RSS

25 tips untuk Ubuntu pemula

06 Jul
25-ubuntu-tips

Melakukan perjalanan ke dunia aneh dan indah Linux dengan distro paling populer di dunia tidak selalu yang paling mudah tugas, terutama jika Anda digunakan untuk memeluk membersihkan Windows.

Ini tidak dibantu oleh fakta bahwa Ubuntu tidak sepenuhnya tampil sebagai itu harus dari awal.

Belajar sedikit tentang OS, dan bangun dan berjalan dengan beberapa alat yang menarik dan bermanfaat dengan mengikuti panduan ini.

1. Jalankan update penting

Setiap instalasi Linux senilai garam akan mengingatkan Anda segera untuk setiap perubahan yang perlu dilakukan setelah instalasi, terutama jika Anda telah menginstal dari CD Live yang mungkin tidak sepenuhnya up to date.

Ubuntu memberitahu Anda ini dengan lampu kilat oranye di taskbar nya. Klik di atasnya, masukkan password administrasi yang Anda tetapkan selama instalasi dan menggunakan Update Manager untuk menginstal penting. Anda juga akan menemukannya di ‘Sistem | Update Manager’.

2. Update secara manual paket

Auto-updater tidak satu-satunya cara untuk mendapatkan sistem Anda sampai dengan kecepatan. Manajer paket – yang berkaitan dengan men-download, menginstal dan mengkonfigurasi program baru – mungkin perlu sedikit tendangan, namun.

Buka jendela terminal (pilih dari menu, atau tekan [Alt] + [F2] dan ketik gnome-terminal), kemudian ketik sudo apt-get update untuk memastikan bahwa pengetahuan Ubuntu paket up to date.

3. Lakukan upgrade paket

Langkah berikutnya adalah untuk mengubah paket Anda diinstal ke dalam versi baru mengkilap, yang dapat Anda lakukan menggunakan perintah yang sedikit berbeda di jendela terminal: apt-get upgrade.

Masukkan (ingat untuk awalan dengan sudo, yang memberitahu Ubuntu untuk melakukan tindakan sebagai super user) dan apt-get akan palu melalui daftar, menandai dan menginstal paket-paket yang telah jatuh di belakang kali.

4. Meng-upgrade distribusi

Apt adalah rakasa dari alat. Hal ini dapat membantu Anda tetap tepat di tepi pemotongan dengan sedikit usaha atau tidak ada pada bagian Anda.

Katakanlah, misalnya, Anda telah memiliki instalasi Ubuntu berjalan untuk sementara waktu, tetapi Anda ingin menginstal versi terbaru dari OS. Anda perlu melakukan full backup, membakar disk baru, duduk melalui proses instalasi ulang dan lintas jari-jari Anda, bukan? Salah.

Ketik apt-get distupgrade untuk membawa distro Anda diinstal sesuai dengan standar saat ini secara otomatis.

5. Mengelola repositori mudah

Apt tidak menyulap paket dari udara tipis. Menggunakan repositori – database besar paket perangkat lunak yang menjamin versi terbaru dari perangkat lunak selalu mudah tersedia dari (hampir) satu tempat.

Untuk menambah repositori lagi, kami sarankan mulai dengan menginstal sebuah palungan repositori.

Sudo wget jenis http://mac4deb.googlepages.com/addrepo-O / usr / bin / addrepo ke jendela terminal untuk menginstal addrepo, maka sudo chmod + x / usr / bin / addrepo untuk mengatur perizinan dengan benar.

6. Tambahkan repositori baru

Menambahkan sumber lain untuk perangkat lunak adalah mudah, setelah Anda telah menginstal addrepo, Anda dapat melakukannya di terminal dengan mengetikkan sesuatu di sepanjang baris addrepo deb http://mirror2.ubuntulinux.nl/ jernih-seveas semua.

Jika Anda menemukan repositori online baru, mereka biasanya akan memberikan rincian yang tepat untuk masuk. Anda juga bisa melakukannya grafis dengan pergi ke ‘Sistem | Administrasi | Software Sources | Perangkat Lunak Pihak Ketiga | Tambah’.

7. Periksa manajer paket

Paket Ubuntu alat manajemen, seperti yang mungkin Anda telah memperhatikan, tidak terbatas pada baris perintah. Synaptic Package Manager adalah sebuah antarmuka grafis yang sangat baik untuk apt.

Untuk membukanya, pergi ke ‘Sistem | Administrasi | Synaptic Package Manager’. Bagian yang menyenangkan dari repositori adalah berburu di sekitar mereka untuk paket yang menarik – merasa bebas untuk memiliki menyodok tentang!

8. Instal tambahan dibatasi

Ubuntu adalah perangkat lunak bebas, begitu banyak fitur yang ditinggalkan oleh default untuk alasan lisensi. Itu tidak menghentikan Anda menginstal mereka sendiri, meskipun.

Untuk mendapatkan Flash plug-in, dukungan untuk MP3 dan DVD playback, dan standar font TrueType (antara lain), cari Synaptic Package Manager untuk ‘ubuntu-restricted-extras’ dan menginstalnya. Semua penting adalah dalam paket tunggal.

9. Dapatkan beberapa permainan

Pemilihan standar Ubuntu permainan adalah sedikit lemah. Ada kekayaan emas game pada repositori default, meskipun.

vDrift

Cari dan memeriksa berikut: gemetar, yang layak penembak orang pertama, FlightGear, penerbangan sim berpengalaman dan akurat; Gridwars, penembak retro mencolok topdown, dan vDrift, simulator balap berbasis. Semua layak tempat pada hard drive Anda.

10. Aktifkan tweak lebih

Ada satu paket yang akan membuka dunia pilihan kustomisasi lebih lanjut, dan itu ubuntu-tweak. Anda dapat men-download paket DEB menginstal sebuah palungan repositori.

Sudo wget jenis http://mac4deb.googlepages.com/addrepo-O / usr / bin / addrepo ke jendela terminal untuk menginstal addrepo, maka sudo chmod + x / usr / bin / addrepo untuk mengatur perizinan dengan benar.

11. Mengatur Gnome-Do

Menambahkan fungsi untuk Ubuntu dimulai dengan Gnome-Do, yang menyederhanakan dan mempercepat mencari program dan file, atau mengaktifkan fungsi. Lihat di manajer paket untuk ‘gnome-do’ (atau menginstalnya menggunakan apt-get) untuk menambahkannya. Anda sekarang akan menemukannya di menu Ubuntu.

12. Memahami panel

Dapatkan Gnome-Do berjalan, lalu tekan [Super] + [Space]. [Super] adalah [Windows] key pada keyboard PC standar. Pane kiri berisi item yang Anda cari, sementara panel kanan pada akhirnya akan berisi tindakan yang akan diterapkan untuk itu.

13. Cobalah

Kami akan menggunakan Firefox sebagai contoh aplikasi untuk Gnome-Do. Mulai mengetik firefox dan harus muncul di jendela kiri setelah beberapa huruf – itu semua yang Anda butuhkan untuk mengetik. Sekarang tekan [Tab] untuk beralih ke panel kedua, dan mulai mengetik tindakan yang Anda ingin melakukan, seperti Minimalkan atau Close.

14. Menggunakan fitur-fitur lanjut

Tombol panah adalah cara yang memuaskan untuk bernavigasi di seluruh Gnome-Do. Mulai mengetik di panel pertama, lalu tekan [bawah] untuk melihat semua pilihan yang mungkin. Gunakan [kanan] untuk memperluas folder atau panel. Pilih salah satu, tekan [Tab] dan gunakan panah [bawah] untuk memilih tindakan untuk melakukan di atasnya.

15. Tambahkan lebih banyak plug-in

Gnome-Do dapat bertindak pada hampir perangkat lunak apapun. Memunculkan jendela dengan [Super] + [Space], klik panah bawah sedikit di sudut kanan atas dan pilih Preferences. Anda kemudian dapat menambahkan plug-in untuk segalanya dari Google alat dan Twitter untuk pemain musik seperti Rhythmbox.

16. Mengubah wallpaper Anda

Fitur ubuntu beberapa pretty – Mac-jelas terinspirasi – latar belakang desktop ungu, tapi tidak ada sistem operasi benar-benar milik Anda sampai Anda sudah terpampang gambar kucing Anda di atasnya. Klik kanan desktop dan pilih ‘Ubah Desktop Background “untuk memuat satu masuk

17. Beralih gaya jendela

Anda dapat mengubah tampilan jendela desktop Anda dari jendela ‘Preferensi Penampilan’. Klik tab Tema, kemudian klik pada gaya untuk melihat bagaimana hal itu akan terlihat. Jika Anda mengklik ‘Sesuaikan’, Anda dapat menggabungkan elemen dari tema yang berbeda.

18. Instal driver hardware

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari desktop Ubuntu Anda, Anda akan membutuhkan driver yang optimal untuk kartu grafis Anda. Mereka tidak diinstal secara default, tetapi jika Anda pergi ke ‘Sistem | Administrasi | Driver Hardware’, Anda akan melihat pilihan Anda. Pilih driver terbaru, instal dan restart.

19. Mengatur efek desktop

Anda akan mendapatkan desktop lebih bagus mencari jika Anda mengaktifkan efek visual (“Sistem | Preferences | Tampilan | Visual Effects ‘). Instal aplikasi pengaturan ‘compiz’ – cari Synaptic untuk ‘compizconfig’ – dan Anda akan memiliki akses ke tweak lebih bergaya.

20. Tambahkan dermaga

Ada aplikasi desktop sedikit rapi, berdasarkan kode di belakang Gnome-Do (dibahas di tempat lain), yang mengemulasi dermaga dari Mac OS X. Ini patut dicoba. Pencarian Synaptic untuk ‘Docky’, install, dan Anda akan dapat mengkonfigurasi rinciannya terkecil hanya dengan mengklik ikon di paling kiri.

21. Memutar video Windows

Ketik ini ke terminal: sudo wget http://www.medibuntu. org / sources.list / $ (lsb_ rilis-cs). daftar-outputdocument = / etc / apt / sources.list / Medibuntu. daftar. Kemudian jalankan sudo apt-get install w32codecs untuk mendapatkan file yang sesuai.

22. Instal VLC

Anda akan menemukan VLC tercantum dalam Synaptic bawah pencarian untuk ‘VLC’. Seperti kebanyakan aplikasi, menginstal beberapa program lain pada saat yang sama, yang perlu dalam rangka untuk menjalankan. Namun, tidak menginstal Firefox plug-in – mencari ‘mozilla-plugin-vlc’ untuk menemukan jika Anda ingin media yang ditangani pada browser Anda.

23. Mengatur Samba

Berbagi file dengan komputer Windows? Anda memerlukan Samba. Pencarian untuk ‘samba’ dalam Synaptic, menandai paket ‘samba’ dan ‘system-config-samba’ untuk instalasi dan klik ‘Terapkan’. Anda dapat menggunakan aplikasi konfigurasi untuk mengatur saham secara permanen terkait.

24. Mess dengan panel

Layout default Ubuntu adalah campuran dari OS X dan Windows. Untuk biola dengan panel nya, klik kanan tempat yang kosong dan pilih ‘Properties’. Anda juga dapat menambah atau menghapus elemen dengan perintah yang sesuai. Jika anda telah menginstal Docky, Anda mungkin perlu mengubah setidaknya satu panel dari jalan.

25. Melepaskan GIMP

Ada satu kesenian aplikasi utama untuk Linux, dan itu GIMP. Jika ada penghargaan untuk ‘fitur Photoshop yang paling aped’, itu akan memenangkan dua dari mereka. Itu tidak datang pada Live CD Ubuntu standar, namun layak, jadi ambil dari Synaptic Package Manager dan mencoret-coret.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juli 2011 in Tips and Trick, Ubuntu

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: