RSS

Pengamanan Informasi SMS

29 Mei

Sort Message Service (SMS) adalah sebuah layanan yang tersedia secara umum pada sebuah perangkat mobile phone (HP) untuk berkomunikasi dalam format pesan singkat. Panjang informasi SMS untuk sekali pengiriman tergantung pada pengkodean karakter yang digunakan. Untuk pengkodean 7 bit panjang informasi SMS adalah 160 karakter, dengan pengkodean 8 bit panjang informasi SMS adalah 140 karakter, dan dengan pengkodean 16 bit panjang informasi SMS adalah 70 karakter.

Informasi SMS yang dikirim sebelum sampai ke HP penerima akan melewati terlebih dulu perangkat SMS Center (SMSC). SMSC berfungsi untuk meneruskan informasi SMS ke HP penerima dan melakukan pencatatan komunikasi SMS yang terjadi antara pengirim dan penerima serta menyimpan informasi SMS tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Dengan tersimpannya informasi SMS pada SMSC, maka seorang operator GSM yang menangani SMSC dapat dengan mudah memperoleh (membaca) informasi SMS. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa kasus yang ditangani pihak Kepolisian/Kejaksaan/KPK, dimana pihak-pihak tersebut meminta transkrip SMS ke operator GSM untuk dijadikan bahan penyelidikan dan bukti di persidangan.

Dari hal tersebut di atas terlihat bahwa informasi SMS yang dikirimkan melalui HP tidak mempunyai sistem keamanan.

Untuk mengamankan informasi SMS tersebut maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat menyamarkan informasi SMS dengan memanfaatkan kriptografi. Untuk hal tersebut perlu dibuatkan sebuah aplikasi dengan metoda kriptografi pada HP dengan cara: SMS yang dikirim terlebih dulu di enkripsi dengan menggunakan sebuah algoritma enkripsi (kunci simetris), setelah diperoleh hasil enkripsinya (ciphertext), ciphertext inilah yang dikirim ke HP tujuan, dengan demikian pada SMSC tersimpan informasi SMS yang telah disamarkan. Pada HP penerima SMS yang telah disamarkan tersebut dilakukan proses dekripsi dengan menggunakan algoritma serta kunci yang sama untuk mendapatkan informasi SMS yang sebenarnya.

Mengenai aplikasi SMS untuk hal tersebut dapat dibuat misalkan dengan J2ME (MIDP 2.0/CLDC 1.0), dan metoda kriptografi misalkan stream cipher agar waktu yang dibutuhkan untuk proses enkripsi dan dekripsi bisa lebih cepat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 Mei 2011 in CentOS

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: