yang baik.

Jika kesederhanaan dan keakraban tidak penting, coba Rox-Filer untuk pengalaman baru, atau 4Pane jika Anda harus memindahkan atau menganalisis banyak non-grafis file dengan menemukan dan grep.

Secara umum, bagaimanapun, file manager lengkap yang cocok untuk mayoritas pengguna harus menawarkan sesuatu yang lebih dari aplikasi ini. Manajemen file yang berat membutuhkan beberapa fitur, seperti pencampuran antarmuka grafis dan baris perintah cepat ke satu aplikasi sebagai mulus mungkin.

Yang pertama berguna untuk cepat mengetahui jika sekelompok file JPEG dengan nama ditembus adalah liburan Anda terkunci atau diagram perkiraan penjualan. Yang terakhir ini berguna untuk saat-saat di mana Anda akan membutuhkan fleksibilitas lebih, otomatisasi atau kecepatan dari aplikasi GUI hanya bisa menyediakan. Tentu, Anda dapat menjalankan file manager dalam satu jendela dan terminal di lain, tetapi dekat mereka ke tangan, semakin cepat Anda akan bekerja.

Fitur penting lainnya adalah dukungan langsung untuk pencarian (kita cintai menemukan, tapi tidak untuk setiap keadaan) dan diperpanjang. Itulah sebabnya kami senang untuk menyatakan Dolphin pemenang Roundup ini, dengan Nautilus datang dekat kedua.

Dolphin adalah campuran yang sangat baik dari semua fitur yang kita hanya disebutkan, dan beberapa kemudian. Terminal di-jendela dan integrasi dengan Nepomuk untuk pencarian semantik keuntungan besar, dan sementara itu sistem Nautilus Emblems tentu berguna, kita merasa kurang fleksibel dibandingkan file data informasi yang Nepomuk dapat menangani.

Keduanya aplikasi besar, meskipun. Melihat mereka berdampingan, kita hanya memiliki satu menyesal: mengapa mereka tidak berbagi file metadata dan setidaknya ekstensi yang paling sederhana?

Dalam dunia yang sempurna, itu akan menjadi besar, misalnya, jika Nautilus bisa membaca tag Nepomuk masuk dari Dolphin, atau jika file manager KDE secara otomatis dapat menemukan dan menggunakan skrip shell Nautilus.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Juli 2011 in Aplikasi, Best of The Best

 

Tag: ,

2 responses to “7 of The best Linux file manager

  1. NanDa Harys

    11 Januari 2014 at 1:46 PM

    permisi, mau tanya, hal sepele dikit untuk tugas, cara memindahkan (m0ving file) pada fedora grafis nya ,,,,,,,,,,

     
  2. Moch Choyrul Anam

    9 Desember 2014 at 4:50 PM

    Assalammualaikum.
    Permisi kang saya minta ijin untuk menulis artikel anda di blog saya 😀
    Terima kasih sebelumnya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: