RSS

Ketika sebuah Perusahaan Minta Hak Cipta Anda

06 Jul

Perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak bebas dan melepaskannya di bawah GNU GPL kadang-kadang mendistribusikan beberapa salinan kode dengan cara lain. Jika mereka mendistribusikan kode yang sama persis di bawah lisensi yang berbeda untuk pengguna tertentu yang membayar untuk ini, biasanya memungkinkan termasuk kode dalam program-program berpemilik, kami menyebutnya “menjual pengecualian”. Jika mereka mendistribusikan beberapa versi kode hanya secara eksklusif, kita menyebutnya merilis versi murni berpemilik program.

http://www.gnu.org/philosophy/selling-exceptions.html menjelaskan mengapa menjual pengecualian dapat diterima, meskipun hanya sedikit. Sebaliknya, merilis versi berpemilik murni langsung salah, seperti perangkat lunak berpemilik lainnya.

Perusahaan biasanya menjual pengecualian menggunakan kode mereka sendiri telah dikembangkan. Karena mereka memegang hak cipta pada kode itu, mereka secara hukum dapat mendistribusikannya dengan cara apapun, bahkan dalam perilaku secara paralel. Tapi apa yang terjadi ketika Anda mempublikasikan sebuah versi modifikasi dari program gratis, dan perusahaan ingin Anda termasuk perubahan dalam versi?

Karena Anda punya program di bawah GPL, ketika Anda mendistribusikan versi modifikasi Anda harus lisensi dibawah GPL. Jika perusahaan menerima salinan, akan dapat menggunakan perubahan-perubahan di bawah GPL, tetapi tidak akan diizinkan untuk menyertakan perubahan Anda dalam program itu dan menjual pengecualian untuk itu. Ini juga tidak akan mampu merilis versi berpemilik murni berisi kode Anda. Jika ini adalah hasil yang Anda inginkan, Anda mendapatkannya secara default. Namun, jika perusahaan bermaksud untuk menjual pengecualian, mungkin akan memutuskan untuk tidak menggunakan perubahan Anda.

Misalnya, meskipun, bahwa Anda tidak menentang menjual pengecualian dan Anda bersedia untuk membiarkan perusahaan melakukannya sambil termasuk perubahan dalam program ini. Anda bisa menyetujui ini, tetapi Anda harus berhati-hati tentang apa yang Anda tanda, atau Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya.

Perusahaan mungkin akan mengundang Anda untuk menetapkan atau lisensi hak cipta Anda kepada perusahaan. Hal itu sendiri tidak inheren buruk, misalnya, banyak pengembang perangkat lunak GNU harus ditugaskan hak cipta untuk FSF. Namun, FSF tidak pernah menjual pengecualian, dan kontrak tugas yang mencakup komitmen untuk mendistribusikan kode kontributor hanya dengan sumber dan hanya redistribusi memungkinkan.

Kontrak perusahaan yang diusulkan mungkin tidak termasuk komitmen seperti itu. Ini mungkin malah membiarkan perusahaan menggunakan perubahan Anda dengan cara apapun ia suka. Jika Anda tanda bahwa, perusahaan dapat melakukan berbagai hal dengan kode Anda. Itu bisa tetap menjual pengecualian untuk program termasuk kode Anda. Ini bisa merilis versi diubah atau diperpanjang murni kepemilikan termasuk kode Anda. Bahkan bisa termasuk kode Anda hanya dalam versi berpemilik. Kontribusi anda dari kode yang bisa berubah menjadi, pada dasarnya, sumbangan perangkat lunak berpemilik.

Terserah Anda yang kegiatan ini untuk mengizinkan, tapi di sini ada rekomendasi FSF. Jika Anda berencana untuk membuat kontribusi besar untuk proyek ini, bersikeras bahwa perjanjian kontribusi mengharuskan perangkat lunak versi termasuk kontribusi Anda tersedia untuk umum di bawah lisensi perangkat lunak bebas. Hal ini akan memungkinkan pengembang untuk menjual pengecualian, tetapi mencegah dari menggunakan kontribusi Anda dalam perangkat lunak yang hanya tersedia di bawah lisensi proprietary.

Jika kontribusi Anda kecil, Anda bisa menerima kondisi lemah, bahwa perusahaan membuat kontribusi Anda tersedia dalam rilis software gratis serta kemungkinan dalam program nonfree. Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan kontribusi Anda dalam perangkat lunak dimodifikasi itu hanya tersedia di bawah lisensi proprietary. Melepaskan perangkat lunak berpemilik tidak pernah merupakan hal yang baik, tetapi jika perubahan yang lebih kecil, mungkin akan lebih penting untuk meningkatkan versi bebas daripada menolak versi nonfree.

Anda dapat mengontrol hasil dengan bersikeras pada kondisi yang tepat dalam kontrak. Untuk memungkinkan menjual pengecualian untuk program yang berisi kode Anda, tetapi menolak untuk membiarkan merilis versi murni milik perusahaan yang berisi kode Anda, Anda bisa bersikeras pada kondisi kurang lebih seperti ini:

Setiap program berdasarkan (sebagaimana didefinisikan dalam Lisensi GNU General Public 3) kode Hacker yang FOO mendistribusikan harus dibuat tersedia oleh FOO bawah a) “GNU General Public License (GPL), versi 2 atau yang lebih baru”, atau b) perizinan dalam (a), di atas, tetapi dengan “2” diganti dengan nomor versi yang ada lebih tinggi GPL. Asalkan FOO membuat program tersedia sebagai gratis kode sumber kepada publik dengan cara ini, juga dapat mendistribusikan program identik dengan beberapa pengguna di bawah persyaratan yang memungkinkan mereka untuk menghubungkan kode program dengan kode nonfree dan melepaskan kombinasi dalam bentuk biner di bawah lisensi yang mereka pilih sendiri.

Atau, jika apa yang Anda objek adalah bahwa beberapa varian dari kode Anda mungkin akan dirilis hanya dalam versi berpemilik, Anda bisa bersikeras pada kondisi yang lebih atau kurang seperti ini:

Setiap program berdasarkan (sebagaimana didefinisikan dalam Lisensi GNU General Public 3) kode Hacker yang FOO mendistribusikan harus dibuat tersedia oleh FOO bawah a) “GNU General Public License (GPL), versi 2 atau yang lebih baru”, atau b) perizinan dalam (a), di atas, tetapi dengan “2” diganti dengan nomor versi yang ada lebih tinggi GPL. Asalkan FOO membuat program tersedia sebagai kode sumber gratis kepada publik dengan cara ini, juga dapat mendistribusikan versi yang sama dari kode Hacker dalam program lain yang dirilis dibawah lisensi lainnya memilih sendiri.

Jika program ini dirilis di bawah GNU Affero GPL, kemudian menambahkan “Affero” sebelum “Umum”, perubahan “GPL” untuk “AGPL”, perubahan “2 atau” untuk “3 atau”, dan bisa masuk akal untuk menggantikan “yang FOO mendistribusikan “dengan” yang FOO mendistribusikan, atau menyebarkan pada server dapat diakses oleh pengguna selain FOO “.

FSF memiliki teks-teks ini terakhir oleh pengacara, tetapi Anda harus mendapatkan nasihat hukum sendiri Anda sebelum menggunakan mereka.

Ketika sebuah perusahaan mengatakan yang kondisi ini akan menerima, yang akan menunjukkan seberapa jauh berencana untuk berangkat dari prinsip-prinsip perangkat lunak bebas. Kemudian Anda dapat merespon untuk memastikan pekerjaan Anda akan memberikan kontribusi kepada komunitas perangkat lunak bebas dan tidak dialihkan menjadi perangkat lunak berpemilik.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Juli 2011 in GNU

 

Tag:

One response to “Ketika sebuah Perusahaan Minta Hak Cipta Anda

  1. gucci outlet

    13 Juli 2013 at 8:17 PM

    Ketika sebuah Perusahaan Minta Hak Cipta Anda | Gerakan Open Source gucci outlet http://is.gd/guccioutletstore

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: