RSS

Instalasi CentOS 5.5 Server

28 Mei

Persiapan instalasi CentOS. Yang perlu dipersiapkan adalah sebuah PC dengan spek yang cukup memadai dan juga DVD CentOS 5.5. Tapi karena setelah ini saya berniat membuat VPS pada sistem yang saya install ini jadi saya sarankan kita menginstall pada harddisk dengan kapasitas yang besar dan juga RAM yang memiliki memory besar.

Langkah-langkah menginstall Linux CentOS 5.5 :

Booting PC melalui Optical DriveSetelah itu akan muncul seperti pada tampilan di bawah.  Tekan Enter apabila ingin menginstal melalui mode GUI (gambar) atau ketik linux text lalu tekan Enter apabila ingin menginstal melalui text mode.Selanjutnya akan muncul tampilan untuk mengecheck DVD instaler. Pilih OK apabila ingin mengecheck DVD tersebut atau Skip bila tidak. Pada percobaan kali ini saya melewatkan proses check jadi saya memilih skip.Klik next untuk melanjutkan proses instalasi, seperti pada gambar di bawah.Lalu akan muncul pilihan untuk memilih bahasa instalasi yang diinginkan. Saya menggunakan bahasa inggris untuk proses kali ini. Klik next.Lalu kita akan memilih layout keyboard yang digunakan. Klik next untuk melanjutkan.Selanjutnya kita akan masuk ke proses partisi. Kali ini saya memilih partisi secara manual oleh karena itu pilih Create Custom Layout lalu klik next.

Kemudian buatlah partisi sesuai dengan yang diinginkan. Kali ini saya membuat partisi dengan space

–         /boot(ext3/4) 150 MB

–          Swap 1024 MB (2x RAM)

–          / (ext3/4) sisanya

Setelah itu kita akan diminta untuk menginstall boot loader, ada GRUB ada juga LILO. Pada kesempatan ini saya menggunakan GRUB.

Selanjutnya kita akan diminta mensetting IP address. Kita lewatkan saja dahulu. Klik next.Lalu kita bisa memilih zona waktu yang sesuai dengan kita.Setelah itu kita diminta untuk mengisi Password untuk Root. Isikan sesuai kehendak.Selanjutnya kita dapat memilih paket yang ingin diinstal. Karena saya menginstal server maka pilihlah server.Klik next untuk memulai proses instalasi CentOS.Proses instalasi CentOS.Lalu reboot system dengan klik reboot. Proses installasi selesai,.Lalu kita akan masuk ke tampilan GRUB boot loader.Tampilan server CentOS mode Text.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Mei 2011 in CentOS, Installasi Linux

 

Tag:

One response to “Instalasi CentOS 5.5 Server

  1. louis vuitton fake check

    29 Juli 2013 at 1:06 PM

    Instalasi CentOS 5.5 Server | Gerakan Open Source

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: