RSS

Mengembalikan MBR ke kondisi default

14 Jun

Master Boot Record (MBR) adalah bagian dari hard disk yang berukuran 512 byte dan terletak pada sektor pertama hard disk. MBR terdiri dari dua bagian utama, yaitu boot code (446 byte) danpartition table (66 byte). Saat perintah lilo, grub-install, atau fdisk /mbr pada DOS dijalankan, semua informasi ditulis pada pada bagian boot code. Adapun bagian partition table digunakan untuk menyimpan ber-bagai informasi yang diperoleh saat perintah partisi cfdisk dijalankan.

MBR sangat erat kaitannya dengan proses booting sistem. Apabila karena sesuatu hal, sistem operasi tidak mau melakukan proses booting, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembalikan MBR ke kondisi default-nya. Contoh sederhana adalah bila Anda ingin menyingkirkan lilo atau grub secara total dari hard disk agar Windows dapat kembali boot dengan normal atau meng-install sistem baru. Cara yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan perintah ‘fdisk /mbr’ dalam DOS. Distro Linux seperti Knoppix, yang dapat langsung dijalankan lewat CD, juga menyediakan solusi alternatif dengan tool yang dinamakan “install-mbr”. Untuk menggunakannya, berikan perintah berikut ini.

knoppix@ttyp0[knoppix]$ sudo install-mbr
/dev/hda

Seperti juga perintah konsole Linux lainnya, untuk melihat panduan cara penggunaannya, ketik perintah berikut ini pada konsole.

man install-mbr

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Juni 2011 in BootLoader, Tips and Trick

 

2 responses to “Mengembalikan MBR ke kondisi default

  1. bubbleshooter2.info

    20 Maret 2012 at 6:10 PM

    Great job publishing Mengembalikan MBR ke kondisi default Dunia Open Source Linux. I would like to learn more about this matter.

     
  2. Cover Orange Players Pack 2 at bigfreeonlinegames

    25 Maret 2012 at 10:05 PM

    Hi there, Thank you for this wonderful article! I will certainly save Mengembalikan MBR ke kondisi default Gerakan Open Source. Many thanks.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: