RSS

Melengkapi codec multimedia pada Linux

15 Jun

Pada umumnya, program media player yang disertakan pada distro Linux tidak secara otomatis dapat memainkan semua jenis format video seperti DivX, Windows Media (WMV), Quicktime, dan juga DVD (Mpeg 2). Hal ini bukanlah karena Linux memiliki keterbatasan teknis dengan format video tersebut, namun lebih disebabkan batasan lisensi dari codec video itu sendiri.

Untungnya, program media player yang digunakan di Linux, seperti MPlayer atau Xine masih dapat dilengkapi dengan berbagai jenis codec tambahan untuk memutar format video di atas. Codec yang umumnya adalah file-file “Win32. dll” yang digunakan pada sistem Windows dapat “dimanfaatkan” oleh Mplayer atau Xine untuk memutar format video yang secara resmi tidak didukungnya. Anda dapat men-download berbagai codec tersebut dari website MPlayer di alamathttp://www.mplayerhq.hu/homepage/dload. html.

Agar paket codec yang telah di-download tadi dapat digunakan oleh MPlayer atau Xine, ekstrak paket codec-nya lalu copy ke direktori ‘/usr/lib/win32’ dengan perintah berikut ini.

# tar -jxvf essential-20050412.tar.bz2
# sudo cp  essential-20050412/* /usr/lib/win32/

Agar semua codec yang telah di-copy tadi terdeteksi, terlebih dulu restart MPlayer atau Xine. Daftar lengkap format video yang didukung dapat dilihat pada alamat www. mplayerhq.hu/homepage/design7/info.html.

Perlu diketahui bahwa paket codec ini juga didukung oleh media player seperti kmplayer, kaffeine, namp, Totem, atau oxine karena pada dasarnya program-program tersebut masih berbasis MPlayer atau Xine.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Juni 2011 in System, Tips and Trick

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: