RSS

10 scripts to create your own Linux distribution

05 Jul
Mereka yang akrab dengan Linux akan dapat men-tweak setting, menambah dan menghapus aplikasi dan menyesuaikan menu, toolbar dan elemen desktop lain.

Luar biasa, yaitu tentang semua keterampilan yang Anda butuhkan untuk membuat distro sendiri Linux Anda.

Kita akan melihat beberapa script yang akan membantu Anda menyesuaikan distro yang berbeda.

1. Remastersys

Alat ini memiliki GUI newbie-bukti dan bekerja pada kedua distro Ubuntu dan Debian dan setiap derivatif mereka.

Remastersys bekerja dengan mentransfer distro Anda menjalankan ke citra ISO. Anda dapat memilih untuk menyertakan pengaturan dan data pribadi juga, yang membuatnya ideal untuk backup.

2. UCK

Para Customisation Ubuntu Kit – yang selera disingkat UCK – bekerja dengan ISO salah satu dari empat rasa Ubuntu (Ubuntu GNOME asli berdasarkan, Kubuntu berbasis KDE, Xfce berbasis Xubuntu dan Edubuntu yang ditargetkan pendidikan) dan memungkinkan Anda menambah atau menghapus aplikasi untuk saham.

Alat ini sangat ideal untuk pengguna tingkat lanjut karena selama proses kustomisasi menempatkan Anda dalam lingkungan chroot dari Live CD, memungkinkan Anda untuk men-tweak segala aspek dari distro.

3. Reconstructor

Seperti namanya, alat ini adalah lengkap untuk membuat Anda sendiri kustom distro Ubuntu dan Debian dari citra ISO yang sudah ada. Ini memungkinkan Anda tweak wallpaper, tema, ikon, aplikasi, dan banyak lagi.

Alat berbasis browser tidak memerlukan instalasi, tetapi Anda harus membayar biaya yang kecil sebelum Anda dapat menggunakan semua fitur-fiturnya.

4. Revisor

Berbeda dengan tiga alat di atas, aplikasi ini adalah untuk Fedora distro berbasis RPM. Revisor memiliki baik GUI dan antarmuka baris perintah, dan dapat membuat media Live USB serta menginstal hanya CD dan DVD.

Alih-alih menggunakan ISO gambar, Revisor download paket dari internet, sehingga mungkin diperlukan beberapa waktu untuk kompilasi tergantung pada kecepatan koneksi Anda dan disesuaikan pemilihan paket.

5. SUSE Studio

Novell SUSE Studio adalah mengambil dunia dengan badai. Ini memungkinkan Anda memilih paket, mengatur berbagai konfigurasi (termasuk deteksi jaringan, pengaturan firewall dan sebagainya) dan pilih logo, latar belakang dan banyak lagi.

Bagian yang paling mengesankan adalah bahwa semua fungsi ini diakses dari dalam browser. Anda bahkan dapat menguji-drive distro baru Anda – lagi dari dalam browser – sebelum men-download ISO image untuk berbagi dengan dunia.

6. Pungi

Ini adalah alat yang pengembang Fedora gunakan untuk memutar rilis resmi. Ini adalah alat baris perintah yang ditulis dengan Python.

Seperti Revisor, alat mengumpulkan paket langsung dari internet dan kemudian secara otomatis membagi mereka dan menciptakan CD-berukuran diinstal ISO images.

7. Pembangun

Builder adalah serangkaian script bash yang digunakan oleh pengembang untuk membuat distro gNewSense mereka. Seiring dengan alat mereka juga telah menulis sebuah panduan sembilan langkah berguna untuk menciptakan sebuah distro disesuaikan dari Ubuntu Hardy. Panduan ini tersedia di situs mereka.

8. Linux-Live

Jika Anda ingin benar-benar distro-agnostik cara menyesuaikan distribusi Linux favorit Anda, Anda perlu set Linux Live script. Script bekerja pada setiap distro Linux diinstal dan dapat membuat sistem Live yang Anda dapat boot dari media optik atau USB drive.

Slackware populer yang berbasis Slax distro Live dibangun menggunakan skrip ini, yang bekerja terbaik di Slackware, tetapi dapat bekerja pada distro lain juga.

9. MySlax Pencipta

Berikut script kustomisasi Slackware dengan sentuhan unik. Alat ini menciptakan disesuaikan versi distro berbasis Slackware Slax kami sebutkan diatas, tapi tidak seperti alat-alat lain yang kita bicarakan di sini, menginstal Pencipta MySlax dan bekerja dari dalam Windows!

Ia bekerja dengan gambar Slax ISO dan memungkinkan Anda menambahkan data ke berputar kustom Anda sendiri.

10. Linux From Scratch

Jika Anda seorang purist Linux maka Anda mungkin akan menemukan ide untuk menggunakan script dan sistem otomatis untuk menciptakan sebuah distro yang cukup menjijikkan. Nah, jangan takut. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tangan Anda kotor, Anda akan memerlukan buku besar Linux From Scratch definitif, sebuah buku yang menjelaskan bagaimana membuat sendiri distro Linux dengan cara yang sangat sulit.

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: