RSS

Membuka file tgz tanpa melalui command line

17 Jun

Salah satu file archive yang paling populer digunakan saat ini di Linux selain format .zip adalah format tgz. Banyak program atau tool Linux berbasis teks (binary atau yang menyertakan source) yang ada di Internet biasanya dipaketkan dalam format file tgz.

File dalam format .tgz sebenarnya merupakan file format tar (Tape ARchive) yang di-compress dengan format gzip agar ukurannya menjadi lebih kecil. Pemaketan file dengan metode tar ini bertujuan untuk menggabungkan beberapa file dalam satu atau lebih direktori ke dalam satu file. Semua informasi path file dan direktori juga ikut disimpan dalam file tar. Karena file tar sendiri belum di-compress maka untuk membuat ukuran file-nya menjadi lebih kecil digunakan metode compress gzip. Dengan demikian, file tgz merupakan gabungan metode pemaketan data tar dan gzip. Metode ini mungkin dirasakan kurang praktis karena harus melalui dua tahap, tetapi bagi pengguna yang terbiasa dengan command line sejak era UNIX hingga Linux saat ini, paket tersebut terbukti aman dan bebas dari masalah kerusakan file saat distribusikan.

Untuk dapat melihat isi file yang di-compress dengan format tgz, gunakan saja file manager Midnight Commander.

Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan command line dapat menggunakan file manager Midnight Commander yang biasanya  disertakan pada semua distro Linux. Gunakan saja perintah $ mc pada terminal, kalo gak bisa coba install dulu midnight commandernya dengan cara $ sudo apt-get install mc

Selamat mencoba,..!!

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Juni 2011 in System, Tips and Trick

 

2 responses to “Membuka file tgz tanpa melalui command line

  1. bubbleshooter2.info

    20 Maret 2012 at 10:27 PM

    Membuka file tgz tanpa melalui command line Dunia Open Source Linux is a fantastic article. I liked reading this. If you want, check out my own web-site.

     
  2. play Magi The Fallen World games

    25 Maret 2012 at 9:06 PM

    Membuka file tgz tanpa melalui command line Gerakan Open Source is a great posting. You have my vote for Membuka file tgz tanpa melalui command line Gerakan Open Source and I’ll bookmark this webpage now.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: